5 Tips Mengatasi Keringat Berlebih yang Sebabkan Bau Badan, Efektif Banget!

Minggu 13 Februari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keringat adalah suatu cairan tubuh alami yang didalamnya terkandung air, lemak dan garam dan hal tersebut merupakan hal yang wajar, namun terkadang ada saja orang saat berkeringat mengeluarkan bau badan yang tidak sedap.

Bau badan sendiri akan membuat seseorang tidak nyaman, dan tidak percaya diri dengan penampilannya.

photoIlustrasi berkeringat - (Shutterstock.com.)</span

Melansir dari Healthline, dibawah ini kami bagikan tips mengatasi keringat berlebih yang menyebabkan bau keringat.

Baca Juga :

1. Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant bekerja dengan cara menghalangi saluran keringat sehingga tidak ada lagi keringat berlebih yang muncul ke permukaan kulit. Meski begitu, keringat tetap masih diproduksi oleh kelenjar.

Beberapa produk antiperspirant juga mengandung deodoran sehingga dapat menutupi bau yang dihasilkan bakteri saat berkeringat.

Untuk hasil maksimal, gunakan antiperspiran saat kondisi ketiak masih bersih dan kering, lalu oleskan malam hari sebelum tidur. Selain itu, lakukan secara konsisten selama beberapa malam.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat

Salah satu cara paling mudah untuk menekan produksi keringat adalah memilih pakaian dengan bagan yang tepat, seperti pakaian dengan kain yang ringan dan ada ventilasinya.

Selain itu, hindari untuk menggunakan warna gelap karena akan menyerap sinar matahari sehingga membuat kulit memproduksi lebih banyak keringat. 

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan pakaian pelapis sebelum pakaian utama Anda supaya keringat tidak terlihat di permukaan.

3. Hindari Makanan Tertentu 

Cara mengatasi keringat berlebih selanjutnya adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan pedas dan berkafein.

Tubuh akan bereaksi terhadap makanan terhadap pedas dengan mengeluarkan keringat supaya tubuh bisa lebih dingin.

Selain itu, kafein juga dapat merangsang kelenjar adrenal yang menyebabkan telapak tangan, kaki, dan ketiak berkeringat.

4. Mengkondisikan Diri 

Salah satu cara paling mudah untuk menghindari keringat berlebih adalah tidak banyak melakukan pergerakan. 

Selain itu, kamu juga dapat menutup gorden di siang hari supaya sinar matahari tidak langsung masuk ruangan anda.

Makan makanan ringan juga bisa menjaga suhu tubuh lebih dingin, karena panas metabolisme diperlukan untuk memecah makanan. Selain itu, jaga tubuh untuk selalu terhidrasi dengan baik.

5. Konsultasi pada Dokter

Jika kamu merasa selalu berkeringat secara berlebihan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui apakah kamu menderita sebuah kondisi yang disebut dengan hiperhidrosis. 

Dalam kondisi tersebut, terdapat beberapa pilihan perawatan yang biasanya disarankan seperti:

Antiperspirant resep: Dokter akan meresepkan antiperspiran berdosis tinggi yang tidak akan bisa kamu dapatkan tanpa resep. Selain itu, ada pula perspirant ream yang bisa kamu oleskan ke wajah dan kepala

Obat oral: Terdapat beberapa jenis obat yang dapat memicu komunikasi saraf satu dengan lainnya sehingga membantu mengurangi produksi keringat. 

Perlu diingat, ada beberapa efek samping yang mungkin kamu rasakan saat memakainya, oleh karena itu konsultasikan pada dokter terlebih dulu.

Antidepresan: Tanpa disadari, kecemasan dapat menyebabkan keringat berlebih. Jadi, mungkin saja dokter kamu meresepkan antidepresan untuk meringankannya.

Suntik botoks: Suntikan ini sementara akan memblokir saraf yang memproduksi keringat. Suntik botoks umumnya bertahan selama 6 - 12 bulan dan perlu dilakukan suntikan ulang.

Pembedahan: Pada kasus ekstrem, ada beberapa pilihan pembedahan untuk mengatasi keringat berlebih. Ini termasuk terapi gelombang mikro, pengangkatan kelenjar keringat dan operasi saraf.

source: suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa