8 Warna Cat Dinding yang Bisa Pengaruhi Suasana Hati

Selasa 14 Desember 2021, 13:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warna cat dinding dapat berpengaruh terhadap suasana hati lho. Secara psikologis, warna dapat merangsang neuron pada otak.

Pada beberapa tempat seperti tempat makan, rumah sakit dan instansi pendidikan, penggunaan warna-warna tertentu pada dinding, pakaian dan peralatan juga memiliki fungsinya sendiri.

Tak terlepas dari itu, warna yang kamu gunakan pada dinding rumah juga bisa berpengaruh terhadap suasana hati, penasaran apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kuning

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Kuning | Sumber: Pinterest</span

Warna kuning merupakan warna cerah yang bisa memberikan perasaan ceria, bahagia juga optimis.

Warna kuning dapat mempengaruhi manusia baik secara emosional maupun secara mental. Selain itu, warna kuning juga membuat otak menjadi reaktif sehingga bisa memberikan energi baik secara psikologis.

Warna ini juga cocok digunakan sebagai cat dinding ruang tamu ataupun dapur, karena dapat memberikan kesan yang bersahabat, menyenangkan dan membangun rasa percaya diri. Selain itu, warna kuning yang cerah dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Tapi jangan gunakan warna kuning di semua dinding rumahmu ya, karena dapat berpotensi menyebabkan terjadinya mood perdebatan.

Sebaiknya kombinasikan warna ceria ini dengan warna yang lain seperti warna putih ataupun teal.

2. Hijau

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Hijau | Sumber: Wallpaperflare</span

Hijau merupakan warna yang menyegarkan karena identik dengan nuansa alam dan tumbuh-tumbuhan.

Pemberian cat hijau pada ruangan ataupun menyimpan ornamen hijau seperti tumbuh-tumbuhan juga akan memberikan efek tenang dan damai.

Selain itu, warna hijau secara psikologis dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kepala dan hati sehingga dapat memulihkan kembali energi pada tubuh.

Efek relaksasi, kesegaran dan kedamaian dari warna hijau secara psikologi juga dapat digunakan untuk menurunkan stres.

Sama seperti warna-warna lainnya, jangan gunakan warna hijau pada semua ruangan, karena akan menimbulkan efek bosan.

3. Biru

photoIlustrasi Cat Dinding Kamar Warna Biru | Sumber: Pinterest</span

Warna biru selalu identik dengan warna langit atau laut, warna ini dapat memberikan efek perasaan yang damai, tentram dan santai.

Efek relaksasi pada perasaan juga mental yang diberikan oleh warna biru ini, membuat warna ini sangat cocok digunakan pada kamar tidur ataupun kamar mandi.

Selain itu, penggunaan warna biru pada kamar tidur juga mampu menstimulasi pikiran agar lebih stabil, bahkan mampu digunakan untuk mengatasi insomnia.

4. Ungu

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Ungu | Sumber: Pinterest</span

Ungu merupakan warna yang bisa memberikan kesan mewah, cantik dan elegan. Selain itu, warna ungu juga bisa memberikan kesan ambisius dan independen.

Warna ini cocok digunakan untuk ruang pribadi karena secara psikologis warna ungu dapat mengurangi rasa keputusasaan dan meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Warna ungu juga dapat merangsang kreativitas pikiran dan membuat suasana menjadi menyenangkan.

5. Coklat

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Coklat | Sumber: Pinterest</span

Coklat merupakan warna netral yang bisa memberikan perasaan hangat dan nyaman. Secara psikologis, warna coklat dapat menciptakan keakraban, kenyamanan juga rasa aman.

Oleh karena itu, warna coklat biasa digunakan pada ruang tamu atau ruang keluarga, dimana banyak orang biasanya berkumpul ketika di dalam rumah.

Warna coklat juga bisa memberikan kesan ruangan menjadi lebih klasik, tetapi tetap terasa hangat dan nyaman.

6. Magenta

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Magenta | Sumber: Pinterest</span

Magenta merupakan warna cerah yang menggabungkan warna merah dan warna ungu di dalamnya.
Warna ini memiliki makna yang baik bagi keseimbangan emosi, mental dan spiritual, sehingga dapat memberikan harmoni yang baik.

Warna magenta dapat dipilih sebagai cat dinding ruang ataupun warna pada perabot rumah, karena dapat merubah rasa marah, tidak bahagia dan frustasi menjadi lebih baik.

7. Oranye

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Oranye | Sumber: Pinterest</span

Oranye merupakan kombinasi dua warna yaitu merah dan kuning, warna ini dapat memberikan pengaruh yang positif baik secara mental maupun fisik.

Warna oranye juga dapat memberikan kenyamanan dan merangsang nafsu makan, tak heran warna ini banyak dijumpai di rumah makan.

Selain memberikan kesan yang nyaman dan merangsang nafsu makan, warna oranye juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, memberikan kesan hangat dan bersahabat.

Warna oranye juga bagus digunakan sebagai cat dinding pada ruang makan dan ruang keluarga.

8. Putih

photoIlustrasi Cat Dinding Warna Putih | Sumber: Pinterest</span

Putih merupakan warna netral yang bisa mempengaruhi suasana hati menjadi baru, segar dan cerah. Warna putih juga identik dengan kesan yang bersih juga terang.

Selain itu, warna putih juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, maka tak heran jika warna ini sering dijumpai pada rumah sakit.

Sementara itu, penggunaan warna putih pada dinding rumah menjadi pilihan yang tepat, karena dapat memberikan kesan keterbukaan.

Tetapi jika warna putih ini digunakan secara berlebihan, maka dapat menyebabkan mata lelah dan nyeri kepala.

Warna ini cocok untuk digunakan pada ruangan yang berukuran kecil, karena dapat memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.

Writer: Evelyn Gabriela

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official