Bisa Jadi Pilihan, 25 Nama Anak Perempuan Terpopuler dalam Bahasa Arab

Rabu 06 Oktober 2021, 16:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bahasa Arab digunakan di lusinan negara di dunia dan merupakan bahasa Al-Quran sehingga bisa menjadi inspirasi untuk nama anak. Tak jarang, nama Arab menjadi nama anak terpopuler.

Keinginan memberikan nama anak yang indah, memiliki arti bagus, dan mengandung unsur Islam menjadikan banyak orang tua mencari nama berbahasa Arab untuk anak mereka. Disalin dari Tempo, berikut nama anak perempuan terpopuler dalam Bahasa Arab beserta artinya:

Aaliyah

Nama ini  berarti ‘tinggi’, ‘surga’, atau ‘ditinggikan’. Jika tak berkenan dengan nama Aaliyah, Anda bisa menggunakann variasi lainnya, seperti Alliya, Aliah, Aliyah, Alia, Aleeah, atau Aleeia. Pada 2020, nama ini pernah menjadi nama terpopuler ke-65 di Amerika Serikat.

Aisyah

Aisyah berarti ‘wanita’, ‘dia yang hidup’, atau ‘hidup’. Ejaan lain untuk nama ini yang bisa Anda gunakan adalah Aaisha, Ayesha, Aishat, Aicha, Aischa, atau Ayse. Nama ini berada di puncak popularitas pada 1977 ketika 1.540 bayi di AS diberi nama Aisha.

Amina

Nama ini berarti ‘setia’ atau ‘dapat dipercaya’. Variasi lainnya dari nama ini adalah Aminah, Aaminah. dan Aamina. Nama Amina sangat populer pada 2017 ketika 1.177 bayi dinamakan Amina. Meski merupakan nama Arab, nama ini juga umum digunakan oleh orang Bosnia.

Amira

Amira merupakan nama berbahasa Arab yang berarti ‘putri’. Sementara dalam Bahasa Ibrani, ia berarti ‘berkata’ atau ‘puncak pohon’. Ada juga ejaan lainnya dari nama ini, yaitu Amirah, Ameera, Emira, dan Meera. Puncak popularitas nama ini terjadi pada 2019 saat 1.162 anak di AS diberi nama Amira.

Fatimah

Dalam Bahasa Arab, Fatimah berarti ‘menawan’. Anda juga bisa menggunakan variasi alternatif lainnya, yaitu Fatma. Nama ini berada di puncak popularitas pada 2001 ketika 1.405 anak diberi nama tersebut. Fatimah juga merupakan nama salah satu putri Nabi Muhammad sehingga banyak orang yang menggunakan nama ini untuk nama anaknya.

Fareeda

Nama ini juga berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘unik’. Anda bisa menggunakan ejaan lainnya yaitu Farida, Faridah, atau Fareedah. Puncak popularitas nama ini terjadi pada 2015 ketika 54 gadis bernama Farida ditemukan di AS.

Farrah

Farrah dalam Bahasa Arab berarti ‘kebahagiaan’ atau ‘kegembiraan’. Anda juga bisa menggunakan variasi alternatif lainnya, yaitu Farah, Farhaa, Ferrah, atau Fareeha. pertama kali mencapai puncak popularitas pada 1977 ketika 1.516 anak diberi nama tersebut. Nama Farah juga berasal dari Irlandia yang berarti ‘menyenangkan’ atau ‘keindahan’.

Habiba

Dalam Bahasa Arab Habiba berarti ‘kekasih’. Anda juga bisa menggunakan ejaan lainnya dari nama ini, yaitu Habibah. Nama ini mencapai puncak popularitas pada 2014 ketika 45 anak di AS diberi nama Habiba.

Halima

Halima berarti ‘lembut’ atau ‘sopan santun’. Variasi alternatif lain yang bisa digunakan dari nama ini adalah Halimah. Puncak popularitas nama ini terjadi saat 2019 ketika 87 bayi diberi nama Halima di AS.

photoIlustrasi - (Pixabay)

Hana

Hana berarti ‘kebahagiaan’. Selain Hana, Anda juga bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu Hannah atau Hanaa. Puncak popularitas nama ini terjadi pada 2002 ketika 4.411 bayi diberi nama Hana di AS.

Imani

Dalam Bahasa Arab nama ini berarti ‘iman’. Ejaan alternatif lainnya adalah Iman, Emani, atau Imaani. Puncak popularitasnya terjadi pada 1996 ketika 1.171 bayi diberi nama Imani.

Jamilah

Jamilah dalam Bahasa Arab berarti ‘kecantikan’. Anda juga bisa menggunakan ejaan lainnya, yaitu Jamilah, Jameela, Djamila, atau Gamil.a Puncak popularitasnya terjadi pada 1977 dan kembali populer pada 2018.

Kamilah

Kamilah berarti ‘sempurna’. Anda juga bisa menggunakan variasi lainnya, yaitu Kamila atau Kamilla. Nama ini berada di puncak popularitas pada 2019 ketika 340 bayi diberi nama tersebut. Bentuk lain dari Kamilah dalam Bahasa Ceko adalah Camilla.

Khadijah

Khadijah berarti ‘bayi awal’ atau ‘dihormati’. Variasi alternatif lainnya dari nama ini adalah Khadiga. Nama ini populer pada 1994 dan kembali populer pada 2016. Sebagai nama salah satu istri Nabi Muhammad, nama ini menjadi tiga nama paling populer di dunia Arab dan Islam.

Layla

Nama ini berarti ‘malam’. Ejaan lain yang dapat Anda gunakan adalah Leila, Laila, Lila atau Lilah. Nama Layla telah meloncat popularitasnya selama dekade terakhir.

Malika

Malika berarti ‘ratu’. Variasi alternatif lainnya adalah Malikah. Puncak popularitas nama ini terjadi pada 1996 ketika 183 anak diberi nama tersebut.

Maryam

Nama ini berarti ‘kekasih’ atau ‘bintang laut’. Variasi alternatif lainnya dari nama ini adalah Meriem dan Mariyam. Puncak popularitasnya terjadi pada 2016 saat 569 bayi diberi nama Maryam.

Nabila

Nabila berarti ‘mulia’. Variasi alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah Nabeela, Nabilah, atau Nabeelah. Ppuncak popularitas nama ini terjadi pada 2004.

Nadia

Nadia berarti ‘halus’ atau ‘lembut’. Ejaan lain yang dapat Anda gunakan adalah Nadiyya, Nadya atau Nadiyyah. Nama ini populer pada 2005 dan juga merupakan nama populer dalam Bahasa Slavia yang berarti ‘harapan’.

Nyla

Nama ini berarti ‘pemenang’. Variasi alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Nylah. nama ini berada pada puncak popularitas selama beberapa tahun terakhir.

Salma

Salma berarti ‘damai’. Ejaan lain yang dapat Anda gunakan adalah Selima atau Salima. Nama ini populer pada 1999.

Sara

Sara berarti ‘kegembiraan’.  Anda juga bisa menggunakan variasi lainnya, yaitu Sarah. Sara telah menjadi salah satu dari 200 nama teratas yang diberikan kepada anak perempuan di AS sejak 1880. Nama ini juga merupakan nama Ibrani yang berarti ‘wanita berpangkat tinggi’ atau ‘menteri’.

Shakira

Dalam Bahasa Arab nama ini berarti ‘bersyukur’. Pada 2002 nama ini mencapai puncak popularitasnya.

Zainab

Nama ini berarti ‘bunga harum’. Anda juga bisa menggunakan variasi lainnya, yaitu Zaynab, Zeynab, Zinab, Zeinab, atau Zaineb. Zainab juga merupakan nama putri dan cucu dari Nabi Muhammad.

Zaria

Dalam Bahasa Arab nama ini berarti ‘putri’ atau ‘bunga mekar’. Anda bisa menggunakan ejaan lainnya yaitu Zarya atau Zahrah. Pada 2000 nama ini mencapai puncak popularitasnya di Amerika Serikat.

SUMBER: TEMPO/AMELIA RAHIMA SARI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)