6 Alasan Susah Push-Up, Kekurangan Nutrisi Hingga Pemanasan

Senin 30 November 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Push-up memiliki berbagai manfaat termasuk mengencangkan tubuh secara keseluruhan. Namun tak semua orang bisa melakukan push-up dengan mudah. Ada beberapa masalah yang menyebabkan Anda sulit melakukannya mulai dari kurangnya nutrisi hingga kesalahan saat mengatur napas.   

Dengan mengetahui alasan-alasan yang mungkin menghambat push-up, tentu dapat membantu Anda untuk memperbaikinya. Melansir laman Tempo.co, berikut ini enam masalah yang mungkin menghalangi Anda untuk melakukan push-up dengan baik. 

Sebab sulit melakukan push-up

1. Anda tidak melakukan pemanasan dengan benar

Tidak semua orang mengerti pentingnya pemanasan. Ini pada dasarnya membantu Anda mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga Anda dapat tampil lebih baik. Pemanasan membantu melenturkan tubuh Anda dengan benar sehingga Anda dapat melakukan latihan yang paling berat sekalipun dengan mudah. Mencoba olahraga berat seperti push-up dengan otot kaku (tanpa pemanasan) meningkatkan peluang Anda untuk jatuh. Lakukan 10-20 menit pemanasan sebelum Anda melakukan push-up.

2. Tubuh Anda kekurangan nutrisi

Seperti halnya mobil yang tidak dapat berjalan tanpa bahan bakar, tubuh Anda tidak dapat bekerja tanpa bahan bakar. Jika Anda memiliki otot yang lemah, itu hanya akan memakan massa otot Anda yang ada dan membuat Anda lebih rentan terhadap cedera. Pastikan untuk makan protein, serat, lemak baik dan nutrisi sehat lainnya untuk membuat otot Anda lebih kuat dan bekerja lebih baik.

3. Anda tidak mengangkat beban

Mengangkat beban dapat membuat otot Anda lebih kuat dan tajam, yang membantu dalam membangun daya tahan sehingga Anda dapat tampil lebih baik. Selain itu, mengangkat beban mengurangi kemungkinan cedera. Jika Anda ingin melakukan push-up seperti sedang berjalan di taman, lakukan latihan kaki, punggung, dan bahu itu penting.

4. Lelah

Jika otot Anda lelah, Anda tidak dapat melakukan push-up dengan mudah. Jadi, tidak mengambil jeda di antara latihan Anda adalah ide yang buruk. Mengambil satu hari istirahat di antara selama latihan mingguan Anda selalu disarankan untuk menjadi lebih produktif.

5. tidak melakukannya dengan benar

Postur dan gerakan yang benar adalah kunci untuk melakukan olahraga apa pun. Tidak peduli berapa banyak beban yang Anda angkat atau berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga, jika teknik Anda tidak tepat, semua upaya Anda akan sia-sia. Saat melakukan push-up, Anda perlu memastikan bahwa telapak tangan Anda kokoh di tanah pada jarak bahu, inti Anda kuat dan bagian tengah tubuh lurus.

6. Tidak bernapas dengan benar

Satu hal yang kebanyakan dari kita tidak fokuskan saat berolahraga adalah bernapas. Saat Anda bernapas dengan benar, hasilnya akan melampaui imajinasi Anda. Pernapasan yang benar selama berolahraga meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh Anda, yang meningkatkan detak jantung yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Lebih banyak oksigen dalam aliran darah Anda memberi Anda lebih banyak kekuatan untuk bekerja.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay