5 Mitos Seputar Makanan yang Sering Dikaitkan dengan Covid-19

Sabtu 19 September 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Perkembangan Covid-19 tak lepas dari berbagai mitos, salah satunya berkaitan dengan makanan. Tidak jarang jenis makanan tertentu dianggap bisa membawa virus. Namun, di sisi lain ada pula beberapa jenis lain yang dinilai mampu melawan Covid-19.

Meluruskan berbagai mitos di masyarakat, situs Boldsky pun menjelaskan lima pernyataan yang paling salah kaprah terkait makanan dan Covid-19.

Mitos 1: Menghindari konsumsi es krim dapat melindungi dari risiko Covid-19

Sebuah studi di Cina mengklaim virus corona bisa bertahan selama delapan hari pada suhu 4 derajat Celcius dalam makanan beku. Hal inilah yang membuat masyarakat takut mengonsumsi makanan berbahan dasar es. Publik kemudian berasumsi menghindari es akan menghindarkan juga dari risiko Covid-19.

Namun, WHO dan CDC mengatakan hal tersebut tidak benar lantaran bukti ilmiah masih sangat minim dan perlu digali kembali. Daripada memusingkan sesuatu yang tak jelas, WHO dan CDC menggarisbawahi protokol yang sudah pasti, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah Covid-19.

Mitos 2: Anda bisa tertular Covid-19 dari konsumsi makanan Cina

Tak jarang masyarakat juga takut mengonsumsi makanan Cina. Bukan saja makanan khas Cina namun juga berbagai produk yang dikirimkan langsung dari negeri itu. Padahal, faktanya sangat tidak mungkin makanan tersebut membawa virus kecuali itu terpapar atau disajikan oleh orang yang positif Covid-19. Sebaliknya, selama dimasak dengan aman, tidak akan ada virus yang bisa dibawa.

Mitos 3: Konsumsi bawang putih bisa menyembuhkan seseorang dari virus corona

Ini adalah pernyataan yang sudah melebar sejak awal merebaknya Covid-19. Namun, masih saja orang percaya bawang putih bisa menyembuhkan virus corona. Padahal, konsumsi bawang putih secara teratur hanya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mungkin membantu melindungi tubuh dari paparan virus lantaran imun yang kuat namun bukan berarti bisa menyembuhkan Covid-19.

Mitos 4: Minum banyak air hangat dapat mematikan Covid-19

Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan klaim minum air hangat bisa mematikan virus pada kerongkongan hingga paru-paru. Memang, minum banyak air sepanjang hari umumnya baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Terlebih air hangat lantaran suhunya sesuai dengan tubuh kita. Namun, itu tidak cukup untuk mencegah timbulnya infeksi virus corona.

Mitos 5: Makanan pedas bisa mencegah virus corona

Meskipun mengonsumsi cabai bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung capsaicin yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dan membantu meredakan peradangan, tidak ada satu pun penelitian yang mengungkapkan makanan pedas dapat mencegah Covid-19. Ingat, hanya penelitian jelas yang bisa dipercaya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)