Jaga Produktivitas Kerja, Ini 7 Tips Meningkatkan Motivasi Harian

Senin 20 Juli 2020, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah Anda merasakan kurang motivasi saat bekerja. Tak bisa dipungkiri menjaga motivasi kerja tetap konsisten susah-susah gampang. Kadang ada hari di mana Anda ingin membuktikan diri menjadi individu yang sukses, ada pula waktu di mana Anda hanya menatap nanar layar komputer dengan lesu dan rasa malas. 

Mengutip tempo.co, motivasi kerja sangat penting diperhatikan apa pun pekerjaan Anda. Jika Anda membiarkan diri larut dalam rasa malas hanya akan memperburuk situasi dan menjauhkan diri dari mimpi Anda. Berikut ini tips meningkatkan motivasi kerja agar terus produktif.

Cara bangkitkan motivasi kerja untuk jaga produktivitas

1. Buat daftar rencana aktivitas 

Anda bisa membuat rencana aktivitas ini setiap malam sebelum tidur. Tuliskan hal-hal yang hendak Anda lakukan di pagi hari sebelum ke kantor, saat di kantor, dan setelah pulang dari kantor. Dengan adanya daftar bersekat waktu tersebut, Anda akan merasa memiliki deadline dan lebih memacu diri untuk menyelesaikan masing-masing poin to do list Anda.

2. Rincikan tiap aktivitas

Saat membuat rencana aktivitas untuk di kantor, Anda bisa menuangkannya menjadi daftar yang lebih rinci. Daftar pekerjaan yang lebih rinci akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi tugas yang mudah dilakukan dan tugas yang memerlukan sedikit bantuan dari kolega atau atasan.

Kemudian, berilah tanda setiap kali Anda sudah menyelesaikan satu tugas. Setiap kali Anda memberikan tanda pada pekerjaan yang sudah selesai, tubuh akan mengeluarkan sedikit dopamin, hormon kebahagiaan di dalam diri kita. Pelepasan hormon tersebut tentu akan memberikan motivasi kerja dan meningkatkan mood di tugas-tugas berikutnya.

3. Dengarkan sinyal dari diri sendiri

Motivasi kerja tak akan merekah apabila Anda mengabaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Sinyal-sinyal dari tubuh tersebut termasuk rasa lapar atau rasa haus di tengah-tengah jam kerja, atau rasa capek saat memasuki jam pulang.

Ingat bahwa hanya diri Anda sendiri yang mengetahui apa yang diperlukan oleh tubuh. Mengabaikannya hanya akan memberikan efek domino dan menghambat pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

4. Alokasikan waktu lima menit untuk istirahat

Tak ada salahnya jika Anda mengambil sedikit waktu tersebut untuk beristirahat dan merilekskan tubuh. Alokasikan waktu selama lima menit untuk bersantai, seperti jalan sebentar menyusuri gedung-gedung kantor, duduk-duduk di pantri, atau sekadar melakukan peregangan di meja Anda. Ahli setuju bahwa beristirahat lima menit tersebut dapat berefek besar untuk mengembalikan fokus Anda, dan sebenarnya sangat menunjang untuk membantu meningkatkan produktivitas.

5. Buat playlist untuk bangkitkan motivasi kerja

Motivasi kerja dapat dipantik oleh unsur-unsur eksternal, seperti dari lagu-lagu yang Anda dengarkan selama bekerja. Sebelum bekerja, buatlah playlist lagu yang sangat personal dan memberikan motivasi bagi diri Anda.

Apabila Anda tidak memiliki selera genre yang spesifik, Anda bisa memanfaatkan fitur playlist yang biasanya sudah disusun oleh aplikasi penyedia layanan streaming lagu tertentu. Beberapa genre dan bunyian juga disebutkan lebih ampuh dalam membantu meningkatkan produktivitas, seperti musik klasik, jazz, blues, atau bunyi-bunyian suara alam.

6. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Minuman dan makanan juga sangat memengaruhi motivasi dan produktivitas kerja Anda. Misalnya, walau kafein membantu diri lebih terjaga untuk berkerja, konsumsi kopi secara berlebihan malah dapat berisiko membuat Anda merasa cemas dan menjadi tidak fokus.

Begitu juga dengan minuman manis yang mengandung gula sederhana. Gula sederhana dapat memicu lonjakan gula darah namun akan kembali turun dengan drastis. Konsumsilah sarapan dengan sumber protein disertai dengan buah dan sayur. Untuk karbohidrat, pilihlah yang berupa sumber karbohidrat kompleks seperti quinoa dan gandum utuh.

7. Rayakan setiap pencapaian

Setiap minggunya, buatlah daftar hal-hal yang sudah Anda capai dalam periode waktu tersebut. Walau kecil, rayakan dalam hati setiap pencapaian yang Anda raih yang membuktikan bahwa Anda sudah bergerak ke titik yang diidamkan. Dengan merayakan tiap pencapaian juga membantu mengurangi rasa pusing saat Anda terlalu banyak bekerja serta memberikan sensasi kelegaan. Dari hal-hal kecil inilah motivasi kerja Anda akan terpantik untuk melanjutkan tugas-tugas selanjutnya.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring