Bioskop Segera Dibuka, Ruang Film Usul Perda Hak Tayang untuk Karya Anak Sukabumi

Rabu 11 Maret 2020, 13:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menyambut kehadiran bioskop Moviplex yang akhir pekan ini akan dibuka di Sukabumi, komunitas Ruang Film Sukabumi meminta pemerintah daerah agar menerapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang hak tayang untuk karya anak Sukabumi. 

BACA JUGA: Cari Tahu! Sinopsis Film-film Perdana Bioskop Moviplex Sukabumi

"Sehingga produktivitas perfilman Sukabumi jauh lebih meningkat. Ruang Film Sukabumi sendiri selalu aktif sejak 2017 dengan program pemutaran, diskusi, workshop, bahkan karya-karya anak Sukabumi banyak diapresiai di festival internasional. Bahkan kami sempat mendeklarasikan #SukabumiKotaSinema," kata Direktur Program Ruang Film Sukabumi, Agus Permana kepada sukabumiupdate.com, Rabu (11/3/2020).

Agus menyambut dengan penuh rasa haru dan gembira kehadiran bioskop di Sukabumi. Agus menyebut, di beberapa kota besar, menonton film di bioskop sudah menjadi aktivitas yang instan seperti bermain smartphone.

BACA JUGA: Sabtu Pemutaran Perdana Bioskop Moviplex Sukabumi, Cek Tiket dan Filmnya!

Namun perlu diingat, kata Agus, di belahan Indonesia lainnya, salah satunya Sukabumi, keluarga, pasangan atau sahabat, harus rela menjangkau puluhan kilometer menuju bioskop terdekat dari domisili mereka hanya untuk menikmati film terbaru, menikmati pengalaman menonton di layar lebar (sinematik).

"Tahun 2018 melalui komunitas Ruang Film Sukabumi ini, kami pernah menerima tamu dari pihak yang akan berinvestor di Sukabumi. Kami ajak berkeliling Sukabumi untuk melihat situasi. Berdasarkan beberapa survei yang kami lakukan bersama, namun ternyata hasilnya belum bisa menjawab keinginan masyarakat Sukabumi apalagi untuk jangka panjang," jelas Agus.

BACA JUGA: Video: Apa Kabar Bioskop Moviplex Sukabumi?

Mengutip data CNNIndonesia.com, sambung Agus, Indonesia memiliki 342 bioskop yang berasal dari tiga raksasa jaringan bioskop sinepleks, mulai dari Cinema 21 dari Indonesia, CGV dari Korea, dan Cinepolis dari Meksiko yang dulu dikenal sebagai Cinemaxx. Ratusan bioskop tiga jaringan raksasa itu pun, sebagian besar berada di ibu kota provinsi, kotamadya, hingga ibu kota kabupaten.

"Melihat kondisi itu, artinya kami berpendapat membangun bioskop bukan menjadi hiburan semua kalangan masyarakat saja, tapi harus mencerminkan pemihakan kebijakan pemerintah terhadap film yang adalah sebetulnya bagian dari kebudayaan. Jika investor hanya bermain di kelas menengah saja, saya yakin budaya menonton dan industri film di Indonesia jadi sangat sulit terbentuk apalagi jangka panjang," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa