7 Langkah Dasar Seni Mengikhlaskan Mantan

Rabu 12 Desember 2018, 02:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bila Anda menghadiri pesta pernikahan mantan kekasih Anda, apakah Anda masih merasa sedih? Apakah Anda merasa masih ada yang mengganjal dengan kondisi itu? Praktisi meditasi Adjie Santosoputro memberikan beberapa tips latihan dasar seni mengikhlaskan mantan. "Anda cukup luangkan waktu 2-5 menit setiap hari untuk melakukan latihan ini. Bisa?," kata Adjie dalam akun Instagramnya, @adjiesantosoputo.

Adjie menyarankan agar latihan mengikhlaskan mantan ini bisa menjadi kebiasaan sehari-hari. "Pas latihan, sebisa mungkin Anda tenang dan fokus," kata Adjie yang menjelaskan ada 7 langkah dasar untuk melakukan latihan ini.

Pertama, Anda perlu menentukan pukul berapa setiap hari Anda mau latihan. Adjie menyarankan pilih 1 kegiatan yang selama ini Anda rutin lakukan setiap hari. "Nah, latihan ini bisa Anda lakukan setiap setelah melakukan kegiatan itu," katanya.

Ia mencontohkan, 1 kegiatan yang Anda pasti lakukan adalah mandi pagi. Berarti, setiap kali Anda selesai mandi pagi, coba luangkan 2-5 menit untuk melakukan latihan ini. "Langkah ini penting Anda lakukan agar Anda rajin dan disiplin berlatih," kata Adjie.

Kedua, pada jam yang sudah Anda tentukan, duduklah di tempat yang nyaman. "Dan pelan-pelan sadari tarikan embusan napas Anda, tenangkan diri Anda, dan arahkan perhatian Anda ke diri Anda sendiri," katanya.

Selanjutnya, Adjie menyarankan agar pelan-pelan Anda bertanya kepada diri Anda sendiri. "Siapa yang sampai sekarang bisa Anda ikhlaskan," katanya.

Adjie menyarankan agar orang itu menuliskannya di kertas. "Pada langkah tiga, Anda pun perlu menentukan 1 orang yang ingin Anda ikhlaskan dalam latihan," katanya.

Pada langkah 4, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri, pelan-pelan dan tidak tergesa-gesa. "Apa yang sebenarnya membuat Anda sampai sekarang tidak bisa mengikhlaskannya? Mengapa Anda tidak bisa mengikhlaskannya?" katanya.

Pertanyaan lain yang perlu Anda renungi adalah 'Karena Anda tidak bisa mengikhlaskannya, bagaimana perasaan Anda sekarang? Apa jangan-jangan Anda tidak sadar sebenarnya Anda merasa nyaman dan menikmati keadaan tidak mengikhlaskan mantan ini'. Ada pula pertanyaan 'Kalau Anda benar-benar tidak bisa mengikhlaskannya, apa yang bakal Anda rasakan'. Pertanyaan yang tidak kalah penting untuk dijawab adalah 'Bila Anda benar-benar bisa mengiklaskannya, apa yang bakal Anda rasakan?'. Adjie menyarankan untuk menjawab semua pertanyaan itu sebelum lanjut ke langkah berikutnya. "Kalau perlu, tuliskan jawaban Anda di atas kertas.

Pada langkah kelima, Anda perlu pula bertanya kepada diri sendiri. 'Penderitaan apa saja yang Anda alami akibat dari Anda tidak mengikhlaskannya sampai sekarang?'. Adjie pun mengimbau, orang yang melakukan latihan ini perlu bertanya 'Apakah karena Anda tidak bisa mengikhlaskannya, Anda jadi terus hidup dalam penyesalan, terkurung dalam penjara masa lalu, benar tidak bisa move on?'

Anda juga perlu menjawab ini. 'Apa gara-gara Anda tidak mengikhlaskannya, Anda jadi tidak benar-benar hidup di saat ini, dan berkah momen di saat ini pun jadi gampang sekali Anda abaikan?'. "Jawab pelan-pelan sepenuh hati. Ingat, Anda selalu punya pilihan untuk lepas dari semua penderitaan itu," kata Adjie.

Adjie menduga pikiran Anda sendiri lah yang terus menjerat dan menggagalkan Anda mengikhaskannya, sehingga Anda pun terus mengalami pergulatan batin. Adjie mengingatkan bahwa pikiran Anda sendiri yang terus yakin Anda hanya bisa bahagia, asalkan bersamanya. Anda juga hanya bisa bahagia, asal tidak mengikhlaskannya. "Ingatkan diri Anda sendiri, Anda tetap bisa bahagia meski tidak bersamanya. Anda pun bisa bahagia walau mengikhlaskannya," katanya.

Menurut Adjie, pikiran Anda hanya bisa bahagia bersamanya itu tidak nyata. "Itu hanya ulah pikiran yang merekayasa seolah hal itu nyata. Jangan terlalu percaya pikiran Anda sendiri," katanya.

Langkah terakhir, Adjie menyarankan agar Anda merasakan sepenuh hati, jeratan-jeratan pikiran yang selama ini bikin Anda tidak bisa mengikhlaskannya. "Pelan-pelan terlepas, hilang, lenyap..Rasakan beban berat yang selama ini Anda pikul berkurang. Ada rasa lega, bahagia. Plong. Bathin pun jadi tenang," katanya.

7 langkah ini bisa dilakukan selama beberapa menit dan setiap hari. "Kalau perlu, setiap mau latihan, baca ini dari awal," katanya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock