TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Fakta Menarik Mangkuk Ayam Jago Legendaris yang Jadi Google Doodle

Dede Imran
Penulis
Senin 12 Sep 2022, 15:30 WIB
Fakta Menarik Mangkuk Ayam Jago Legendaris yang Jadi Google Doodle

SUKABUMIUPDATE.com - Kita mungkin tidak asing dengan mangkuk ayam jago merah yang kerap digunakan sebagai mangkuk mi ayam, bakso, bubur ayam dan sebagainya.

Meski mangkuk putih dengan logo ayam jago berwarna merah atau dikenal sebagai mangkuk ayam merah ini sudah mulai jarang ditemui. Namun, mangkuk yang melegenda ternyata bukan berasal dari Indonesia.

Mengutip dari Tempo.co, pemerintah Thailand memanfaatkan kepopuleran mangkuk ini. Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam jago merah ini sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

Baca Juga :

Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut. Dengan begitu, tepat hari ini Google Doodle memutar lambang ikonis ini.

Berikut terdapat beberapa fakta menarik dari mangkuk ayam jago yang tampil di Google hari ini.

photoGoogle Doodle Tampilkan Mangkuk Ayam Jago - (Screenshot)</span

1. Asal mula mangkuk ayam jago merah

Bukan dari Indonesia, ternyata mangkuk legenda ini berasal dari Cina. Awalnya, Kaisar Chenghua periode Dinasti Ming (1465-1487 Masehi), memesan empat buah mangkuk bergambar ayam jago dan ayam betina. Kaisar memesannya kepada seorang perajin keramik dengan teknik doucai. Mangkuk itu dibuat khusus untuk dirinya dan permaisurinya sebagai tanda cinta, seperti dilansir dalam laman Chinanews.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini