Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Jumat 17 Desember 2021, 07:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Smartwatch dan Smartband adalah dua gadget imut yang biasa dikenakan di pergelangan tangan. Kedua gadget tersebut berfungsi untuk memaksimalkan fungsi sekunder dari Smartphone seperti notifikasi.

Tidak hanya itu, kedua gadget ini sering digunakan untuk membantu aktivitas berolahraga seperti seperti monitoring detak jantung hingga penghitung langkah kaki.

Meskipun kedua gadget terlihat mirip, nyatanya Smartwatch dan Smartband memiliki sejumlah perbedaan yang cukup jauh.

Maka dari itu, jangan sampai kamu salah pilih atau bahkan ditipu oleh penjual nakal. Apa saja perbedaan kedua gadget ini? Simak artikel ini sampai selesai.

1. Desain

photoSmartwatch memiliki ukuran lebih besar dibanding Smartband. - (orissapost.com)

Perbedaan Smartwatch dan Smartband yang pertama dapat dilihat dari sisi desain. Biasanya Smartwatch memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan Smartband. Smartwatch memiliki diagonal layar kurang lebih 1-3 inci, sedangkan Smartband hanya 0 – 1 inci saja.

Ukuran layar yang lebih luas tentunya berdampak pada kenyamanan dalam mengoperasikan fitur layar sentuh.  Layar Smartband yang lebih kecil sedikit membatasi pergerakan, namun navigasi di dalamnya tetap dapat dioperasikan dengan baik.

Bentuk Smartwatch biasanya bulat atau kotak layaknya jam tangan konvensional, sedangkan Smartband memiliki bentuk seperti gelang biasa dengan selipan layar di tengahnya.

Selain itu, penampilan dari Smartwatch juga terlihat lebih elegan dan premium dibandingkan Smartband. Beberapa Smartwatch bahkan dibekali body logam, berbeda halnya dengan Smartband yang hanya dibekali body plastic polycarbonate.

Baca Juga :

Tren Pakai Smartwatch untuk Kesehatan Tubuh, Ini Fungsinya

2. Fitur

photoSmartband hanya memiliki fitur fitness tracker. - (geeky-gadgets.com)

Smartwatch dan Smartband memiliki fitur yang berbeda. Smartband hanya dipatok memiliki fitur inti untuk berolahraga seperti pengukur detak jantung, pengukur langkah kaki hingga pengukur kadar oksigen.

Beralih ke Smartwatch, gadget ini pun memiliki fitur yang sama seperti Smartband di atas. Bedanya, Smartwatch memiliki beberapa fitur lain yang tidak dimiliki oleh Smartband.

Smartwatch biasanya dapat digunakan untuk menelpon seperti Smartphone pada umumnya. Tidak hanya telepon biasa, Smartwatch juga dapat digunakan untuk melakukan video calling.

Tidak hanya itu, Smartwatch memiliki Wifi dan Bluetooth untuk kebutuhan konektivitas. Pada bagian dalam, Smartwatch biasanya dilengkapi slot SIM untuk kebutuhan mobile internet dan slot Micro SD untuk ruang penyimpanan.

Pada Smartwatch berharga tinggi bahkan sudah ditanamkan Sistem Operasi layaknya Smartphone. Dengan begitu, proses komputasi pada Smartwatch dapat berjalan dengan baik.

3. Fungsi

photoSmartwatch dapat digunakan untuk bantuan navigasi. - (eliaspelcastre.com)

Karena memiliki fitur yang berbeda, maka Smartwatch dan Smartband memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda pula.

Smartband hanya berfungsi untuk fitness tracker, notifikasi dan penunjuk waktu saja. Berbeda dengan Smartwatch, gadget ini memiliki fungsi yang lebih luas.

Smartwatch bisa digunakan untuk menelpon, internet, fotografi hingga navigasi. Selain itu, Smartwatch juga bisa digunakan untuk memutar musik.

4. Daya

photoSmartwatch memiliki daya baterai lebih besar daripada Smartband. - (techradar.com)

Daya Baterai menjadi salah satu pembeda antara Smartwatch dan Smartband. Smartwatch memiliki daya baterai yang lebih besar. Alhasil, Smartwatch memiliki waktu stand by yang lebih lama dibandingkan Smartband.

Daya baterai besar yang dimiliki oleh Smartwatch tidak lepas dari fitur di dalamnya. Guna menunjang fungsi dari fitur tersebut maka tidak heran jika Smartwatch memiliki daya baterai yang lebih besar dibanding Smartband.

Namun karena fitur yang dimiliki Smartwatch lebih lengkap maka daya baterai akan terkuras lebih banyak. Berbeda halnya dengan Smartband, meskipun memiliki daya lebih kecil dibandingkan Smartwatch, namun gadget tidak terlalu boros. Hal ini tidak lepas dari sedikitnya fitur yang diemban oleh Smartband.

5. Harga

photoSmartband memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Smartwatch. - (dignited.com)

Dari pembahasan sebelumnya, perbedaan Smartband dan Smartwatch bermuara pada aspek Harga. Ya, kedua gadget ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan.

Smartband dipatok dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan Smartwatch. Kamu bisa mendapatkan Smartband dengan harga murah di bawah 1 juta, bahkan ada yang harganya hanya 200 ribu saja.

Untuk Smartwatch, gadget ini diketahui memiliki harga yang tinggi lebih dari 1 juta, bahkan ada yang dijual di atas 5 juta. Tentu tidak mengherankan karena gadget ini dibekali sejumlah kelebihan dibandingkan Smartband.

Kesimpulan

Dari kelima aspek pada pembahasan di atas, terlihat jelas perbedaan antara Smartband dengan Smartwatch. Harga menjadi salah satu aspek pembeda yang bisa dilihat secara langsung, namun perlu hati-hati juga karena banyak Smartwatch abal-abal yang dilabeli harga mirip seperti Smartband.

Selain harga, aspek pembeda yang dapat dilihat langsung adalah desain. Smartwatch memiliki bentuk seperti jam tangan konvensional, sedangkan Smartband memiliki ukuran yang lebih kecil.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)
Sukabumi05 Mei 2024, 17:55 WIB

Terungkap! Ini Sosok Ibu di Sukabumi yang Tega Buang Bayinya di Semak-semak

Polisi berhasil mengamankan ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi. Ternyata mantan TKW
Sosok YS (46 tahun), ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Kunci Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga, Suami Istri Wajib Tahu Ini!

Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan.
Ilustrasi - Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan. (Sumber : Pexels/ Timur Weber).
Sukabumi05 Mei 2024, 17:11 WIB

Duel Maut Tewaskan Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, Ini Kata Disdik

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini terjadi di luar pengawasan sekolah.
Korban duel maut antarpelajar SMP di Cikembar Sukabumi dipulasara di RSUD Syamsudin SH. (Sumber : Istimewa)