HP Android Ngelag dan Lemot? Atasi dengan 9 Cara Mudah Ini, Langsung Satset Satset

Kamis 12 Januari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Ngelag dan lemot | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Ngelag dan lemot | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - HP Android ngelag dan lemot memang kadang membuat kesal, tak jarang pengguna dibuat emosi oleh kondisi tersebut.

Namun HP Android ngelag dan lemot merupakan hal wajar jika perangkat tersebut telah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Pasalnya HP seiring berjalannya waktu sejumlah aplikasi juga mengalami pembaruan yang tentu akan berpengaruh terhadap performa HP itu sendiri. Belum lagu karena faktor usia dan masa pemakaian.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Selain itu, sistem yang digunakan tentu juga akan usang atau lawas, kesehatan baterai menurun, ruang penyimpanan melebihi kapasitas, dan banyak lagi.

Tapi jangan khawatir, ada solusi yang mudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan itu. Mengutip laman Lifewire via Selebtek.suara.com, berikut cara meningkatkan performa HP Android yang lemot agar kembali satset satset.

  • Lakukan pembaruan OS Android ke versi terbaru secara rutin agar performa maksimal sekaligus meningkatkan keamanan perangkat. Proses update sistem Android ini biasanya otomatis selama perangkat tersebut terhubung ke WiFi.
  • Jangan terlalu banyak mengunduh aplikasi di perangkat Android yang tidak hanya menguras ruang penyimpanan, melainkan bisa mengurangi performanya.
  • HP Android tipe lama biasanya akan kesulitan memperbarui sistem karena OS yang digunakan sudah tidak mendukung. Karenanya, perlu dilakukan rooting android yang fungsinya dapat membantu menambah, mengurangi, hingga memodifikasi file atau data di Android. Dengan begitu, aplikasi bawaan Android yang tidak diperlukan dapat dihapus dan membantu memaksimalkan kinerja Android.

Baca Juga: 30 Ramalan Jayabaya yang Diduga Sudah Terjadi dan Akan Terjadi di Indonesia

  • Bersihkan ruang penyimpanan untuk agar tidak melebihi kapasitas. Jika dalam perangkat tersebut tidak ada slot kartu memori tambahan, alternatifnya adalah melakukan pencadangan data ke Google Drive.
  • Cek sistem keamanan karena Android dinilai masih rentan terhadap malware. Untuk itu, setiap pengguna perlu melakukan cek keamanan sistem secara berkala.
  • Hapus bloatware. Fitur ini merupakan aplikasi bawaan yang disematkan sendiri oleh produsen hp Android. Namun seringkali keberadaan bloatware ini menyita ruang penyimpanan ponsel. Sebelum menghapus bloatware, cek dahulu apakah aplikasinya bersifat default atau tidak. Jika default Anda dapat menerapkan disable supaya menghentikan aktivitasnya.

Baca Juga: Mobil Listrik Ioniq 6, Bakal Hadir di Indonesia Tahun Ini? Cek Spesifikasinya

  • Jangan lupa cek kondisi kesehatan baterai. Performa Android dapat tetap stabil apabila penggunanya tidak mengabaikan baterai ponsel kosong dalam waktu lama. Demi menjaga kesehatan baterai Android, pastikan tidak menjalankan banyak aplikasi di hp sekaligus, menonaktifkan mode WiFi dan bluetooth saat tidak digunakan, dan memperhatikan waktu pengisian terbaik baterai hp.
  • Bersihkan cache HP Android. Selain terasa lemot saat digunakan, perangkat rentan mengalami freezing yang mengakibatkan layarnya tidak sensitif ketika diberi perintah. Untuk mengatasi kondisi ini, segera masuk ke pengaturan di hp dan pilih menu apps, kemudian clear cache pada semua aplikasi.
  • angan lupa untuk sering melakukan restart secara berkala. Terutama jika Anda pengguna hp non-stop. Restart ini bermanfaat meringankan dan memulihkan kinerja Android karena dapat menghapus otomatis berbagai jenis file sampah yang memakan banyak memori di storage dan RAM.

Sumber: Selebtek.suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)