Gunung Wayang, Agrowisata di Sukabumi yang Berawal dari Menolak Sawit

Sabtu 02 Oktober 2021, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai spot wisata baru di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Gunung Wayang terus berbenah. Berada di kaki gunung salak, agrowisata ini dulunya adalah kebun teh PTPN VIII yang lahannya disisihkan karena warga menolak komoditas sawit. 

Gunung Wayang menyedot perhatian karena dibangun dengan konsep perpaduan Bali dan Sunda. Ada gerbang besar bergaya bali yang menjadi ikon utama, namun jika dilihat lebih dekat, ukirannya itu bernuansa sunda.

Kurang lebih setengah tahun ke belakang, spot ini mulai ditata. Penggeraknya adalah BUMDes Gunung Endut Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Tawaran utama spot ini adalah panorama dataran tinggi. 

Kekinian, pengelolah mulai merancang penyediaan sejumlah wahana agar pengunjung betah berlama-lama, khususnya keluarga. "Konsep agrowisata karena akan dikembangkan sejumlah kebun buah dan arena berkuda yang bisa dinikmati oleh pengunjung," jelas Ketua BUMDes Gunung Endut, Bayu Rahmat kepada sukabumiupdate.com, baru-baru ini.

Saat ini tiket masuk Gunung Wayang itu Rp 5000 per orang dewasa, anak-anak dibawah 5 tahun gratis. Disediakan tempat parkir yang memadai dan juga sejumlah shelter untuk beristirahat.

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai jajanan yang bisa ditemui di Food Court yang sudah disediakan. Tempat parkir wisata tersebut juga cukup luas, tidak perlu khawatir untuk pergi menggunakan motor maupun mobil.

photoGapura gaya bali dan ukiran sunda yang jadi ikon agrowisata Gunung Wayang di Kalapanunggal Sukabumi - (noiii)</span

Taj hanya itu fasilitas toilet hingga mushola juga sudah tersedia. "Beroperasi hingga pukul 22.00 WIB, kita tengah mempersiapkan lebih banyak penerangan lampu agar bisa dinikmati selama 24 jam oleh pengunjung," lanjut Bayu.

Ia kemudian bercerita kenapa spot ini dikelola oleh Badan usaha Milik Desa? Salah satu tujuannya ada pemberdayaan masyarakat, meningkatkan perekonomian warga di Desa Gunung Endut dan sekitarnya.

"Kita mengakomodir warga baik pekerja maupun yang ingin berdagang baik makanan khususnya kerajinan. Penyerapan tenaga kerja masih rendah karena memang belum rampung, jika spot ini selesai maka anak muda setempat menjadi prioritas," bebernya.

Bayu juga menceritakan bagaimana perjuangan untuk mendapatkan pengelolaan kawasan ini. Mulai dari tahun 2017, dimana dulunya kawasan ini adalah kebun teh, yang  kemudian akan dijadikan kebun sawit oleh PTPN VIII.

Baca Juga :

Warga menolak seluruh area dijadikan kebun sawit, bahkan izin lingkungan dari pemerintah desa sempat tidak dikeluarkan. "PTPN ingin sawit, masyarakat menolak karena berhubungan dengan dampak lingkungan khususnya air," bebernya.

Dari sana muncul negosiasi panjang, yang akhirnya dipisahkan 8,4 hektar lahan untuk konservasi dan tidak ditanami sawit. "Sejak penanaman sawit pada tahun 2014 lahan sempat kosong selama 3 tahun hingga 2017. Akhirnya Pak kades mendorong menjadi lokasi agrowisata setelah terinspirasi dari kunjungan ke Bali. Tujuannya menciptakan objek pemberdayaan perekonomian masyarakat dan income bagi desa," pungkas Bayu.

VIDEO : SUKA KULINER "Berburu Kopi di Musim Hujan"

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi