Jarangking, Cemilan Gurih dari Ikan Sidat Khas Simpenan Sukabumi

Sabtu 06 Maret 2021, 11:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil alam masih melimpah di Muara Cimandiri yang memisahkan Desa Jayanti dan Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Salah satu hasil alam itu adalah sidat, yang oleh warga lokal diolah menjadi cemilan khas bernama Jarangking.

Sidat, atau orang Sunda biasa menyebutnya Lubang, masih banyak ditemukan di Muara Cimandiri. Di tempat itu ada kampung bernama Kampung Sidat, yang dikenal banyak biasa membuat Jarangking.

Di tangan Eti Ermawati (44 tahun) warga lokal, sidat yang masih kecil atau juga disebut impun dibuat menjadi Jarangking, semacam peyek yang rasanya renyah dan gurih saat disantap.

Baca Juga :

70 Ribu Benih Sidat di Cibitung Sukabumi Mati, Pengepul Rugi Puluhan Juta

"Ya, cara pembuatannya mudah. Sidat yang baru diambil di muara dibersihkan, selanjutnya disiram air panas dan didiamkan beberapa menit," kata Eti kepada sukabumiupdate.com.

"Nah selanjutnya, sidat setelah siram air panas, diberi bumbu penyedap rasa untuk menambah cita rasanya agar lebih enak," sambungnya.

Eti menjelaskan, setelahnya impun sidat tersebut dicetak dibuat seperti rengginang berdiameter sekitar 20-25 centimeter, kemudian dijemur di bawah terik matahari satu hari sampai kering.

"Baru deh, digoreng. Rasanya itu gurih, renyah dan nikmat. Perpaduan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, pedes, ketumbar dan penyedap rasanya bener-bener terasa," terang Eti.

photoJarangking siap saji, kuliner buatan warga Kampung Sidat, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Sabtu (6/3/2021). - (SU/Nandi)

Menurut Eti, Jarangking lebih dan nikmat saat disantap dengan nasi yang masih hangat. Tapi bisa juga dijadikan cemilan tanpa mengurangi keenakannya. Ia juga tak jarang menjual Jarangking hasil olahannya.

"Saya menjual Jarangking dalam kondisi kering (belum digoreng) seharga Rp 5.000 per buah. Alhamdulillah banyak peminatnya datang ke rumah. Dijualnya keringan. Kalau lagi dapat banyak sidatnya dalam satu hari bisa dapat Rp 200.000. Kalau dijual per kilogram Rp 1 juta," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay