Tak Hanya Mengeluarkan Bau, Ini Tujuh Manfaat Pete Untuk Tubuh

Jumat 25 Desember 2020, 03:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tak kenal dengan petai alisa pete. Sayuran yang khas dengan aromanya ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Dilansari dari Suara.com, tapi bisa dibilang, banyak juga lho yang doyan banget makan petai. Umumnya petai ini bisa langsung disantap atau diolah dengan sayur atau sambal.

Daripada penasaran, berikut 7 manfaat petai untuk kesehatan tubuh yang berhasil kami rangkum dari laman Hops.id--Jaringan Suara.com.

1. Mengurangi anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga sering mudah lelah, sakit kepala, mual serta denyut jantung berdetak tidak beraturan.

Untuk mencegahnya agar tidak semakin membahayakan tubuh, Anda dapat mengonsumsi petai yang mengandung zat besi cukup tinggi, sehingga tubuh dapat memproduksi sel darah merah yang cukup. Anemia pun dapat terhindarkan.

2. Melancarkan pencernaan

Tekstur yang lembut dengan serat cukup tinggi, menjadikan petai mudah dicerna oleh lambung, sehingga pencernaan pun lancar.

Ketika Anda mengalami sembelit pun, sebaiknya konsumsi petai untuk membantu mempermudah buang air besar lantaran serat yang terkandung dalam petai. Mengonsumsi petai, menghindarkan Anda dari obat-obatan pencahar yang dapat menimbulkan efek berkelanjutan.

3. Meredakan mabuk

Petai juga dapat membantu menangani kondisi orang yang tengah mabuk. Caranya, dengan menjadikan petai sebagai minuman milkshake yang dicampur dengan susu dan madu.

Peta berfungsi untuk menenangkan kondisi perut yang terasa panas akibat minuman beralkohol. Madu bertugas untuk menaikkan kadar gula dalam darah, sementara susu bermanfaat untuk mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang.

4. Baik untuk ibu hamil

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat menyebabkan begah pada perut sehingga tidak nyaman dalam beraktivitas. Maka, gunakan petai untuk membantu mengatasi rasa begah atau panas dalam dada akibat terlalu banyak makan. Hal tersebut dikarenakan efek antasid yang dimiliki oleh petai setelah dikonsumsi. Begitu pula bagi ibu hamil yang sering muntah. Mengonsumsi petai secara rutin dapat meredakan mual pada tubuh.

5. Menangani depresi

Depresi ada lantaran tekanan dalam pikiran yang membuat tubuh tidak lagi rileks dan selalu tegang. Untuk itu, tubuh memerlukan serotonin yang berfungsi untuk merilekskan keadaan bagian tubuh yang tegang. Nah, petai memiliki zat triptofan yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin ketika Anda mengonsumsinya, sehingga depresi dapat diatasi.

6. Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam petai dapat membantu meningkatkan daya ingat anak, sehingga mudah dalam mengerjakan soal ujian.

Hal tersebut ditunjukkan pada penelitian yang terjadi di Inggris, tepatnya di Twickenham, London. Pada penelitian tersebut, sekitar 200 anak diminta untuk memakan petai tiga kali dalam sehari. Hasilnya, sewaktu ujian, anak-anak dapat mengerjakan semua soal dengan baik, dari yang mudah hingga tersulit sekalipun.

7. Memperbaiki mood saat PMS

Sering kali ketika perempuan mengalami PMS (premenstrual syndrome) maka mood-nya akan sering berubah-ubah. Dari marah bisa menjadi sedih atau bahagia.

Untuk mengatasi keadaan emosi yang tidak stabil, yang dapat merusak keadaan lingkungan sekitar dan mengganggu kinerja kerja, maka sebaiknya Anda mengonsumsi petai di waktu menstruasi. Pasalnya petai mengandung vitamin B6 yang mana berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah yang dapat membantu memperbaiki mood.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)