5 Pantai Pink di Dunia, 2 di Antaranya Ada di Indonesia

Selasa 27 Maret 2018, 07:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai dengan pasir putih sudah biasa ditemukan di negara-negara berbentang kepulauan di dunia. Namun, pantai dengan pasir merah jambu alias pink hanya segelintir jumlahnya.

Pantai berpasir pink terbentuk karena proses peleburan antara pecahan koral berwarna merah dan pasir pantai yang umumnya berwarna putih. Ditambah dengan makhluk miksroskopik, foraminifera, yang hidup di pantai.

Pantai berpasir pink kerap dianggap sebagai keajaiban dunia. Sebab, bentang seperti itu termasuk fenomena langka. Dari kira-kira lima pantai berpasir pink di dunia, dua di antaranya ada di Indonesia. Berikut ini segelintir pantai pink tersebut.

1. Pantai Pink Pulau Komodo, NTT

Pantai Pink atau Pantai Merah, dalam sebutan lokal, terletak di Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pasir berwarna merah jambu. Warna yang cukup mencolok dapat disaksikan bila pengunjung melihatnya dari puncak bukit yang berada di tepi Pantai Pink.

 

Selain terkenal dengan keunikan warna pasirnya, Pantai Pink kesohor karena memiliki spot snorkeling paling indah di Kepulauan Komodo. Lautnya cukup dangkal. Namun koral dan ikan-ikan yang hidup di perairan itu tumbuh sehat dengan jenis yang beragam.

2. Pantai Pink Pulau Harbour, Bahama

Negara di Kepulauan Karibia ini memiliki pulau dengan pantai perawan berpasir pink yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Pantai itu berada di Pulau Harbour, pesisir timur laut Pulau Eleuthera.

Pantai Pink Pulau Harbour adalah tempat yang cocok untuk berelaksasi lantaran sepi dan jauh dari ingar-bingar. Di sini, ditemukan tempat penyelaman paling indah dengan bentang dinding-dinding bebatuan di dasar laut. Dinding bebatuan itu memisahkan Pulau Eleuthera dan Current.

3. Pantai Elafonisi, Yunani

Pantai di Crete, Yunani, ini memiliki pasir warna-warni. Salah satu sisinya memiliki warna pasir pink, sedangkan sisi lainnya berwarna putih. Pantai Elafonisi ramai dikunjungi turis setiap hari, bahkan saat low season atau bukan masa liburan.

Dari Pantai Elafonisi, wisatawan bisa menyeberang melalui perairan dangkal menuju Pulau Elafonisi. Pulau itu adalah cagar alam.

4. Pantai Herseshoe Bay Bermuda, Kepulauan Karibia

Masih di kawasan Kepulauan Karibia, ditemukan satu lagi pantai dengan pasir berwarna pink yang terjadi karena pecahan terumbu karang. Pantai ini terletak di wilayah Bermuda, utara Karibia. Pantai ini berbentuk melengkung, seperti bangun setengan lingkaran bila dipotret menggunakan kamera udara.

5. Pantai Pink, Lombok, NTB

Orang-orang lokal menyebutnya Pantai Tangsi. Pantai berpasir pink ini terletak di Lombok Timur. Tidak hanya eksotis karena warna pasirnya, pemandangan bukit dengan padang rumput yang luas menjadi sajian yang menarik dilihat.

Ada dua cara menikmati Pantai Pink di Lombok, yakni menyaksikan keindahan dari atas bukit atau dari gazebo yang rapi tertata di tepi pantai.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat15 Mei 2024, 17:15 WIB

5 Bahan Herbal Ini Bisa Jadi Obat Rumahan Untuk Asam Urat, Yuk Dicoba

Asam urat bisa diredakan nyeri dan gejalanya dengan mencoba mengkonsumsi bahan-bahan herbal ke dalam menu makanan di rumah. meski hasilnya tidak instan tapi bisa membantu untuk sembuh secara perlahan
Ilustrasi bahan herbal yang bisa dijadikan obat rumahan untuk penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 17:12 WIB

3 Terdakwa Korupsi Penyertaan Modal Perumda ATE Sukabumi Divonis 1 Tahun Penjara

Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terbukti korupsi dana penyertaan modal, divonis 1 tahun bui.
Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terdakwa korupsi penyertaan modal saat mengikuti sidang putusan di PN Bandung. (Sumber : Istimewa)
Musik15 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari

Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dipopulerkan oleh Ghea Indrawari, jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol.
Official Lirik Video Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari (Sumber : YouTube/StarHitsMusic)
Sehat15 Mei 2024, 16:30 WIB

Merasakan Gejala Asam Urat Pada Lutut? Lakukan 5 Perawatan Ini di Rumah!

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian di tubuh, salah satunya sering terjad pada lutut. Maka dari itu, kenali cara merawat asam urat di lutut begitu kambuh agar tidak semakin parah
ika terkena gejala asam urat pada lutut, lakukan 5 perawatan di rumah yang sederhana ini (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:15 WIB

Bisakah Jempol Tangan Terkena Gejala Asam Urat? Ini 5 Tandanya!

Ternyata asam urat tidak hanya menyerang persendian di kaki saja, tetapi juga bisa ke tangan. Salah satu yang sering terkena adalah bagian ibu jari. Sebaiknya untuk mengenali tanda-tanda asam urat di jempol tangan
Waspadai bila ada 5 tanda berikut ini di jempol tangan, karena kemungkinan gejala asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan