Arti Istilah Hidden Gems, Ramai Disebut dalam Konten Media Sosial

Selasa 28 Februari 2023, 06:30 WIB
Panorama wisata hidden gems Curug Ciseupan di Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi yang mempesona. | Foto: Ilyas

Panorama wisata hidden gems Curug Ciseupan di Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi yang mempesona. | Foto: Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Konten media sosial kini penuh dengan istilah yang kurang familiar di telinga, meskipun ketika disebutkan mayoritas orang sudah paham betul maknanya. Salah satu istilah tersebut adalah hidden gems yang kerap disebut oleh para influencer.

Bahkan, redaksi sukabumiupdate.com telah mencatat soal tempat hidden gems di Sukabumi. Ya, Curug Ciseupan di Kampung Ciseupan Rt 03 Rw 04, Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung termasuk salah satu wisata hidden gems di Kabupaten Sukabumi.

Curug Ciseupan merupakan salah satu spot wisata alam dengan daya tarik utama air terjun. Pengunjung bisa menikmati segarnya limpahan air dari kawasan pegunungan dan berpadu dengan asrinya pemandangan alam.

Baca Juga: Inilah 7 Permainan Tradisional dalam Kaulinan Budak Sunda Baheula

Lantas apa itu hidden gems?

Secara harfiiah, melansir dari collinsdictionary via Tempo.co, hidden gems berarti mutiara yang tersembunyi.

Namun secara istilah, hidden gems merupakan kuliner atau tempat wisata indah yang lokasinya belum banyak diketahui atau dikunjungi orang. Dengan kata lain sesuatu yang memiliki kualitas luar biasa tetapi tidak terlalu populer atau dikenal luas.

Di era pra-media sosial, tempat berlabel hidden gems adalah tempat makan yang benar-benar tersembunyi dari masyarakat umum. Biasanya seseorang memperhatikan beberapa hal sebelum menyebut sebuah tempat adalah hidden gems.

Baca Juga: Profil Ade Ary Syam Indradi, Kapolres Metro Jaksel Asal Sukabumi

Pertama, aksesnya masuk yang sulit karena lokasinya tersembunyi. Kedua, tidak diketahui orang kebanyakan karena biasanya hanya diketahui warga sekitar. Tempatnya juga sangat tersembunyi, entah di sudut alun-alun atau gang kecil. Ketiga, makanannya sederhana dan enak, terlihat apa adanya, tetapi memiliki karakter yang kuat.

Misalnya, ketika Updaters sedang liburan lalu menemukan air terjun yang sangat indah, namun belum diketahui dan dibicarakan banyak orang serta terkesan belum pernah terjamah. Maka Updaters bisa mengategorikan tempat tersebut sebagai hidden gems, seperti Curug Ciseupan Sukabumi tadi.

Lalu jika Updaters menemukan kafe atau tempat makan baru disekitar rumah yang tidak terlalu ramai dikunjungi, tetapi memiliki makanan dan minumannya enak, suasananya nyaman, maka kamu pun bisa mengkategorikan tempat tersebut sebagai hidden gems.

Baca Juga: 31 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, Salah Satunya Caang Bulan Opat Welas

Hal satu ini identik dengan para konten kreator. Biasanya, ketika seseorang menemukan satu tempat hidden gems, maka ia akan menjadikannya konten untuk di unggah ke akun media sosial.

Tujuan upload tempat hidden gems ini tak lain agar banyak orang yang tahu lalu tempat tersebut menjadi viral dan ramai pengunjung.

Ada banyak alasan orang tertarik untuk mendatangi tempat-tempat hidden gems, mulai dari ingin mencoba hal baru, mengabadikan potret di tempat sepi, dan alasan lainnya.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari