Cap Go Meh 2023, Daftar Atraksi Pawai Barongsai di 5 Ruas Jalan Kota Sukabumi

Kamis 09 Februari 2023, 19:52 WIB
Gie Say Sukabumi dan Kielin Bogor. Keduanya akan tampil bersama tim barongsai dan liong pada perayaan Cap Go Meh Kota Sukabumi, 11 Februari 2023 (Sumber: Iman Firmansyah (perguruan Gie Say Sukabumi))

Gie Say Sukabumi dan Kielin Bogor. Keduanya akan tampil bersama tim barongsai dan liong pada perayaan Cap Go Meh Kota Sukabumi, 11 Februari 2023 (Sumber: Iman Firmansyah (perguruan Gie Say Sukabumi))

SUKABUMIUPDATE.com - 16 atraksi dari 16 tim akan meramaikan pawai Barongsai dan liong pada puncak perayaan Cap Go Meh tahun baru Imlek 2574 Kongzili di Kota Sukabumi. Pawai budaya ini akan berlangsung pada 11 Februari 2023, start dari depan Vihara Widhi Sakti menuju sejumlah ruas jalan di sekitarnya.

Info terbaru ini disampaikan oleh perguruan Gie Say Sukabumi, sebagai salah satu tim barongsai yang akan tampil di acara tersebut. Lewat akun media sosial officialnya, disebutkan bahwa pawai yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Inilah urutan parade 16 tim yang akan memeriahkan pawai budaya cap go meh 2023 di Kota Sukabumi. Lampion, yonif 310, papan kongco, joli abu, joli hauw ciang kong, joli kwan im, persaudaraan gie say, joli kongco han tan kong, kielin pgb, vihara dharma ratna, zhong yi, rajawali mas, king lion dance, hei long, xiong shi, ang say.

Baca Juga: Selain Pawai Barongsai, Ada Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi 9-11 Februari

Pawai atraksi budaya ini akan dimulai dari jalan Pajagalan Warudoyong Kota Sukabumi atau tepatnya di depan Vihara Widhi Saksi. Dari vihara menuju jalan tembus kompleks Danalaga Square ke jalan Pelabuhan II (Bank Supra).

Dari sana balik kanan menyusuri jalan pelabuhan II ke jalan Pajagalan, menuju Lettu Bakri, jalan Terate dan kembali lagi ke depan Vihara Widhi Saksi.

Perayaan Cap Go Meh 2023 di Vihara Widhi Sakti sendiri akan dimulai sejak Jumat 10 Februari 2023, namun acara tersebut adalah ritual di dalam vihara yang dikhususkan bagi umat saja.

Baca Juga: Makna Lampion dalam Perayaan Cap Go Meh, Pengusir Nian hingga Lambang Keberuntungan

Sebelumnya, Humas Vihara Widhi Sakti, Arieffin Natawidjaja menjelaskan, sebelum perayaan Cap Go Meh diselenggarakan, umat akan mengadakan ritual bertanya kepada tuan rumah, Kongco Han Tan Kong.

Tak hanya pawai budaya dengan atraksi barongsai dan liong, Cap Go Meh 2023 ini juga kembali akan menghadirkan bazar produk UMKM Kota Sukabumi dan lainnya. Bazar berlangsung di lapang Danalaga Square Jalan Pajagalan, Warudoyong Kota Sukabumi.

Kepala Museum Tionghoa Sukabumi, Irman Firmansyah mengatakan, bazar Cap Go Meh 2023 melibatkan beberapa pihak yaitu pihak dari Danalaga Square, Pihak Yayasan Dapuran Kipahare, Museum Tionghoa, pemerintah daerah melalui dinas terkait dan tentunya pelaku UMKM area Odeon dan Kota Sukabumi.

Baca Juga: Perayaan Cap Go Meh 2023: Sederet Atraksi di Sukabumi hingga Tradisi Indonesia

“Koordinator bazar adalah tim dari Odeon Kampung naga. Ini kali kedua Bazar Cap Go Meh berlangsung di Kota Sukabumi. Daya tarik pariwisata yang sempat terhenti karena pandemi covid-19. Ajang ini juga menjadi pendongkrak perekonomian rakyat khususnya UMKM” ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu 8 Februari 2023.

Stand-stand penjualan produk UMKM ini mendukung rangkaian keseluruhan dari perayaan Cap Go Meh di Kota Sukabumi. Keberadaannya lanjut Irman tidak terlepas dan selalu mengikuti agenda perayaan dari pengurus Vihara Widhi Sakti.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi