TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Sensasi Berburu Sunset di Puncak Aher Geopark Ciletuh Sukabumi

Pemandangan matahari terbenam atau Sunset di Puncak Aher Geopark Ciletuh Sukabumi membawa sensasi tersendiri.

Penulis
Kamis 26 Jan 2023, 07:00 WIB

Berburu Sunset di Puncak Aher Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata Puncak Aher tak hanya menyajikan keindahan pemandangan kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dari ketinggian. Lebih dari itu, pengunjung bisa berburu momen sunset atau pemandangan matahari terbenam serta keindahan gemerlap lampu perahu pagang di perairan laut yang membawa sensasi tersendiri.

Puncak Aher terletak di Kampung Pamoyanan, Kedusunan Mekarsari I, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi ini memiliki ketinggian sekitar 350 Mdpl. Sebelum berganti nama pada 2015, warga setempat menyebut lokasi itu Puncak Pamoyanan atau ada juga yang menyebut Puncak Awan. Puncak Aher sendiri diambil dari nama Gubernur Jawa Barat periode 2008-2018 Ahmad Heryawan.

Akses menuju lokasi ini terbilang mulus, baik lewat ruas Ciateul-Muaratilu maupun Palangpang-Puncak Darma via Batu Cakup.

"Di lokasi Puncak Aher, bisa menikmati pemandangan sunset, dan menjelang malam hari disuguhkan pemandang gemerlap lampu rumah rumah warga di pesisir, juga lampu perahu pagang di tengah lautan," ucap guide tour Geopark Ciletuh, Ngko (35 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: 15 Tahun Terbaring di Kasur, Remaja Tunadaksa di Sukabumi Ini Butuh Bantuan

Untuk waktu yang tepat berburu sunset, pria bernama asli Rijal ini menyarankan pengunjung sudah harus ada di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB atau pukul 17.00 WIB. Setelah menyaksikan sunset, selanjutnya akan melihat gemerlap lampu atau cahaya di pesisir pantai atau di tengah lautan.

"Ketika malam pemandangan yang disajikan berupa hamparan cahaya dari lampu rumah-rumah warga di pesisir pantai yang begitu terlihat jelas, serta dari lampu perahu nelayan. Kalau sekalian mau camping, ketika pagi hari, mata langsung menerawang pemandangan laut yang masih tertutup kabut," jelasnya.

Dari ketinggian Puncak Aher, lanjut Ngko, pengunjung bisa melihat pemandangan lanskap laut perairan Ujunggenteng, hingga laut Bayah, Banten.

"Namun untuk wisatawan dari luar daerah, agar tetap ditemani sama guide. Untuk menuju tempat ini dapat melalui Jalan Palangpang, Puncak Darma maupun akses jalan Ciateul-Muaratilu Desa Ciemas," pungkasnya.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x