bankbjb

Jangan Makan Sendirian! Beratnya 3 Kg, Cicipi Bakso Lava di Sukabumi

Andi Jatnika (30 tahun) dengan panggilan akrabnya kang Adeng, merintis usaha bakso sejak 2013. Mulai inovasi bakso jumbo di Sukabumi dari 2016

Fitriansyah
Penulis
Minggu 20 Nov 2022, 09:09 WIB
Jangan Makan Sendirian! Beratnya 3 Kg, Cicipi Bakso Lava di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Penggemar meatball wajib coba! Bakso Lava, dengan berat 3 kilogram buatan kang Adeng, warga Kadudampit Kabupaten Sukabumi ini ukurannya udah mirip tabung gas Lpg 3 kilogram.

Andi Jatnika (30 tahun) dengan panggilan akrabnya kang Adeng, merintis usaha bakso sejak 2013. Mulai inovasi bakso jumbo di Sukabumi dari 2016.

"Awalya ukuran biasa. Dari 2013, 2016 saya mulai berinovasi bikin jumbo karena di Sukabumi ini saat itu belum melihat ada yang jualan bakso gede. Khususnya bakso isian yang dikenal dengan istilah bakso beranak, bakso tusuk dan bakso lava," ujarnya saat ditemui warung baksonya di di Jalan Karamat, Kelurahan Gunung puyuh, Kota Sukabumi Sabtu (19/11/2022). 

Untuk pembuatan Bakso yang beratnya 3 kilogram tersebut, Kang Adeng bersama pekerjanya butuh waktu sekitar 2 jam. Pembeli yang ingin mencoba bakso tersebut tidak serta merta bisa langsung lep-lep mencicipi. 

"Pemesanan di H-1. Bakso lava ini dibikin banyak variannya dari mulai ½ kg, ada yang ¼, ada yang 1kg, Nah, kalau 3 kg ini jadi menu baru. Prosesnya sekitar 2 jam,” lanjut Adeng.

Bakso Lava 3 kilogram buatan Kang Adeng warga Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi
Bakso Lava 3 kilogram buatan Kang Adeng warga Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi

Isian bakso lava 3 kilogram ini tak hanya meatball kecil (beranak). Ada cincang daging sapi kombinasi sama seafood; udang, cumi dan telur puyuh. 

“Saat dihidangkan dilumuri dengan saus lava," tuturnya.

Menurut kang Adeng, bakso jumbo ini bisa disantap oleh 10 hingga 12 orang dengan rasa bisa bikin melotot atau super pedas. Harganya sendiri itu Rp 350 ribu per porsi. 

“Alhamdulillah untuk saat ini kan ini menu baru 5-10 porsi itu ada perhari (terjual). Saat ini baru ada 4 cabang, di Kadudampit, Karamat, Baros, sama dekat GSI Cikembar," pungkasnya.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini