Kumuh Jadi Teras Cipelang, Mampukah Jadi Icon Unggulan Baru di Kota Sukabumi?

Rabu 29 Juni 2022, 15:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu pembangunan infrastruktur yang digulirkan pemerintah untuk warga Kota Sukabumi adalah Teras Cipelang. Menyulap kawasan kumuh di bantaran sungai Cipelang menjadi ruang publik sekaligus destinasi wisata unggulan di Kota Sukabumi

Dimulai sejak Februari 2021, pembangunan Teras Cipelang dengan anggaran Rp 11 Miliar oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Barat saat ini sudah selesai namun masih dalam proses pembenahan. 

"Untuk teras cipelang sudah selesai dibangun tinggal pembenahan. Masih ada pembangunan di sekitaran sungai, kami belum tahu pasti kapan tanggal peresmiannya, dikarenakan itu kewenangan balai,” ujar Hendri Koswara, Kepala Bidang PP pada Dinas PUPR Kota Sukabumi, Rabu 29 Juni 2022.

Redaksi sukabumiupdate.com, coba melihat langsung Teras Cipelang yang berada di pinggir jalan Babakan Garung, Kelurahan Karang Tengah, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi ini. Dengan tulisan besar Teras Cipelang, area ini memang terbuka untuk publik.

photoTeras Cipelang menjadi ruang publik untuk menikmati aliran sungai Cipelang di Kota Sukabumi - (istimewa)</span

Ada lahan parkir kendaraan, dan space-space bertingkat (terasering) yang dibatasi oleh pagar besi warna hitam. Banyak tangga untuk menuruni area ini hingga ke sungai Cipelang yang ada dibawahnya. Ada juga jembatan mungil penghubung ke pemukiman dan kawasan pertanian di seberangnya.

Ada tiga spot unggulan menikmati sungai Cipelang di area ini, sesuai papan petunjuk bagi pengunjung yang sudah terpasang, yaitu area rufting, spot selfie dan jembatan. Walaupun belum diresmikan, Teras Cipelang sudah mulai ramai dikunjungi.

Menikmati sungai Cipelang, dengan berjalan melewati jembatan atau menyusuri tepian sungai, atau sekedar duduk dan beberapa spot foto. “Kesini bareng temen, Disini tempatnya enak buat nongkrong sama jalan. Lebih pasnya pagi atau sore kali ya biar gak kepanasan, terus disini juga banyak tempat buat foto-foto”. ujar Rizky dan Ridwan, remaja Kota Sukabumi yang tengah berkunjung ke Teras Cipelang.

Walaupun sama-sama menggunakan kata teras dan berada di pinggir sungai, jangan bandingkan Teras Cipelang di Kota Sukabumi dengan Teras Cikapundung di Kota Bandung. Spot yang disebut terakhir, tentu lebih wah karena banyak fasilitas bermain dan  bersantai bagi wisatawan.

photoTeras Cipelang menjadi ruang publik untuk menikmati aliran sungai Cipelang di Kota Sukabumi - (istimewa)</span

Pembangunan Teras Cipelang sendiri dilatari dari upaya menyulap kawasan kumuh di Kota Sukabumi menjadi lebih terang dan indah. Setidaknya ini yang diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, saat menerima tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat, pada awal Februari 2021 silam.

Saat itu, tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat mengawali koordinasi koordinasi kegiatan perumahan permukiman kumuh di kawasan Sungai Cipelang  Kota Sukabumi, dengan rencana pembangunan teras Cipelang.

Baca Juga :

Dikutip dari portal resmi Pemkot Sukabumi, dalam sambutannya Achmad Fahmi mengatakan bahwa kawasan Sungai Cipelang memerlukan penataan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, seperti sampah. 

Wali Kota mengharapkan melalui penataan kawasan yang akan dilakukan, Sungai Cipelang akan tertata dan terkelola dengan baik, sehingga bisa menjadi ikon baru Kota Sukabumi

photoTeras Cipelang menjadi ruang publik untuk menikmati aliran sungai Cipelang di Kota Sukabumi - (istimewa)</span

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Barat, Oscar, menjelaskan penataan kawasan Sungai Cipelang sebagai salah satu upaya pengentasan kawasan kumuh. 

Mampukah Teras Cipelang menjadi icon Kota Sukabumi selanjutnya? Setelah new face Lapang Merdeka dan alun-alun serta pedestrian dago dan jalan A Yani. Tentu waktu yang akan menjawabnya.

Reporter: PKL (Sultan-Hari)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life13 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Dosa Orang Tua kepada Anak yang Sering Diabaikan, Salah Satunya Mengumbar Aib

Sejumlah sikap menjadi dosa orang tua kepada anak. Sayangnya, terkadang orang tua sering menyepelekan hal ini selama proses mendidiknya
Ilustasi salah sikpa orang tua kepada anak yang termasuk dosa tidak disadari (Sumber : Pexels.com /@Anuskha)
Food & Travel13 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Langkah Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Lada Hitam untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Rasa air rebusan lada hitam yang pedas dan hangat membuatnya cocok untuk diminum sebagai minuman penyegar di pagi atau sore hari.
Ilustrasi. Lada hitam untuk mengatasi nyeri sendi. (Sumber : Pexels/KarlinaGrabowska)
Life13 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Bahagia dan Kaya

Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan. (Sumber : pexels.com/@rebcenter moscow).
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 09:42 WIB

KPU: Tidak Ada Pendaftar Jalur Perseorangan di Pilkada Kota Sukabumi 2024

KPU Kota Sukabumi telah memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan dalam proses penyusunan dan penyerahan berkas dukungan.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi13 Mei 2024, 09:30 WIB

Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jakarta, Syarat Pelamar Punya Keterampilan Kelistrikan.
Ilustrasi.  Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan (Sumber : Istimewa)
Nasional13 Mei 2024, 09:14 WIB

Data Sementara BNPB: 37 Orang Meninggal Akibat Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Perubahan jumlah korban disebabkan dinamika laporan dari masyarakat.
Kondisi setelah banjir lahar dingin di Sumbar pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. | Foto: BNPB
Sehat13 Mei 2024, 09:00 WIB

Turunkan Gula Darah Secara Alami,  7 Tips Ampuh dengan Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Sebaiknya Anda melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. (Sumber : Freepik/@xb100)
Food & Travel13 Mei 2024, 08:30 WIB

Sendi Sehat, 8 Cara Konsumsi Makanan Purin yang Benar untuk Penderita Asam Urat

Dengan memperhatikan dan mengontrol asupan makanan purin, penderita asam urat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan menjaga kesehatan sendi.
Ilustrasi. Dengan memperhatikan dan mengontrol asupan makanan purin, penderita asam urat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan menjaga kesehatan sendi. (Sumber : Pexels/RyutaroTsukata)
Sukabumi13 Mei 2024, 08:14 WIB

Diduga akan Transaksi Obat Terlarang, Tiga Pemuda Ditangkap di Ciutara Sukabumi

Penangkapan berawal dari beredarnya video di WhatsApp tentang ketiga orang ini.
(Foto Ilustrasi) Polisi mengamankan tiga pemuda karena diduga akan melakukan transaksi obat-obatan terlarang di Kampung Ciutara RT 20/08 Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life13 Mei 2024, 08:00 WIB

Masalah Ekonomi, 5 Cara Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Meskipun ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang sulit untuk meningkatkan kekayaannya dalam kondisi miskin, penting untuk diingat bahwa dengan kerja keras, tekad, dan dukungan yang tepat, masih ada peluang untuk meraih kesuksesan finansial.
Ilustrasi.Masalah Ekonomi, Ketahui Sederet Cara Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/hiteshchoudhary)