Keren, Jampang Luncurkan Film NGANTEURAN: Resep Perempuan Jampang

Jumat 17 Maret 2023, 23:49 WIB
Peluncuran film "Nganteuran: Resep Perempuan Jampang" | Foto : Ist

Peluncuran film "Nganteuran: Resep Perempuan Jampang" | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - "Nganteuran: Resep Perempuan Jampang" merupakan film dokumenter yang diproduksi sebagai salah satu keluaran proyek residensi "Nganteuran (Performative Culinary Arts) dari Tilik Sarira Creative Process yang melibatkan 12 seniman dan peneliti lintas disiplin (Visual, Pertunjukan, Antropologi) dari beberapa daerah di Indonesia.

Mereka telah melakukan penelitian tentang budaya pangan yang diungkap dari proses memasak atau penyajian serta menikmati hasil pangan dan tradisi Nganteuran (mengantarkan makanan) yang memuat proses interaksi dan negosiasi, dijadikan sebagai cara memunculkan data dan pertukaran arsip ketahanan pangan.

Penelitian tersebut berlangsung pada bulan Desember-Februari dengan proses penelitian internal tahap awal dan residensi 12 seniman dan penelitian selama 1 bulan.

Film ini dikerjakan melalui dialog multi perspektif dari latar belakang media yang berbeda dan dibangun dengan cara mendokumentasikan temuan setiap kelompok seniman yang bekerja dengan para perempuan khususnya di empat lokasi yang berbeda, yaitu Gunung Patat, Goa Baduy (Legok Picung), Sungai Cibeureum, dan Pantai Minajaya.

Dengan watak dan potensi medianya, film dokumenter "Nganteuran: Resep Perempuan Jampang" merupakan upaya diseminasi pengetahuan dari hubungan di dalam dan di luar praktik pangan warga, khususnya peran para perempuan di dalam lanskap sejarah lingkungan dan biodiversitas Jampang Kulon.

Nganteuran (dalam bahasa sunda) yang berarti 'mengantarkan', juga dipakai sebagai cara mengungkap pengetahuan dalam proses timbal balik antara perempuan dan lingkungan hidupnya. Seperti melihat bagaimana pentingnya peran air yang bisa dilihat dari masyarakat di bantaran Sungai Cibeureum, siklus pertukaran laut dan darat yang terjadi di Pantai Minajaya, pengetahuan dan pergeseran fungsi lahan
huma pada masyarakat Gunung Patat, juga mitos-mitos dan laku masyarakat yang membentuk wisata edukasi di Goa Baduy (Legok Picung).

Agenda peluncuran film ini diselenggarakan dalam rangkaian seremoni penutupan produksi karya penciptaan NGANTEURAN (Performative Culinary Art).

Dalam seremoni penutupan yang berjudul “Helaran Nganteuran” menyuguhkan ruang interaksi budaya dalam beberapa sesi, yaitu:

(1) Pasar Barter, yaitu pasar kreatif makanan tradisional dari resep dari Sungai Cibeureum dengan pembelian memakai sistem barter (pertukaran) bahan pangan/makanan;

(2) Musium Goah yang berisi instalasi alat dapur dan teknologi pangan dari empat wilayah penelitian;

(3) Riungan Tutunggulan yaitu rampak tumbuk padi dari 50 perempuan;

(4) diskusi karya bersama Irman Firmansyah (Penulis Buku Soekabumi: The Untold Story);

(5) serta pertunjukan dari pegiat seni lokal yaitu Kampung Gondang, Mes Art Company, Karinding Awi Buhun dan Jamsu Hip-Hop Sunda.

Dalam press rilis yang diterima sukabumiupdate.com, peluncuran dan penayangan perdana Film Nganteuran akan digelar pada Sabtu 18 Maret 2023 di Alun-alun Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Juni 2024, 09:00 WIB

Rasakan Sendiri Manfaatnya, 5 Makanan yang Membantu Mencegah Asam Lambung Naik

Asam Lambung naik dapat dicegah dengan makanan-makanan yang tepat.
Ilustrasi Brokoli - Asam Lambung naik dapat dicegah dengan makanan-makanan yang tepat. | Sumber: Youtube Devina Hermawan
Food & Travel23 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Pilihan Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat

Berikut sederet pilihan minuman ideal bagi penderita asam urat, antara lain perbanyak minum air putih, kopi, susu rendah lemak, wine, dan teh hijau.
Air Lemon. Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat | Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company
Food & Travel23 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak!

Inilah Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Coba Pakai Daging Paha Fillet Agar Rasanya Lebih Enak!
Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juni 2024, Sukabumi Cerah Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 29 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 23 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi22 Juni 2024, 22:37 WIB

Menteri LHK Bicara Soal Potensi Olahraga Trail Running di Cidahu Sukabumi

Menteri meminta Dirjen bersama para trail runner mengeksplorasi kawasan TNGHS.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di acara Elang Jawa Trail Run di kawasan TNGHS, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi22 Juni 2024, 22:08 WIB

Terkubur! Penemuan Mayat Bayi Berhanduk Merah di Cidahu Sukabumi

Mayat bayi dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta untuk diautopsi.
Mayat bayi yang ditemukan di tempat wisata Curug Dua Undak, tepatnya di Kampung Ciherang RT 04/02 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Bola22 Juni 2024, 21:44 WIB

Tim Sepak Bola U-14 Kabupaten Sukabumi Raih Kemenangan Pertama di Kejurda

Kemenangan ini adalah modal dan semangat untuk pertandingan berikutnya.
Tim sepak bola U-14 Kabupaten Sukabumi di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya pada Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Juni 2024, 21:17 WIB

Semarakkan Idul Adha 1445 H, Srikandi PLN Sukabumi Tebar Berkah Daging Kurban

Kegiatan tebar berkah daging ini merupakan wujud nyata kepedulian PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi dan Srikandi PLN Sukabumi.
Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi menebar berkah daging kurban kepada masyarakat. | Foto: PLN
Film22 Juni 2024, 21:00 WIB

Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance

Drama korea bisa menjadi tontonan yang diminati banyak kalangan karena memiliki cerita menarik serta genre berbeda, sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang. Salah satu genre paling disukai adalah kehidupan anak SMA.
Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi22 Juni 2024, 20:00 WIB

Tak Cukup Bukti Akibat Imunisasi, Penyebab Kematian Bayi di Sukabumi Masih Dikaji

Wita membantah bidan atau dokter yang melakukan imunisasi masih masa training.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti (kerudung biru) ketika mengikuti Zoom meeting dengan Komnas KIPI di Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 20 Juni 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi