TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Dibintangi Artis Asal Sukabumi, Ridwan Kamil Apresiasi Film Before, Now and Then

Film Before, Now and Then dibintangi oleh Artis asal Sukabumi, Happy Salma yang berperan sebagai Nana

Penulis
Rabu 19 Okt 2022, 19:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi penayangan film Before, Now and Then (Nana) dengan menggunakan dialektika Bahasa Sunda. Film ini juga dibintangi oleh Artis asal Sukabumi, Happy Salma yang berperan sebagai Nana, dimana Nana sendiri menjadi karakter utama dalam film ini.

Dilansir dari Suara.com, film ini berkompetisi dengan film lainnya di Festival Film Internasional Berlin ke-72 pada Februari 2022. Film ini juga berhasil menyabet berbagai penghargaan dan diapresiasi oleh 17 negara dengan 50 tempat yang berbeda. 

"Hari ini, kita menyaksikan dan merayakan sebuah peristiwa bersejarah. Disebut bersejarah, karena film di era hari ini berbahasa daerah, khususnya berbahasa Sunda yang hasilnya luar biasa," kata Gubernur, usai menonton film Before, Now and Then (Nana) di XXI Cihampelas Walk, Jabar, Selasa (18/10/2022). 

Penggunaan bahasa daerah (Sunda), menurut Gubernur, menjadi suatu gebrakan nyata dalam melestarikan kembali kebudayaan daerah.  

"Di tengah gempuran makin melemahnya penggunaan bahasa ibu, kita punya medium berupa film yang membangkitkan lagi semangat kebudayaan, bahwa kita ini memang kaya dengan nilai-nilai identitas," ujarnya. 

Gubernur pun mengaku terharu ketika menonton film yang berlatarkan Indonesia di era 60-an, pasca kemerdekaan. Alunan musiknya dan gestur dari para pemerannya membuat emosi penonton ikut terbawa ke dalam suasana film. 

"Secara sinematografi sebagai "moviegowers" , saya juga sangat terharu. Sinematografinya, musiknya keren banget, saya apresiasi. Sehingga tanpa bicara pun saya perhatikan emosinya mengalir karena faktor kualitas dari musikalnya juga luar biasa," paparnya.

Pemda Provinsi Jabar pun mendukung penuh pembuatan produksi film tersebut dari awal. Hal itu sebagai komitmen nyata pemerintah dalam memajukan industri film Indonesia di kancah internasional. 

"Film ini didukung dari awal oleh Pemda Provinsi Jabar. Kita support berbagai fasilitas karena memang saya sangat ingin tanah Jawa Barat dijadikan lokasi-lokasi syuting. Mau konteks zaman dulu, bangunan heritage juga banyak di Bandung. Alamnya indah, semua ada, termasuk kampung yang masih karuhun di Ciptagelar," ungkap Gubernur.



Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x