Mengenal Ki Lengser, Sosok Menghibur pada Acara Pernikahan di Sukabumi

Minggu 10 Maret 2019, 09:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika menghadiri acara pernikahan masyarakat Jawa Barat, seperti di Sukabumi pasti tidak asing lagi dengan sosok yang satu ini, dialah Ki Lengser. Sosok yang tak terpisahkan dengan kesenian Sunda.

Ki Lengser, seseorang yang digambarkan sudah sepuh, berbadan bungkuk, menggunakan baju kampret, celana pangsi, dan iket kepala.

Ki Lengser sejatinya tak hanya tampil di acara pernikahan saja, tapi acara lain seperti perpisahan siswa atau pada acara penyambutan pejabat. Apapun kegiatannya, Ki Lengser merupakan sosok yang lucu mengundang gelak tawa. Namun Ki Lengser ini merupakan sosok yang banyak memberi nasihat tentang kehidupan.

BACA JUGA: Om Bob Nahkodai Dewan Kesenian Kota Sukabumi

Minggu (10/3/2019) pagi, sebuah acara nikahan digelar warga Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Sebelum acara repsesi dimulai, Ki Lengser lah yang pertama menemui pengantin Pria. Dia berlenggak-lenggok sambil menyampaikan nasihat-nasihatnya menjemput sang pengantin pria hingga ke pelaminan bertemu pengantin wanita. Tugas Ki Lengser pun selesai.

Kang Atar (42 Tahun), adalah seorang Ki Lengser dalam acara pernikahan tersebut. Dia berasal dari Sanggar Seni Sagara, Lembursitu, Kota Sukabumi. Dia seakan sudah menyatu dengan sosok Ki Lengser karena sudah 10 tahun lebih memerankan Ki Lengser.

Atar mengaku tampil seminggu dua kali menjadi Ki Lengser. Apabila tak ada Job, Atar kembali ke pekerjaanya jual beli sepeda motor bekas.

"Kalau tidak ada job kesaharian saya jual beli sepeda motor bekas," kata Pria yang memiliki nama panggilan Ki Satar Sagara.

Menurutnya, untuk menjadi Ki Lengser tidak terlalu membutuhkan teknik khusus, hanya harus mengusai tarian sunda seperti jaipong atau kembang pencak silat. Lalu butuh penjiwaan serta penguasaan tutur bahasa sunda agar tidak keluar dari etika.

Lengser yang dibawakannya sambung Atar, adalah lengser pangebonan dan cawokah bukan lengser kraton. Maka dari itu ketika pentas lebih ke menghibur dari mulai tarian bahasa hingga gaya dan pakaiannya.

BACA JUGA: Kesenian Boles Sukabumi Siap Sambut Api Asian Games di Jakarta

"Saya menjadi Ki Lengser hanya betniat ingin melestarikan kesenian budaya sunda warisan leluhur yang saat ini bisa dibilang sudah hampir punah dan kalah dengan perkembangan zaman," bebernya.

Iis (35 tahun), ibu dari pengantin wanita menuturkan, kehadiran Ki Lengser bukan hal yang wajib pada acara nikahan. Namun, masyarakat Jawa Barat termasuk Sukabumi sudah lekat dengan kesenian tersebut.

"Bukan wajib sih, tapi sudah kebiasaan saja jika diacara pernikahaan selalu mengadakan lengser. Selain melestarikan budaya juga sebagai hiburan," ujar Iis.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)