Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi

Kamis 24 Agustus 2023, 10:01 WIB
Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Risa Damayanti, seorang guru PNS asal Sukabumi yang kini sedang viral di media sosial dengan sebutan "Dirigen Powerfull Caringin".

Hal itu bermula dari postingan akun TikTok/@hamdan_fyp yang memperlihatkan ibu Risa begitu bersemangat saat menjadi dirigen di acara kemerdekaan RI, Kamis, 17 Agustus 2023 lalu.

Penasaran siapa Risa Damayanti, sosok "Dirigen Powerfull Caringin" yang viral di media sosial? Simak profilnya berikut ini!

Profil Risa Damayanti, Sosok Dirigen Powerfull Caringin Asal Sukabumi

Ibu Risa Damayanti, Ibu guru yang jadi Ibu Risa Damayanti, Ibu guru yang jadi "Dirigen Powefull Caringin" Sukabumi | Foto : tangkapan layar dari video @hamdan_fyp

Risa Damayanti, S. Pd lahir di Sukabumi pada 7 Juli 1984. Artinya, saat ini perempuan yang akrab disapa ibu ica itu berusia 39 tahun.

Baca Juga: Penjiwaan Ibu Ica "Dirigen Powerfull Caringin" Sukabumi Sukses Pukau Netizen

Risa merupakan seorang guru PNS di SDN 3 Cisande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Ia mengatakan bahwa menjadi tenaga pendidik merupakan cita-citanya sejak kecil.

"Ingin mengamalkan ilmu berperan penting bagi masa depan org lain", kata Risa kepada sukabumiupdate.com saat dihubungi via daring, Rabu (23/8/2023).

Pendidikan Risa Damayanti

Risa Damayanti merupakan warga asli Kampung Babakan Sirna RT.06 RW.02 Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Alumni SDN 5 Caringin itu menempuh pendidikan di SMP Muhammadiyah 2 Cisaat dan melanjutkan jenjang SMA di SMUN 2 Sukabumi (sekarang SMAN 2).

Untuk jenjang perguruan tinggi, Dirigen Powerfull Caringin asal Sukabumi itu menempuh pendidikan Diploma 2 (DII) di STAI Sukabumi. Kemudian, melanjutkan pendidikan Strata 1 (S1) di STKIP PGRI Sukabumi.

Karir Guru Risa Damayanti

Perjalanan karir Risa Damayanti dimulai pada tahun 2004 sebagai guru honorer di SDN Caringin 5. Ia kemudian mengikuti CPNS di tahun 2008 dan menjadi PNS tahun 2010. Kini, anak dari pasangan Ibu Nining dan Bapak Dudih itu resmi berstatus sebagai PNS di SDN 3 Cisande, Kabupaten Sukabumi sejak dimutasi pada bulan Agustus 2018 lalu.

Sementara, ketika ditanya soal video Dirigen Powerfull Caringin yang viral, ibu Risa mengaku tidak menyangka. Karena pada dasarnya ia hanya menjalankan tugas sebagai dirigen dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

"Ibu terharu, sedih campur bangga. Artinya ibu bisa mengharumkan nama baik Kecamatan Caringin dan juga warga Caringin khususnya, dan seluruh Indonesia umumnya. Ucapan terimakasih juga dari ibu kepada akun yang sudah memviralkan ibu" kata Ibu Risa.

Baca Juga: AIUEO, Anak Kembar Lima Asal Cirebon yang Viral di Media Sosial

Penghayatan yang dilakukan dalam video viral, kata ibu Risa, sebenarnya semata-mata karena perannya sebagai dirigen.

"Dikarenakan seorang dirigen itu orang penting. Istilahnya leader, agar tim nya lebih fokus dan ibu sebagai dirigen pun harus masuk ke dalam lagu tersebut agar tercipta suasana yang penuh dengan penghayatan" tuturnya.

Bukan asal menjadi dirigen, faktanya Risa Damayanti yang viral di media sosial itu merupakan dirigen PGRI sejak tahun 2008 sekaligus pemimpin tim padus PGRI hingga sekarang.

Melihat perjalanan panjang Risa Damayanti, guru SDN 3 Cisande Sukabumi yang viral di media sosial, secara tidak langsung memberi sebuah pesan bermakna. Hasil yang ia peroleh saat ini bukan berlandaskan viral saja, melainkan berbasis pengalaman yang telah ia bangun sejak dulu.

"Bismillah totalitas dengan ikhlas, apapun itu pekerjaannya, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetap semangat pasti bisa, yakin Allah SWT pasti meridhoi. Aamiin yaRabb" pungkasnya.

Baca Juga: Apa Kata Lilly Wenda, Paskibraka Nasional 2023 Asal Papua yang Viral Sepatu Copot

Diketahui, dari pantauan sukabumiupdate.com di akun TikTok @hamdan_fyp pada 22 Agustus 2023, Ibu Risa Damayanti bersama paduan suaranya membawakan lagu Garuda Pancasila dan Syukur. Dalam video 02 menit 43 detik itu ibu Risa Damayanti tampil energik saat menjadi dirigen dalam upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 lalu.

Hingga artikel ini ditayangkan, apresiasi positif dari netizen terus menyerbu kolom komentar video Ibu Risa di TikTok. Tak sedikit yang mengaku merinding atas penjiwaan dan semangat Ibu Risa Damayanti saat menjadi dirigen tersebut.

Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi, Tubagus Wahid Ansor menyebut bahwa Ibu Ica (panggilan Risa Damayanti) merupakan salah satu guru bertalenta dan tergabung dalam paduan suara PGRI Kecamatan Caringin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)