Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi

Kamis 24 Agustus 2023, 10:01 WIB
Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Profil Risa Damayanti, Dirigen Powerfull Caringin Viral Asal Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Risa Damayanti, seorang guru PNS asal Sukabumi yang kini sedang viral di media sosial dengan sebutan "Dirigen Powerfull Caringin".

Hal itu bermula dari postingan akun TikTok/@hamdan_fyp yang memperlihatkan ibu Risa begitu bersemangat saat menjadi dirigen di acara kemerdekaan RI, Kamis, 17 Agustus 2023 lalu.

Penasaran siapa Risa Damayanti, sosok "Dirigen Powerfull Caringin" yang viral di media sosial? Simak profilnya berikut ini!

Profil Risa Damayanti, Sosok Dirigen Powerfull Caringin Asal Sukabumi

Ibu Risa Damayanti, Ibu guru yang jadi Ibu Risa Damayanti, Ibu guru yang jadi "Dirigen Powefull Caringin" Sukabumi | Foto : tangkapan layar dari video @hamdan_fyp

Risa Damayanti, S. Pd lahir di Sukabumi pada 7 Juli 1984. Artinya, saat ini perempuan yang akrab disapa ibu ica itu berusia 39 tahun.

Baca Juga: Penjiwaan Ibu Ica "Dirigen Powerfull Caringin" Sukabumi Sukses Pukau Netizen

Risa merupakan seorang guru PNS di SDN 3 Cisande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Ia mengatakan bahwa menjadi tenaga pendidik merupakan cita-citanya sejak kecil.

"Ingin mengamalkan ilmu berperan penting bagi masa depan org lain", kata Risa kepada sukabumiupdate.com saat dihubungi via daring, Rabu (23/8/2023).

Pendidikan Risa Damayanti

Risa Damayanti merupakan warga asli Kampung Babakan Sirna RT.06 RW.02 Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Alumni SDN 5 Caringin itu menempuh pendidikan di SMP Muhammadiyah 2 Cisaat dan melanjutkan jenjang SMA di SMUN 2 Sukabumi (sekarang SMAN 2).

Untuk jenjang perguruan tinggi, Dirigen Powerfull Caringin asal Sukabumi itu menempuh pendidikan Diploma 2 (DII) di STAI Sukabumi. Kemudian, melanjutkan pendidikan Strata 1 (S1) di STKIP PGRI Sukabumi.

Karir Guru Risa Damayanti

Perjalanan karir Risa Damayanti dimulai pada tahun 2004 sebagai guru honorer di SDN Caringin 5. Ia kemudian mengikuti CPNS di tahun 2008 dan menjadi PNS tahun 2010. Kini, anak dari pasangan Ibu Nining dan Bapak Dudih itu resmi berstatus sebagai PNS di SDN 3 Cisande, Kabupaten Sukabumi sejak dimutasi pada bulan Agustus 2018 lalu.

Sementara, ketika ditanya soal video Dirigen Powerfull Caringin yang viral, ibu Risa mengaku tidak menyangka. Karena pada dasarnya ia hanya menjalankan tugas sebagai dirigen dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

"Ibu terharu, sedih campur bangga. Artinya ibu bisa mengharumkan nama baik Kecamatan Caringin dan juga warga Caringin khususnya, dan seluruh Indonesia umumnya. Ucapan terimakasih juga dari ibu kepada akun yang sudah memviralkan ibu" kata Ibu Risa.

Baca Juga: AIUEO, Anak Kembar Lima Asal Cirebon yang Viral di Media Sosial

Penghayatan yang dilakukan dalam video viral, kata ibu Risa, sebenarnya semata-mata karena perannya sebagai dirigen.

"Dikarenakan seorang dirigen itu orang penting. Istilahnya leader, agar tim nya lebih fokus dan ibu sebagai dirigen pun harus masuk ke dalam lagu tersebut agar tercipta suasana yang penuh dengan penghayatan" tuturnya.

Bukan asal menjadi dirigen, faktanya Risa Damayanti yang viral di media sosial itu merupakan dirigen PGRI sejak tahun 2008 sekaligus pemimpin tim padus PGRI hingga sekarang.

Melihat perjalanan panjang Risa Damayanti, guru SDN 3 Cisande Sukabumi yang viral di media sosial, secara tidak langsung memberi sebuah pesan bermakna. Hasil yang ia peroleh saat ini bukan berlandaskan viral saja, melainkan berbasis pengalaman yang telah ia bangun sejak dulu.

"Bismillah totalitas dengan ikhlas, apapun itu pekerjaannya, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetap semangat pasti bisa, yakin Allah SWT pasti meridhoi. Aamiin yaRabb" pungkasnya.

Baca Juga: Apa Kata Lilly Wenda, Paskibraka Nasional 2023 Asal Papua yang Viral Sepatu Copot

Diketahui, dari pantauan sukabumiupdate.com di akun TikTok @hamdan_fyp pada 22 Agustus 2023, Ibu Risa Damayanti bersama paduan suaranya membawakan lagu Garuda Pancasila dan Syukur. Dalam video 02 menit 43 detik itu ibu Risa Damayanti tampil energik saat menjadi dirigen dalam upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 lalu.

Hingga artikel ini ditayangkan, apresiasi positif dari netizen terus menyerbu kolom komentar video Ibu Risa di TikTok. Tak sedikit yang mengaku merinding atas penjiwaan dan semangat Ibu Risa Damayanti saat menjadi dirigen tersebut.

Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi, Tubagus Wahid Ansor menyebut bahwa Ibu Ica (panggilan Risa Damayanti) merupakan salah satu guru bertalenta dan tergabung dalam paduan suara PGRI Kecamatan Caringin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden
Sukabumi20 Februari 2024, 21:50 WIB

Minta Kasus Tak Diperbesar, Perajin Siap Ganti Gula Merah Berisi Batu Bata di Sukabumi

Kasus ditemukannya gula kelapa merah yang berisi bongkahan batu bata merah di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, sudah diselesaikan secara kekeluargaan.
Temuan gula merah berisi batu bata di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ist