Kitsune Mask Aksesoris Unik dari Jepang

Kamis 31 Maret 2022, 09:56 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kitsune mask merupakan suatu aksesoris yang sangat populer di Jepang. Pemakaianya bisa dilihat dalam berbagai festival kebudayaan dan bahkan Kitsune ini sudah merambah ke dalam media-media lainnya.

Seperti bisa kita lihat dalam karakter di anime kimetsu no yaiba atau pada kostum personil band babymetal.

Baik dalam tradisi, pakaian, makanan hingga aksesori dari negeri sakura ini selalu memiliki banyak makna yang terkandung di dalamnya. Termasuk makna yang terkandung pada simbolisme kitsune ini, mulai dari kisah dan kepercayaan dalam kebudayaan Jepang yang membuatnya menjadi populer.

Sejarah dan Mitos KitsunephotoKitsune Mask - (Pinterest)

Kitsune adalah sebutan rubah dalam Bahasa Jepang. Rubah merupakan salah satu hewan yang dipercaya sebagai utusan dari Dewa.

Kitsune termasuk subjek yang umum bagi mitos dan cerita rakyat Jepang. Menurut cerita mitos Yakai, hewan rubah dianggap mampu mengambil bentuk manusia. Mereka dapat berubah wujudnya menjadi manusia dan dapat kembali menjadi bentuk rubah. Hal ini juga digunakan mereka untuk menipu manusia.

Konon, diceritakan pula mereka suka merayu manusia, hingga ada beberapa mitos di Jepang, pria maupun wanita muda tanpa disadari telah menikahi seekor rubah.

Perkawinan rubah dianggap sebagai pertanda yang baik. Kisah pernikahan kitsune ini diciptakan kembali di berbagai festival setiap tahunnya di seluruh Jepang. Kitsune merupakan gambaran makhluk yang cerdas dan mempunyai kemampuan magis. Kekuatan magis mereka akan meningkat seiring dengan bertambah usia dan pengalamannya.

Sosok kitsune yang sangat kuat di dalam sejarah serta mitos di Jepang. Kitsune ini sampai memiliki tradisi sebuah pernikahan rubah yang disebut “kitsune no Yomeiri”. Di dalam tradisi ini, biasanya wanita akan berpakaian pengantin dan muka si wanita ini di rias seperti rubah atau mereka menggunakan topeng rubah.

Dalam kisahnya, jika ada rubah dan manusia tinggal berdekatan pada zaman Jepang kuno dan mereka bersahabat.  Persahabatan ini kemudian yang memunculkan tentang legenda makhluk-makhluk itu,

Kitsune juga dipercaya memiliki hubungan sangat dekat dengan Inari, salah satu dewa Shinto dan kitsune melayani sebagai utusannya.

Kekuatan rubah ini juga bisa dilihat dari jumlah ekor mereka, semakin banyak maka semakin kuat. Namun, maksimal ekor yang mereka miliki adalah Sembilan ekor. Salah satu kisah ini muncul juga dalam anime Naruto.

Baca Juga :

Kitsune dipercaya juga memiliki kecerdasan yang lumayan hebat, memiliki kekuatan sihir serta umur mereka yang panjang.

Sebagai salah satu sejenis yakai atau makhluk halus, kitsune merupakan “arwah rubah” akan tetapi bukan hantu. Bentuk fisik kitsune juga tidak berbeda dengan rubah biasanya. Sehingga, rubah yang memiliki panjang umur juga dapat dipercaya mereka memiliki kemampuan supranatural.

Kitsune ini digolongkan menjadi dua kelompok besar. Yaitu; pertama kelompok zenko, merupakan rubah baik yang memiliki sifat kedewaan, sering disebut juga sebagai rubah Inari.

Kedua, kelompok rubah padang rumput atau yako. Mereka lah yang dikenal suka mempermainkan manusia. Golongan yako memiliki sifat jahat.

Tradisi yang terdapat di berbagai daerah di Jepang, mereka juga masih mengelompokkan kitsune lebih banyak lagi. Salah satunya arwah rubah yang tidak kasat mata, disebut ninko. Arwah ini hanya dapat dilihat oleh manusia yang sedang kerasukan ninko.

Tradisi-tradisi yang lainnya, mengelompokkan kitsune ini salah satu dari 13 jenis kitsune yang dibedakan berdasarkan kemampuan supranatural yang mereka miliki.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer