10 Brand Fashion dari Palestina, Yuk Intip Apa Saja?

Rabu 08 November 2023, 16:30 WIB
Inilah sederet brand fashion dari Palestina yang menyuarakan perjuangan melalui dunia fashion (Sumber : Instagram/@paliroots)

Inilah sederet brand fashion dari Palestina yang menyuarakan perjuangan melalui dunia fashion (Sumber : Instagram/@paliroots)

SUKABUMIUPDATE.com - Palestina saat ini tengah menjadi perhatian Dunia setelah apa yang dilakukan Israel terhadap negara tersebut.

Bahkan, akhir-akhir ini konflik antara Israel dan Palestina memicu adanya boikot terhadap sejumlah brand, terutama yang berasal dari Amerika Serikat. Pemicunya lantaran Amerika sendiri memang terang-terangan membela Israel.

Namun, di sisi lain di tengah maraknya aksi boikot tersebut, ada pula sejumlah brand fashion yang pro Palestina. Bahkan merupakan produk lokal yang dibuat oleh keturunan Palestina.

Baca Juga: 5 Tips Fashion Item Kondangan untuk Wanita, Gak Selalu Batik Ya!

Melansir dari Suara.com, beberapa brand tersebut ada pula yang sengaja berjualan sebagai cara mencari donasi untuk membantu masyarakat Palestina di jalur Gaza.

Sayangnya, kebanyakan brand fashion itu tidak ada toko offline di Indonesia dan hanya bisa dibeli secara online. Dikutip American Muslim Womem Magazine, berikut 10 brand fashion buatan Palestina.

1. Paliroots

PalirootsPaliroots

PaliRoots bukan hanya sekadar brand, tapi juga sebuah gerakan. Mereka menjual mulai dari kufiya dan pakaian dengan motif dan simbol Palestina, ada pula sabun tradisional Nablus, stiker, perhiasan, dan lainnya. PaliRoots membuat produk yang terinspirasi oleh budaya, identitas, dan masyarakat Palestina.

Mereka juga memiliki dua program amal, yaitu Program Makanan PaliRoots dan Proyek Pendanaan PaliRoots. Setelah pesanan pertama, makanan akan disumbangkan untuk setiap 25 dolar yang dibelanjakan.

Baca Juga: Tembus Rp 300 Juta, Artis Asal Sukabumi Omesh Lelang Motor untuk Palestina

2. KUVRD

KUVRD merupakan merek jalanan Arab milik Palestina. Produk mereka berupa pakaian luaran yang dibuat dengan potongan modis. Mereka juga memiliki program distribusi makanan yang disebut Karam oleh KUVRD yang bekerja sama dengan Human Concern International.

Mereka mendonasikan makanan untuk setiap 10 dolar yang dibelanjakan pada setiap pembelian kepada keluarga yang membutuhkan. Untuk inisiatif mereka saat ini, mereka mendistribusikan makanan ke kamp-kamp pengungsi di Gaza.

3. PurePali

PurePali termasuk merek streetwear yang berbasis di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Produknya menampilkan identitas dan solidaritas Palestina melalui desain modern.

Sebagian keuntungan PurePali disumbangkan ke PCRF untuk bantu memberikan perawatan medis kepada anak-anak di Palestina dan Timur Tengah.

Baca Juga: 7 Artis yang Dukung Palestina, Ada dari Sukabumi!

4. PaliDrip

PalidripPalidrip

PaliDrip sebenarnya brand pakaian yang dibuat oleh keluarga Palestina sebagai cara untuk membawa keindahan wastra Palestina ke negara-negara lain. Koleksi mereka berupa kaos, topi, vase HP, juga aksesoris lainnya dengan desain trendi. Setiap pembelian produknya akan dijadikan sumbangn makanan kepada masyarakat Palestina.

5. Deerah

Brand ini menjual baju dengan potongan kimono warna-warni yang cocok dipadukan dengan celana denim. Juga ada jaket jubah atau thobe tradisional untuk dikenakan pada acara spesial. Deerah menawarkan berbagai macam tatreez buatan tangan yang tak lekang oleh waktu serta produk bordir.

6. Nol Collective

Nol Collective merupakan merek fesyen politik feminis yang mencakup dan mencerminkan budaya, praktik etika, serta keadilan sosial Palestina. Produk mereka diproduksi oleh koperasi perempuan dan usaha kecil yang dikelola keluarga di Gaza dan Tepi Barat. Mereka menyediakan pakaian sehari-hari dengan warna-warma soft.

Baca Juga: Ons Jabeur, Atlet Tunisia Beri Hadiah Tenis WTA untuk Palestina

7. Meera Adnan

Beroperasi dari Kota Gaza, desainer Palestina Meera Adnan buat produk pakaian unisex dan kontemporer. Dia mengaku kalau karyanya mengambil referensi agama dan politik di wilayah tersebut yang membentuk “monolog visual romantis dan nostalgia dari Kota yang Dikepung".

8. Sunbula

SunbulaSunbula

Bermula dari toko kerajinan sederhana kemudian berubah menjadi organisasi perdagangan yang mendukung perempuan dan komunitas marginal di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan komunitas Palestina di Yerusalem.

Brand Sunbula ini bekerja sama dengan 25 organisasi yang membantu pengrajin mengembangkan kerajinan tradisional seperti sablon, kerajinan kulit, pembuatan perhiasan, kain kempa wol, sulaman Palestina, tenun Badui dan Majdawali, ukiran kayu zaitun, sabun minyak zaitun, keranjang, dan keramik.

Baca Juga: 5 Inspirasi Gaya Fashion Minimalis yang Simple Tapi Terlihat Keren

9. el Bustan

Produk el Bustan menampilkan kekayaan budaya dan warisan Palestina yang mengakar melalui produk modern serta buatan tangan yang dibuat oleh pengrajin tradisional, pengusaha, koperasi wanita, seniman dan desainer, serta pabrik di Palestina. Merek ini melestarikan warisan Palestina sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

10. Falastini Brand

Mulai dari thobes, mukena, dan hoodies hingga perhiasan, dompet, hiasan dinding, dan dekorasi rumah, Falastini Brand berbagi desain berkualitas tinggi dari produk-produk pengaruh
Palestina yang mengusung warisannya dengan sentuhan modern.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)