Mengenal Anwar Sadad, Santri Politisi dari Pajampangan Sukabumi

Rabu 09 Agustus 2023, 00:06 WIB
Anwar Sadad, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (F-PKB) | Foto : SU

Anwar Sadad, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (F-PKB) | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Lahir dan besar dalam lingkup serta pergaulan pondok pesantren menjadikan dirinya dikenal sebagai refresentasi kaum sarungan yang berhasil lolos di parlemen Sukabumi, dia adalah Anwar Sadad.

Anwar Sadad, S.Pd.I merupakan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB). Pria yang lahir di tanah suci Mekah saat kedua orang tuanya beribadah haji itu terpilih mewakili masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Sukabumi.

Alumni Ponpes Yaspida Kadudampit Sukabumi itu debut politiknya dimulai tahun 2008, dimana saat itu ia didorong oleh keluarga untuk mempersiapkan diri menjadi calon anggota legislatif pada Pemilu 2009. 

Baca Juga: Pansus III DPRD Sukabumi Ekspose Naskah Akademik Raperda PDRD

Pada percobaan kontestasinya di Pemilu 2009, ia tidak langsung terpilih. Baru kemudian pada Pemilu 2014 ia berhasil lolos menuju kursi parlemen di Jajaway Palabuhanratu. 

Alumni Ponpes Annidzom Salabintana itu kini sudah menjabat periode kedua di DPRD Kabupaten Sukabumi setelah kembali berhasil memenangkan dukungan masyarakat pada Pemilu 2019. 

Sebagai santri yang jadi politisi, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi itu menilai santri dan pesantren di Kabupaten Sukabumi harusnya dijadikan salah satu orientasi dalam kerangka menumbuhkan pembangunan daerah yang lebih maju.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Bersiap Hadapi Penilaian Pelayanan Publik oleh Ombudsman

"Sama halnya ketika pemerintah berpikir tentang pengembangan pariwisata untuk mendatangkan pengunjung, dan dari pengunjung itu muncul dampak pertumbuhan ekonomi. Maka membangun pondok pesantren juga sama, karena kemudian akan datang ribuan santri, dan tentunya secara tidak langsung akan mendongkrak perputaran uang disekitar pondok pesantren tersebut," jelas alumni STAI Sukabumi itu, seperti dikutip sukabumiupdate.com dari Podcast Catatan Wakil Rakyat, Selasa (8/8/2023). 

Selanjutnya, Ia berharap dengan sudah ditetapkan Undang-undang tentang Pondok Pesantren beserta segenap aturan yang menjadi turunannya bisa menjadikan pemerintah lebih memperioritaskan pembangunan pesantren kedepannya. 

Dukungan Keluarga

Anwar Sadad selalu teringat akan pesan gurunya di pondok pesantren tentang kesederhanaan dan akhlak dalam pergaulan. Nabi Ibrahim AS menurutnya menjadi salah satu figur yang harus ditauladani dalam pergaulan. 

Baca Juga: Heboh! Ditanya Bupati Banyumas yang Asal PDIP, Mahasiswa Kompak Sebut Anies Baswedan

"Nabi Ibrahim tidak pernah membedakan siapapun  dari ummatnya untuk diajak makan bersama, bahkan jikapun ada perbedaan akidah tetap pergaulan sehari-hari harus baik. Hal itu dilakukan Nabi Ibrahim karena suatu waktu dirinya pernah ditegur oleh Allah SWT karena terbersit dalam benak Nabi Ibrahim untuk mengabaikan tamunya yang beragama Majusi," tutur ayah dua anak itu.    

Nah, terkait dukungan keluarga, kata Sadad awalnya memang ada kekagetan, karena menganggap ada prioritas lain selain keluarga. Namun kemudian hal itu tidak berlangsung lama, dan sekarang sudah beradaftasi dengan dunia politik dan kemasyarakatan.   

Figur Idola

Santri dan politik, kata Anwar Sadad, merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Para santri dipesantren justru tidak asing dengan literatur-literatur politik dalam kitab kuning karya para ulama.

Baca Juga: Hasil Penelitian Terbaru: BPA Berpotensi Memicu Kanker Prostat pada Kaum Pria

"Bagaimana mereka para santri sudah akrab dengan kitab yang mengurai tentang politik, Finasihatil Muluk karya Imam Ghazali misalnya," tandas pengagum Gusdur itu.    

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota