Benar, Mahfud MD di Debat Pilpres 2024: Guru Honorer Diteror Pinjol Rp200 Jutaan

Senin 25 Desember 2023, 21:30 WIB
Benar, Mahfud MD di Debat Pilpres 2024: Guru Honorer Tak Kuat Diteror Pinjol (Sumber : Instagram/@mohmahfudmd)

Benar, Mahfud MD di Debat Pilpres 2024: Guru Honorer Tak Kuat Diteror Pinjol (Sumber : Instagram/@mohmahfudmd)

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksanaan Debat Pilpres sesi Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 mengundang respon yang beragam.

Hal itu berkaitan dengan klaim para cawapres saat Debat Pilpres 2024 berlangsung, Jumat (22/12/2023) kemarin. Mulai dari Gus Muhaimin atau Cak Imin(cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2) hingga Mahfud MD (cawapres nomor urut 3).

Diketahui, merujuk laman Koalisi Cek Fakta, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan bahwa kasus pinjaman online atau pinjol sangat merajalela dan meresahkan masyarakat.

Baca Juga: Cerita Bom Natal di Sukabumi, Mengingat Aksi Teror Kota Mochi 23 Tahun Lalu

Cawapres Ganjar Pranowo itu menyebut seorang guru honorer yang meminjam uang secara online (pinjol) sebesar Rp500 ribu. Utang pinjol guru tersebut, kata Mahfud MD, menjadi sekitar Rp240 juta.

Namun, benarkah klaim yang disampaikan Mahfud MD tersebut? Simak hasil cek fakta yang dirilis pada Sabtu (23/12/2023) berikut sebagaimana merujuk cekfakta.com!

Hasil Cek Fakta Mahfud MD di Debat Pilpres 2024: Guru Honorer Tak Kuat Diteror Pinjol

Dikutip dari antvklik via cekfakta.com, ada sebuah pemberitaan berjudul “Terjerat Utang Pinjol alias Pinjaman Online, Guru Honorer di Semarang Depresi”.

Baca Juga: Kaleidoskop 2023: 11 Kasus Bunuh Diri Menghebohkan Sukabumi, Banyak Remaja!

Dari pemberitaan pinjol tersebut, seorang guru honorer bernama Afifah Muflihati (27) awalnya meminjam uang Rp 3,7 juta dan membengkak menjadi Rp 206,3 juta.

Afifah kemudian sering mendapat teror ancaman melalui pesan singkat dan media sosial. Guru honorer itu pun mengaku tidak kuat dengan teror pinjol tersebut.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Debat Pilpres 2024, soal Mahfud MD yang mengatakan kasus pinjol sangat merajalela dan sangat meresahkan masyarakat adalah benar.

Hal itu karena, utang menjadi berkali-kali lipat karena bunga yang cukup besar dari pinjol tersebut. Selain itu, teror dari pinjol ilegal juga bisa membuat peminjam stres.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Food Estate Jokowi Proyek Gagal

Untuk diketahui, pinjaman online atau pinjol adalah bentuk pinjaman yang diperoleh melalui platform atau penyedia layanan keuangan daring. Dalam hal ini, individu atau perusahaan dapat mengajukan pinjaman secara elektronik melalui aplikasi atau situs web, dan proses persetujuan serta pencairan dana biasanya dilakukan secara cepat secara online.

Pinjaman online telah menjadi alternatif yang populer karena kenyamanan dan kecepatannya. Meski begitu, masyarakat wajib waspada terkait penipuan pinjaman online ilegal.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)