Liga Prancis: Akankah PSG Samai Rekor Saint-Etienne Musim Ini?

Selasa 11 Januari 2022, 09:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PSG meraih hasil imbang 1-1 ketika bertanding melawan Olympique Lyon pada pekan ke-20 Liga Prancis, Senin (10/1/2022) dinihari WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Groupama Stadium ini lebih dikuasai oleh PSG dibandingkan tuan rumahnya. Meski begitu, PSG banyak membuang peluang sehingga pertandingan pun berakhir antiklimaks.

Hasil pertandingan tersebut nyatanya tidak berpengaruh pada posisi PSG di klasemen sementara Liga Prancis. Hingga pekan ke-20 ini, anak asuh Mauricio Pochettino masih duduk di puncak klasemen dengan 47 poin, unggul 11 poin dari tim bawahnya, Nice.

Jika melihat performa dan peta persaingan Liga Prancis musim ini, maka PSG sangat diunggulkan menjadi juara. Selain kedua aspek tersebut, tentunya kualitas yang dimiliki PSG jauh lebih tinggi ketimbang kontestan Liga Prancis lainnya.

Bilamana PSG tetap memimpin klasemen Liga Prancis hingga akhir musim, maka tim yang berdomisili di Paris ini akan merengkuh gelar juara Liga Prancis yang ke-10. Dengan begitu, PSG akan menyamai rekor Saint-Etienne sebagai tim dengan peraih gelar Liga Prancis terbanyak.

Saint-Etienne tentunya tidak rela rekor juara yang mereka miliki disamai oleh PSG. Namun, terlihat mustahil jika Saint-Etienne ingin mencegah PSG menjadi juara Liga Prancis musim ini.

Baca Juga :

Penghuni Papan Bawah

photoSkuad Saint-Etienne. - (via worldfootball.net)

Berbanding terbalik dengan PSG, tim dengan peraih juara Liga Prancis terbanyak ini (hingga artikel ini ditulis) mendekam di dasar klasemen hingga pekan ke-20 musim ini.

Tim yang pernah diisi oleh Kakak Paul Pogba ini baru meraih dua kemenangan, enam seri dan sebelas kekalahan. Bahkan dalam lima pertandingan terakhir, Saint-Etienne selalu kalah.

Jika melihat performanya, Saint-Etienne kemungkinan besar mustahil menghadang laju PSG untuk menjuarai Liga Prancis musim ini. 

Meskipun secara matematis, peluang Saint-Etienne untuk menjuarai Liga Prancis tetap ada, namun hal tersebut harus memerlukan beberapa syarat sulit.

Sebagai informasi, Saint-Etienne menjadi tim tersukses di Prancis dari dekade 1950-1980. Bahkan tim yang bermarkas Geoffroy-Guichard Stadium ini pernah bermain di final Liga Champions musim 1975/1976, namun dikalahkan Bayern Munich.

Terakhir kali Saint-Etienne juara Liga Prancis terjadi pada musim 1980/1981, setelah itu mereka mengalami kemunduran dan jarang bertengger di papan atas Liga Prancis.

Mundurnya prestasi Saint-Etienne coba dimanfaatkan tim-tim Prancis lain untuk menjadi juara Liga Prancis, contohnya adalah Olympique Marseille dan Olympique Lyon yang berhasil meraih banyak gelar juara Liga Prancis.

Kali ini PSG yang bergelimang harta dan pemain kelas dunia bersiap menjadi peraih gelar juara Liga Prancis terbanyak.

PSG Calon Raja Liga Prancis Baru (dan Raja Sepakbola Prancis)

Jika melihat materi pemain, performa dan persaingan, maka PSG sangat berpeluang menjuarai Liga Prancis musim ini.

Bilamana PSG menjadi juara musim ini, maka perolehan juara akan sama dengan Saint-Etienne. Di sisi lain, apabila Saint-Etienne terdegradasi, maka peluang PSG melangkahi rekor juara Saint-Etienne musim depan akan sangat terbuka lebar.

Hingga saat ini, PSG adalah pemegang gelar juara terbanyak pada tiga kompetisi domestik yakni Piala Prancis, Piala Super Prancis dan Piala Liga Prancis. Tentunya PSG akan sangat ambisius untuk melangkahi rekor Saint-Etienne di Liga Prancis dan menobatkan diri sebagai Raja Sepakbola Prancis.

Koleksi Video Lainnya:

Gibran Rakabuming dan Kaesang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi KPK

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget13 Mei 2024, 00:36 WIB

Balita di Cikole Sukabumi Tewas Usai Dipatuk Ular Welang Saat Tidur

Peristiwa nahas menimpa seorang bayi berusia tiga tahun asal Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Balita itu meninggal dunia usai digigit ular welang di kamarnya.
Balita meninggal setelah dipatuk ular welang di Cikole Sukabumi | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 00:10 WIB

Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Calon Bupati Sukabumi

Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 23:56 WIB

Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Bendungan Ciletuh sebagai penyuplai air untuk pertanian di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap debit airnya muali menurun.
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang