Hasil Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 4-2

Kamis 09 Desember 2021, 21:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia kontra Kamboja berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Skuad Garuda. Empat gol Indonesia tercipta dari brace (dua gol) Rachmat Irianto serta masing-masing satu gol dari Evan Dimas dan Ramai Rumakiek.

Bermain di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB, Indonesia bermain menekan sejak menit pertama. Evan Dimas dan rekan-rekan di lapangan berusaha mengurung pemain Kamboja di areanya. Upaya Indonesia membuahkan hasil. Kurang dari lima menit pertandingan, tim asuhan Shin Tae-yong mampu mencetak gol pertama.

Baca Juga :

Gol pertama ini berawal dari tendangan sepak pojok yang dilakukan Evan Dimas yang mampu diteruskan Rachmat Irianto dengan sundulan kepala. Bola yang mengarah ke gawang tak mampu dihalau kiper Kamboja.

Evan Dimas menggandakan keunggulan pada menit ke-17. Kapten timnas Indonesia tersebut mampu menyelesaikan dengan baik umpan yang dikirim Pratama Arhan. Dia menjebol gawang Kamboja melalui tendangan yang mengarah ke sudut gawang.

Pada menit ke-33, timnas Indonesia menambah keunggulan. Rachmat Irianto mencetak gol keduanya kembali melalui sundulan kepala. Seperti gol pertama, dia mampu meneruskan bola tendangan sepak pojok yang dilakukan Pratama Arhan.

photoRachmat Irianto mencetak dua gol. - (Screenshot Vidio.com)</span

Indonesia kebobolan pada menit ke-37. Kamboja mencetak satu gol balasan lewat Yue Safy. Dia mencetak gol melalui sundulan setelah menerima umpan dari tendangan sepak pojok yang dilakukan S. Keo.

Selang satu menit kemudian, Indonesia nyaris mencetak gol keempat. Irfan Jaya yang mendapatkan umpan dari Asnawi Mangkualam, melakukan tembakan lewat tendangan salto. Namun, bola membentur mistar gawang.

Ezra Walian yang berdiri di depan gawang berpeluang menyelesaikan bola rebound tersebut, tetapi sepakannya masih melambung diatas gawang. 

Empat menit menjelang istirahat turun minum, Pratama Arhan ditarik keluar setelah terjadi benturan dengan pemain Kamboja. Dia digantikan Edo Febriansyah. Tidak ada gol tambahan hingga istirahat minum. Indonesia unggul 3-1 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia melakukan pergantian dua pemain sekaligus di lini tengah dan belakang. Shin Tae-yong menarik Irfan Jaya dan Ryuji Utomo, memasukkan Ramai Rumakiek dan Victor Igbonefo.

Keputusan memasukkan Rumakiek terbukti membuahkan hasil positif. Dia mencetak gol keempat bagi Indonesia pada menit ke-54 setelah menerima umpan dari Ricky Kambuaya.

Kamboja mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60. Penyerang Prak Mony Udom yang diturunkan pada menit ke-57 menggantikan Ratanak Min, berhasil menjebol gawang Indonesia melalui tendangan bebas. Bola sepakannya melambung tinggi dan menjebol gawang yang dikawal Syahrul Trisna Fadillah. Kedudukan berubah menjadi 4-2.

Kamboja bermain menekan dengan intensitas tinggi, berbeda dengan babak pertama. Berulang kali mereka berhasil menciptakan ancaman di gawang Indonesia.

Pada menit ke-72, Evan Dimas ditarik keluar lapangan. Sebagai penggantinya, Shin Tae-yong memasukkan Syahrian Abimanyu.

Pemain Kamboja semakin gencar melancarkan serangannya pada 20 menit akhir menjelang pertandingan berakhir. Berulang kali kiper Fadillah melakukan aksi penyelamatan penting untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Pada menit-menit akhir, pelatih timnas Indonesia melakukan pergantian pemain di lini depan. Ezra Walian ditarik keluar lapangan dan dimasukkan Kushedya Yudo.

Selama pertandingan berlangsung, Shin Tae-yong terlihat sibuk memberikan instruksinya dari pinggir lapangan.

Kedudukan tidak berubah, Indonesia menang dengan skor 4-2 atas Kamboja. Hasil ini membuat timnas Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan tiga poin, di bawah Malaysia yang mencatat dua kemenangan pertamanya.

Sementara, bagi Kamboja, hasil ini menjadi kekalahan kedua mereka, setelah kalah 1-3 atas Malaysia di laga pertama.

Laga berikutnya di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, timnas Indonesia akan melawan Laos pada Minggu sore WIB, 12 Desember 2021.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)