Legenda Manchester United Yakin, Bisa Kejar Liverpool di Klasemen Liga Inggris

Kamis 24 Desember 2020, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester United tengah memperlihatkan tren positif belakangan ini. Terbukti dalam tujuh laga terakhir Liga Inggris, tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu tak terkalahkan. 

Dilansir dari Tempo.co, selain menang besar dari Leeds United 6-2, mereka juga meraih kemenangan atas Everton, West Bromwich Albion, Southampton, West Ham United dan Sheffield United.

Manchester United praktis hanya gagal meraih poin penuh dalam derbi Manchester kontra Manchester City yang berakhir 0-0. Raihan 19 angka dari tujuh laga itu membuat mereka kini duduk di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan hanya terpaut lima angka dari pemuncak klasemen Liverpool yang memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Mantan Kapten Manchester United, Roy Keane, pun mulai menebarkan rasa optimisme. Dia menilai Manchester United bisa dianggap sebagai salah satu calon kuat juara Liga Inggris menyaingi Liverpool.

"Saya pikir Liverpool masih yang terbaik, tetapi tidak ada alasan mengapa United tak berpeluang untuk mengejar Liverpool," kata Keane 

Pernyataan Keane bisa saja benar, tetapi sangat mungkin juga salah. Jika melihat dari 13 laga yang telah mereka hadapi, performa Manchester United sebenarnya jauh dari kata bagus, terutama di lini pertahanan.

Buruknya performa David de Gea cs masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Ole Gunnar Solskjaer. Dari 13 laga, gawang Manchester United hanya tidak kebobolan pada tiga laga, itu pun dua diantaranya berakhir dengan imbang.

Total 21 gol telah bersarang ke gawang Manchester United musim ini dan menjadikan mereka tim dengan jumlah kebobolan tertinggi dari 10 tim di papan atas Liga Inggris.

Buruknya catatan kebobolan Manchester United ini menyiratkan dua masalah besar bagi Solskjaer. Pertama, duet bek Victor Lindelof dan Harry Maguire di jantung pertahanan Manchester United masih lemah kedua lini tengah mereka gagal meredam serangan lawan sehingga gawang David de Gea sangat mudah mendapatkan ancaman.

Masalah di posisi bek tengah memang sudah disadari Solskjaer sejak awal musim ini. Sayangnya pada bursa transfer lalu dia gagal mendatangkan satu pun bek tengah baru setelah tak mampu menjual pemain-pemain yang tak dia gunakan seperti Marcos Rojo, Phil Jones atau pun Eric Bailly.

Di lini tengah, Solskjaer tampak masih belum menemukan duet yang pas untuk posisi dua gelandang bertahan. Dia terus melakukan rotasi terhadap Scott McTominay, Fred, Paul Pogba, Nemanja Matic dan Donny van de Beek.

Rotasi tersebut mungkin dianggap perlu mengingat mereka menghadapi jadwal yang sangat padat. Masalahnya, rotasi tersebut membuat para gelandang bertahan Manchester United kurang memahami karakter permainan satu sama lain sehingga kerjasama yang tercipta di lapangan tidak padu.

Di lini depan, meskipun telah menyarangkan 28 gol, tetap saja Manchester United memiliki masalah. Dua penyerang andalan mereka, Marcus Rashford dan Anthony Martial, belum benar-benar menunjukkan tajinya.

Rashford saat ini baru mengemas lima gol dan Martial lebih buruk lagi dengan hanya menceploskan satu gol. Perolehan gol Martial bahkan lebih sedikit dari Edinson Cavani yang berstatus sebagai pemain lapis kedua dengan telah mencetak tiga gol.

Beruntung Solskjaer memiliki Bruno Fernandes yang telah mencetak sembilan gol. Fernandes juga layak mendapat pujian karena telah mencetak lima assist dan menjadi pemain terbaik yang dimiliki Manchester United saat ini.

Ketergantungan terhadap Fernandes ini bisa menjadi masalah besar bagi Manchester United. Dengan jadwal yang padat, kelelahan atau pun cedera bisa saja menghinggapi pesepakbola asal Portugal itu. Jika sudah demikian, maka Manchester United akan kehilangan nyaris separuh dari kekuatan mereka.

Selain itu, jika melihat tujuh lawan terakhirnya maka Manchester United memang sangat layak untuk meraih enam kemenangan. Sejauh ini mereka masih belum sekali pun mengemas kemenangan dari tim-tim besar.

Manchester United hanya bermain imbang dengan Chelsea dan Liverpool serta. Mereka bahkan sempat kalah besar 1-6 dari Tottenham Hotspur bahkan dikalahkan Arsenal yang tengah terpuruk dengan skor 0-1.

Satu-satunya yang bisa dibanggakan Manchester United adalah kemenangan mereka atas Everton mengingat skuad asuhan Carlo Ancelotti musim ini tampil cukup baik.

Karena itu, tampaknya masih terlalu dini untuk menilai Manchester United cukup kuat untuk menantang Liverpool dalam perebutan gelar juata Liga Inggris musim ini.

Laga kontra Liverpool pada Januari mendatang mungkin akan sedikit memberikan gambaran lebih jelas soal itu. Akan tetapi Manchester United masih harus melewati hadangan Leicester City terlebih dahulu pada laga Liga Inggris akhir pekan ini.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)