Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Minggu 26 Mei 2024, 21:19 WIB
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)

Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung selangkah lagi juara usai menang telak 3-0 atas Madura United pada laga kandang Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024) malam.

Tiga gol Pangeran Biru diciptakan Ciro Alves di menit ke-70 serta brace David da Silva di menit 90+4 dan 90+12.

Dengan hasil ini, Madura United mesti menang dengan defisit empat gol pada laga leg kedua kontra Persib di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu, 31 Mei 2024.

Jalannya Pertandingan

Tempo lambat dan penuh kehati-hatian diperagakan kedua tim di awal babak pertama. Terutama Persib Bandung yang kali ini tampil tanpa Marc Klok karena cedera. Ban kapten kali ini ada di lengan Dedi Kusnandar yang beroperasi di lini tengah dengan ditemani Rahmat Irianto.

Peluang akhirnya datang untuk Maung Bandung pada menit ke-19. Berawal dari kecerdikannya memotong umpan kiper Madura, Ciro Alves meneruskannya dengan tendangan menyusur tanah ke arah gawang. Kiper Madura masih mampu menyelamatkan bola dan kedudukan belum berubah.

Persib kembali medapatkan peluang di menit ke-38 melalui sundulan Nick Kuipers memanfaatkan situasi bola mati. Lagi-lagi penjaga gawang masih menjadi penggagal peluang anak asuh Bojan Hodak tersebut.

Tambahan waktu tiga menit diberikan oleh para pengadil di babak pertama ini. Namun, tak ada peluang berarti yang tercipta dan hanya menghasilkan kartu kuning saja yang keluar dari wasit Tommi Manggopa. Dua pemain Madura Jacob Mahler dan Malik Risaldi mendapatkan kartu peringatan di babak pertama ini.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Di awal babak kedua, Persib masih kesulitan membongkar pertahanan rapat Madura United. Duet Cleberson dan Fahruddin Aryanto tampil solid di lini belakang membuat serangan Pangeran Biru selalu mental. Hingga menit ke-65, skor masih imbang 0-0.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba pada menit ke-70. Ciro Alves menjadi aktor penting di balik terciptanya gol Persib. Ia melakukan kombinasi umpan dengan Rachmat Irianto yang diakhiri dengan tendangan chip dari winger asal Brasil tersebut. Stadion Si Jalak Harupat bergemuruh menyambut gol tersebut. Bobotoh melompat, berteriak kegirangan melihat tim kesayangannya sementara unggul 1-0.

Unggul satu gol membuat Persib makin menekan pertahanan Madura United. Peluang emas didapat melalui sundulan Nick Kuipers usai menerima umpan tendangan pojok Ezra Walian pada menit ke-76, tetapi bola membentur tiang gawang.

Bojan Hodak melakukan penyegaran dengan mengganti beberapa pemainnya. Febri Hariyadi dan Dedi Kusnandar keluar, masuk Beckham Putera dan Ezra Walian. Di sisi lain, Madura United juga memasukkan pemain bertipikal menyerang Yuda Editya Pratama untuk menambah daya serang.

Menjelang laga berakhir, Persib menambah keunggulan melalui gol David da Silva pada menit ke-90+4. Penyerang asal Brasil itu menyambut umpan lambung Stefano Beltrame dengan sundulan keras ke gawang Lucas Frigeri. Bomber berusia 35 tahun itu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+12. Skor 3-0 untuk kemenangan Persib bertahan hingga usai diiringi nyanyian "campione...campione" dari Bobotoh di stadion.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)