8 Pesepak Bola Sukabumi Ini Sempat Dipanggil ke Timnas Indonesia, Ada yang Juara AFF

Senin 15 Mei 2023, 08:00 WIB
Deretan pesepak bola Sukabumi yang dipanggil Timnas Indonesia | Foto: Istimewa

Deretan pesepak bola Sukabumi yang dipanggil Timnas Indonesia | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menembus Final SEA Games 2023 menjadi perbincangan hangat terutama di kalangan para penggemar sepak bola. Ini menjadi kesempatan emas Indonesia untuk mengobati dahaga gelar yang terakhir kali diraih 32 tahun silam.

Berbicara soal Timnas Indonesia, di Sukabumi sendiri memiliki talenta sepak bola yang pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia baik senior maupun kelompok umur.

Bahkan beberapa diantaranya berhasil mencatatkan prestasi dengan membawa Timnas Indonesia keluar sebagai juara turnamen.

Siapa saja pesepak bola Sukabumi yang sempat dipanggil ke Timnas Indonesia? berikut ulasannya.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Jepang dan Iraq

1. Sani Rizki Fauzi

Sani Rizki Fauzi | Foto: Instagram/@sanirizkifauzi20Sani Rizki Fauzi | Foto: Instagram/@sanirizkifauzi20

Sani Rizki Fauzi menjadi salah satu pemain yang cukup berprestasi di Timnas Indonesia. Pemuda asal Kecamatan Cicurug, Sukabumi ini sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF 2019.

Bahkan, saat itu dirinya menjadi pencetak gol di partai final saat mengalahkan tim favorit juara AFF yakni Thailand.

Saat ini Sani Rizki masih tampil baik bersama klubnya Bhayangkara FC di kompetisi Liga 1. Ia juga masih kerap dipanggil untuk memperkuat timnas Senior dalam laga uji coba.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Jepang dan Iraq

2. Muhamad Gaoshirowi

Muhamad Gaoshirowi | Foto: Instagram/@mgaoss9_Muhamad Gaoshirowi | Foto: Instagram/@mgaoss9_

Muhamad Gaoshirowi menjadi talenta sepak bola Sukabumi selanjutnya yang sempat membela Timnas Indonesia. Punggawa Persib Bandung U-18 ini sempat menjadi ujung tombak Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat itu, Pemain yang berposisi sebagai striker itu sukses mencetak gol saat Timnas Indonesia U-17 menggulung Guam 14-0 di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, 3 Oktober 2022.

3. Eriyanto

Bek Persib Bandung asal Sukabumi Eriyanto turut mendoakan yang terbaik untuk tim Maung Bandung di hari jadinya yang ke-90 | Foto: Persib.co.id/Amandeep RohimahEriyanto | Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah

Nama Eriyanto pertama kali melejit saat memperkuat The All Star Team Milan Junior Camp besutan Yeyen Tumena, bahkan dirinya saat itu dinobatkan sebagai kapten terbaik.

Baca Juga: Perjuangan Bek Persib dari Sukabumi Eriyanto Jadi Pesepakbola Profesional

Setelah itu, pemuda asal Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi ini kembali meraih prestasi dengan membawa Timnas Indonesia U-19 meraih juara HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 di Hong Kong.

Kini, pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini menjadi bagian dari klub Persib Bandung. Ia direkrut Maung Bandung setelah sukses mengantarkan Persis Solo menjuarai Liga 2 tahun 2021.

4. Hermansyah

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada (kiri) dan Hermansyah (kanan) saat berkumpul di kediaman Dida di Perumahan Jalan Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Senin, 24 April 2023. | Foto: Dokpim Kota SukabumiSekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada (kiri) dan Hermansyah (kanan) saat berkumpul di kediaman Dida di Perumahan Jalan Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Senin, 24 April 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Jauh sebelum generasi Sani Rizki dan kawan-kawan, Sukabumi juga tercatat pernah memiliki talenta sepak bola yang memperkuat Timnas Indonesia. Ia adalah Hermasyah.

Pria kelahiran Sukabumi tahun 1963 ini merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang dimiliki Indonesia.
Ia membela Timnas Indonesia di tahun 80-an hingga awal tahun 90-an. Setelah pensiun, Hermansyah tetap berkecimpung di dunia sepak bola dan menjadi seorang pelatih kiper.

Baca Juga: Nyaris Tampil di Piala Dunia 1986, Eks Kiper Timnas Bicara Sepak Bola Sukabumi

Beberapa klub Indonesia yang pernah menggunakan jasa kepelatihannya adalah Persikota, Persija, Persebaya, Persidafon, Persema, Persis Solo, PBR, PSM, PS Polri, Madura FC, PSCS, timnas U-19, dan PS Tira Persikabo.

5. Ria Ristiani

Ria Ristiani | Foto: Instagram/@riaristiani3Ria Ristiani | Foto: Instagram/@riaristiani3

Tak hanya laki-laki, Sukabumi juga memiliki beberapa pesepak bola wanita yang sempat memperkuat Timnas Indonesia salah satunya yaitu Ria Ristiani.

Pesepak bola asal Kampung Sukamantri RT 05/08 Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi ini berhasil masuk skuat timnas Indonesia putri senior.

Baca Juga: 4 Pemain Berlabel Timnas Indonesia yang Berseragam Persib Bandung

Ria sempat mengikuti kejuaran Piala AFF di Thailand pada Agustus 2019 lalu. Pemain bernomor punggung 16 ini berposisi sebagai sayap kanan/kiri dan full back kiri.

6. Hanipa Suandi

Hanipah Halimatusyadiah | Foto: Instagram/@hanipahalimatusyadiahHanipah Halimatusyadiah | Foto: Instagram/@hanipahalimatusyadiah

Gadis bernama lengkap Hanipah Halimatusyadiah Suandi ini merupakan alumni SMPN 1 Cibadak. Ia adalah warga Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Hanifa menjadi salah satu pesepak bola asal Sukabumi yang sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Ia menjadi bagian dari Timnas Indonesia Women yang berlaga di Piala AFF Putri tahun 2022 di Filipina.

Baca Juga: Persib Bandung Rekrut Edo Febriansyah, Lalu Bagaimana Nasib Eriyanto?

7. Piat Supriatna

Piat Supriatna | Foto: Instagram/@obrek19Piat Supriatna | Foto: Instagram/@obrek19

Piat Supriatna merupakan talenta sepak bola asal Sukabumi yang juga sempat memperkuat Timnas Indonesia. Ia menjadi bagian dari Timnas Amputasi Indonesia atau sering disebut Garuda INAF (Indonesia Amputee Football).

Piat telah beberapa kali dipanggil untuk memperkuat Garuda INAF. Terakhir Piat memperkuat Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia Sepak Bola Amputasi di Dhaka, Bangladesh 11-14 Maret 2022.

Piat Supriatna adalah warga Kampung Tegallega RT 28/05 Kedusunan II Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Di Sebelah Presiden Jokowi, Atlet Sepak Bola Amputasi asal Sukabumi: Jadi Motivasi

8. Imat Hermawan

Imat merupakan rekan Piat Supriatna di Timnas Amputasi Indonesia (Garuda INAF). Imat merupakan talenta sepak bola Sukabumi asal Selabintana Kampung Karawang Central RT 02/01 Desa Karawang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update