Big Match Vietnam vs Thailand, 4 Duel Kunci di Laga Final Piala AFF 2022

Jumat 13 Januari 2023, 16:45 WIB
Laga Vietnam vs Thailand akan mewarnai partai Final Piala AFF 2022 | Foto: Instagram/@affmitsubishielectriccup

Laga Vietnam vs Thailand akan mewarnai partai Final Piala AFF 2022 | Foto: Instagram/@affmitsubishielectriccup

SUKABUMIUPDATE.com - Laga Vietnam vs Thailand akan mengisi partai final Piala AFF 2022. Banyak yang menganggap jika laga ini merupakan salah satu final ideal.

Final leg pertama ini akan digelar Jumat, (13/1/2023) di Stadion My Dinh, Hanoi, mulai 19.30 WIB.
Kedua tim tampil sangat baik selama gelaran Piala AFF 2022.

Baik Vietnam maupun Thailand lolos dari fase grup sebagai juara grup, sebelum masing-masing memastikan meraih kemenangan untuk lolos ke final.

Baca Juga: Huni Posisi 4 Klasemen, 3 Alasan Persib Bandung Bisa Juara Liga 1 2022/23

Belum lagi Vietnam memiliki rekor gila di Piala AFF 2022 dimana gawang mereka masih clean sheet alias belum pernah kebobolan hingga memastikan lolos ke partai final.

Vietnam memastikan satu tempat di partai puncak setelah menang 2-0 di leg kedua semifinal setelah bermain imbang 0-0 di kandang Indonesia.

Sementara anak asuh Alexandre Polking menyingkirkan Malaysia dengan agregat gol 3-1. Thailand mengalahkan Malaysia 3-0 di kandang, menyusul kekalahan 1-0 saat laga tandang.

Baca Juga: Sinopsis Film 'Bismillah Kunikahi Suamimu’ Akan Segera Tayang di Bioskop

Melansir dari Tempo.co, kedua tim ini juga menjadi tim teratas dalam jumlah gol yang dicetak di turnamen ini. Vietnam mengemas total 14 gol tanpa kebobolan sampai maju ke final. Sementara, Thailand membuat 16 gol dengan kebobolan dua kali.

Masing-masing juga memiliki penyerang yang tajam, dimana keduanya kini menempati posisi teratas daftar top skor sementara. Teerasil Dangda dari Thailand mengemas enam gol, Nguyen Tien Linh dari Vietnam tertinggal satu gol.

Baik Thailand dan Vietnam, sama-sama pernah menjadi juara di Piala AFF ini lebih dari sekali, dengan salah satunya di bawah asuhan pelatih saat ini, Alexandre Polking dan Park Hang-seo.

Baca Juga: Ponorogo Mendadak Trending, 7 Pelajar Hamil Duluan Minta Dispensasi Nikah

Thailand merupakan tim paling sukses di Piala AFF yang digulirkan sejak 1996. Mereka telah menyabet gelar juara di kejuaraan level Asia Tenggara ini sebanyak enam kali, terakhir pada 2020 yang digelar akhir 2021 karena pandemi Covid-19. Sedangkan, Vietnam menjuarai turnamen ini dua kali, terakhir empat tahun lalu.

Thailand kini akan berjuang untuk meraih gelar juara Piala AFF ketujuh kalinya untuk memperpanjang rekor. Di satu sisi, Vietnam mengejar gelar ketiga.

Dengan melihat catatan dan penampilan kedua kesebelasan sepanjang turnamen berlangsung sejak 20 Desember lalu, pertemuan kedua tim ini dianggap sebagai pertandingan final ideal. Berikut empat duel penting yang bakal menjadi penentu kemenangan.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

1. Gelandang Theerathon Bunmathan vs Nguyen Quang Hai

Kapten Thailand, Theerathon Bunmathan, berposisi sebagai attacking full-back sebelum beralih gelandang. Tak banyak pemain sepak bola di dunia yang menjalani peralihan seperti ini.

Theerathon memberikan dampak besar untuk Thailand dengan kemampuannya membaca permainan, pergerakannya, agresinya saat melepaskan bola, dan ketenangannya ketika mengirimkan umpan. Dia tercatat menciptakan empat assist di Piala AFF 2022 sejauh ini.

Dia kemungkinan akan diplot untuk menghentikan pemain bintang Vietnam, Nguyen Quang Hai. Duel kedua pemain ini bisa menjadi pertarungan menentukan dengan Quang Hai sebagai ancaman dari Golden Star Warriors.

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat versi Smiling West Java, Mana Pilihan Kamu?

Quang Hai patut diwaspadai. Dia yang menciptakan assist untuk gol Nguyen Hoang Duc ketika mereka mengalahkan Malaysia 3-0 di fase grup. Selain itu, dia tampil fantastis ketika Vietnam mengalahkan Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal.

2. Ekanit Panya vs Doan Van Hau

Sebagai bagian dari empat bek atau lima bek, Doan Van Hau bisa menjadi ancaman dari sisi kiri Vietnam. Setelah absen di edisi 2020 karena cedera, pemain Hanoi FC ini mengingatkan semua orang akan kualitasnya di Piala AFF 2022.

Selain mampu menjadi ancaman dalam serangan dan kehadirannya yang memperkuat pertahanan, dia juga menunjukkan keunggulannya dengan permainan agresif. Para pemain Thailand, khususnya di sisi kanan sepertinya patut mewaspadainya.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

Pemain Thailand yang kemungkinan akan ditugasi untuk meredam pergerakannya adalah Ekanit Panya. Pemain berusia 23 tahun yang sedang naik daun di sepak bola Thailand. Dia tercatat menciptakan 12 peluang gol sepanjang turnamen.

Ekanit telah berkembang sepanjang turnamen ini. Dia menunjukkan penampilan terbaiknya di leg kedua semifinal ketika tercipta gol kedua dan ketiga Thailand saat mengalahkan Malaysia.

3. Kampol Pathomakkakul vs Dang Van Lam

Thailand membuat kejutan ketika mereka mencadangkan starter sebelumnya, Kittipong Phuthawchueak menjelang leg kedua semifinal melawan Malaysia, posisi kiper dipercayakan kepada Kampol Pathomakkakul yang kemudian bermain bagus dan menjaga clean sheet di pertandingan itu.

Di kubu Vietnam, Dang Van Lam bukan hanya salah satu kiper terbaik di turnamen ini, tetapi juga sebagai salah satu pemain terbaik di kejuaraan ini. Dia tampil luar biasa dan belum kebobolan dalam enam pertandingan di turnamen ni.

Baca Juga: Ramalan Jayabaya "Tikus Pithi Anoto Baris", Anak Muda Giring Opini Massa Secara Digital

Penampilan kedua penjaga gawang ini kemungkinan besar akan sangat menentukan dalam pertarungan perebutan gelar juara Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Thailand yang akan dimainkan dalam dua laga, Jumat, 13 Januari, dan Senin, 16 Januari mendatang.

4. Pelatih Alexandre Polking vs Park Hang-seo

Duel final ini akan mempertemukan pelatih Alexandre Polking dan Park Hang-seo. Laga ini diyakini akan menjadi pertarungan dua gaya permainan yang sangat berlawanan.

Poling membawa filosofi permainan progresif dan menyerang. Tim asuhannya akan menghadapi pasukan Park Hang-seo yang bermain lebih terkontrol.

Kedua pelatih sama-sama meraih sekali gelar juara Piala AFF. Polking membawa Thailand menjadi juara edisi 2020 dan Park Hang-seo membimbing Vietnam memenangkan turnamen ini pada 2018.

Baca Juga: Lisa Marie Presley Putri Semata Wayang Elvis Presley Meninggal Dunia

Bagi Park Hang-seo, gelar juara Piala AFF 2022 bisa menjadi persembahan terakhirnya sebelum mengakhiri masa kepelatihannya dari Oktober 2017 sampai akhir Januari ini.

Sementara, Polking akan tercatat sebagai pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar sejak Kiatisuk Senamuang membawa Thailand juara beruntun pada 2014 dan 2016.

Sumber: Tempo.co (AFF Mitsubishi Electric Cup)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi