Ditekuk Vietnam 2-0, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022

Senin 09 Januari 2023, 21:39 WIB
Timnas Indonesia harus rela gagal ke Final Piala AFF 2022 setelah takluk dari Vietnam 2-0 | Foto: Twitter/pssi

Timnas Indonesia harus rela gagal ke Final Piala AFF 2022 setelah takluk dari Vietnam 2-0 | Foto: Twitter/pssi

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia gagal melaju ke partai final Piala AFF 2022 setelah ditaklukan Vietnam 2-0 di Semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Dua gol Vietnam yang menjadi penentu kemenangan dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan menit ke-47.

Melansir dari Tempo.co, di laga ini, pelatih Shin Tae-yong hanya melakukan perubahan di lini tengah. Dia memasukkan Saddil Ramdani sebagai pengganti Rachmat Irianto untuk starter. Di lini serang, Dendy Sulistyawan masih jadi andalan.

Baca Juga: Dimutilasi Jadi 7 Bagian, Angela Ternyata Jurnalis! Karyanya Soal Flu Burung Raih Award

Pertandingan babak pertama, pertandingan berlangsung sengit dengan diwarnai duel antarpemain. Berulang kali terjadi bentrok yang mengakibatkan pemain terjatuh.

Wasit mengeluarkan tiga kartu kuning di babak pertama, satu diberikan kepada Asnawi Mangkualam, dan dua untuk tim tuan rumah Vietnam, Bui Tien Dung dan Doan Van Hau. Di babak kedua, Ricky Kambuaya yang masuk dari bangku cadangan juga mendapatkan kartu kuning.

Di babak kedua, setelah Vietnam mencetak gol kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain pada menit ke-57. Dia memasukkan Ricky Kambuaya dan Witan Sulaeman untuk menggantikan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Dengan kekalahan di leg kedua semifinal ini, timnas Indonesia gagal lolos ke final. Shin Tae-yong tak bisa membimbing skuad Garuda ke final mengulang Piala AFF 2020.

Kala itu, di kejuaraan level Asia Tenggara yang digelar di Singapura mulai Desember 2021 sampai 1 Januari 2022, Indonesia menjadi finalis setelah kalah dari Thailand dengan agregat 6-2 di final.

Bagi timnas Vietnam, mereka akan menghadapi final Piala AFF 2022 pada 13 dan 16 Januari mendatang, melawan pemenang antara Thailand dan Malaysia yang baru akan menjalani pertandingan leg kedua semifinal pada Selasa, 10 Januari 2022.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan, Kenali 5 Jenis Nyamuk yang Bawa Penyakit

Ringkasan pertandingan

Babak pertama

Di babak pertama ini, permainan sebenarnya berimbang. Di mana kedua tim tampak sulit untuk membongkar lini pertahanan. Namun, Vietnam memang berhasil unggul cepat di babak pertama.
Vietnam unggul 1-0 saat pertandingan memasuki menit ke-3. Adalah Nguyen Tien Linh yang berhasil mencetak gol dari dalam kotak penalti dengan tendangan kaki kanan.

Hingga menit ke-10 para pemain Indonesia belum bisa menciptakan peluang yang bagus. Skuad Garuda tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Vietnam.

Baca Juga: Gebrakan di Tahun 2023, Yamaha All-New R15 Connected Hadir dengan Warna Baru

Menit 19 Indonesia mendapatkan peluang. Bola lemparan jarak jauh dari Partama Arhan berhasil mencapai kotak penalti Vietnam, namun Jordi Amat menyentuh bola dengan tangan.

Insiden terjadi di menit 23, saat Indonesia melakukan serangan ke kotak penalti Vietnam. Dendy Sulistyawan terkena sikut oleh Bui Tien Dung, yang akhirnya diberi kartu kuning oleh wasit.

Vietnam mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di menit 28. Namun upaya dari Doan Van Hau masih melambung dari mistar gawang Indonesia.

Asnawi Mangkualam mendapatkan kartu kuning pada menit 35. Ia melakukan pelanggaran keras kepada pemain Vietnam yang juga sempat memicu sedikit keributan.

Baca Juga: Ingin WhatsApp Terlihat Offline Padahal Sedang Online? Simak Caranya
Babak kedua

Pertandingan baru memasuki menit ke-47 Vietnam menambah gol menjadi 2-0. Nguyen Tien Linh mencetak gol melalui sundulan setelah menerima umpan dari Do Hung Dung dari sepakan pojok.

Menit 54 Indonesia mencoba melakukan serangan. Dendy Sulistyawan memiliki peluang dengan tendangan di dalam kotak penalti, namun berhasil diblok oleh pemain belakang Vietnam.

Dua pergantian pemain dilakukan oleh pelatih Indonesia, Shin Tae-yong di menit 56. Saddil Ramadani digantikan oleh Witan Sulaemen dan Ricky Kambuaya menggantikan Asnawi Mangkualam.

Baca Juga: Kembali Menyala, Rumah Mewah Eny dan Tiko Dipasangi Listrik Gratis dari PLN

Vietnam mendapatkan peluang emas di menit 59. Tendangan dari Pham Tuan Hai berhasil ditangkap oleh kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata.

Sundulan dari Fachruddin Aryanto gagal membobol gawang Vietnam. Berawal dari sepakan pojok Marc Klok di menit 62, bola disundul oleh Fachruddin namun melebar.

Susunan pemain:

Timnas Vietnam: Dang Van Lam; Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung (Bui Hoang Viet Anh 51'), Doan Van Hou, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung (Nguyen Thanh Binh 71'); Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan 90+1'), Nguyen Hoang Duc; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh (Phan Van Duc 71').

Baca Juga: Klasifikasi SIM C Bagi Pengguna Motor Besar, Apa Manfaatnya?

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Jordi Amat, Rizky Ridho (Muhammad Rafli 78'), Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman '57), Pratama Arhan; Marselio Ferdinan (Ilija Spasojevic 78'), Saddil Ramadani (Ricky Kambuaya 57'), Marc Klok, Yakob Sayuri; Dendy Sulistyawan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup