Video Buruh Sukabumi Diberhentikan, SPN Sebut Kado Pahit Hari Buruh Sedunia

Kamis 30 April 2020, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video singkat berdurasi 40 detik beredar di grup WhatsApp. Video tersebut memperlihatkan sejumlah orang yang disinyalir buruh salah satu pabrik sepatu di Kabupaten Sukabumi bersalaman sambil berpamitan dalam balutan suasana haru.

BACA JUGA: Jelang May Day Nasib Buruh Terdampak Covid-19 di Sukabumi Tak Jelas, SPN Sebar Bantuan

Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sukabumi, Budi Mulyadi membenarkan video tersebut adalah acara perpisahan buruh dengan manajemen. Berdasarkan informasi yang ia terima, orang-orang yang ada dalam video tersebut adalah para buruh pabrik sepatu di Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Budi mengatakan, orang-orang yang sedang berpamitan itu adalah para buruh yang sedang masa training atau pelatihan, namun tidak diperpanjang. "Kabar tidak gembira di Hari Buruh Sedunia, kado pahit bagi kita, kalangan buruh lagi-lagi harus menghadapi dampak pandemi corona ini,” kata Budi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (30/4/2020) melalui sambungan telepon.

BACA JUGA: PHK dan Dirumahkan, 5.010 Pekerja di Sukabumi Terdampak Covid-19, Ini Rinciannya

Lanjut Budi, berdasarkan informasi yang ia terima pula, para buruh training itu tak bisa kembali bekerja akibat Covid-19. "Saya belum bisa mengkonfirmasi secara faktual, tapi secara testimoni saya sudah dapatkan. Yang jadi persoalan, mereka para buruh ini mendapatkan pekerjaan itu dengan susah payah bahkan ada yang harus mengeluarkan modal,” sambungnya.

Budi dan jajarannya mengaku tengah mengadvokasi sambil mencoba menemui pihak manajemen pabrik tersebut untuk mengetahui secara persis apa yang melatarbelakangi pemberhentian masa training para buruh tersebut. "Saya tadi langsung ke sana untuk mencari informasi faktualnya. Biasanya ada info dulu beberapa hari sebelumnya. Ini hari itu diinformasikan besoknya dikeluarkan. Kita belum bisa ada titik temu, karena dari pihak pabrik belum bisa menerima kami,” lanjut Budi.

BACA JUGA: May Day 2020, Sarbumusi Kota Sukabumi Desak Pemerintah Perhatikan Nasib Buruh

SPN sendiri masih mencari informasi lebih lanjut berapa jumlah karyawan atau buruh di masa training yang tidak dilanjutkan kontrak kerjanya.  "Saya belum dapat jumlah secara pastinya, tetapi informasi yang sedang melakukan training itu banyak. Tahap 1 baru 100 orang, katanya ada tahap 2 dan tahap selanjutnya," tandasnya.

Redaksi sukabumiupdate.com masih berusaha mengkonfirmasi isu ini kepada manajemen pabrik yang disebutkan oleh SPN Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)