Jalil Abdillah: Warga Pertanyakan Izin Sumur Bor dan Sulitnya Loker di Cikembar Sukabumi

Selasa 14 Januari 2020, 10:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Jalil Abdillah mengatakan warga di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar mengeluhkan keberadaan pabrik di wilayah Cikembar.  

BACA JUGA: Ramai Soal Terminal Cibadak, Jalil Abdillah: Jangan Beratkan Pedagang

Selain sulitnya lowongan pekerjaan di wilayah Cikembar, warga juga mengeluhkan keberadaan sumur bor perusahaan yang diduga menganggu mata air warga, sehingga ketika musim hujan terjadi kekeringan.

"Di daerah Cikembar itu banyak pabrik, tapi pengakuan pemuda di sana lowongan untuk warga sekitar sangat sulit, sehingga banyak pemuda yang masih menganggur," ujar Jalil kepada sukabumiupdate.com, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, kata Jalil warga juga mempertanyakan sumur bor milik perusahaan di sana. Apakah memiliki izin atau tidak perusahaan itu menggali sumur bor.

"Tentunya aspirasi ini akan kami tindak lanjuti. Bahkan rencananya Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi akan mengecek atau inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan di sana. Baik terakit perizinan maupun lapangan kerja," paparnya. 

BACA JUGA: Gencar Entaskan Kemiskinan dan Kebodohan, Jalil Abdilah Puji Program FKDB

Ia menegaskan, jangan sampai warga di lingkungan perusahaan tidak bisa bekerja atau pengangguran, sementara banyak orang luar yang bisa bekerja di sana.

"Masyarakat meminta pemda bisa mendorong ada aturan atau perda agar prioritas kerja di perusahaan-perusahaan warga setempat terlebih dahulu," jelasnya.   

Selain itu, dalam reses kesatu yang diselenggarakan, Senin (13/1/2020) tersebut banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan. Diantaranya, ajuan perbaikan infrastruktur, irigasi, dan sarana air bersih. "Mudah-mudahan segala masukan dan keinginan warga bisa diakomodir oleh pemerintah daerah," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).