TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Bagaimana Manusia Bisa Tahan Makanan Pedas?

Noity
Penulis
Minggu 17 Apr 2022, 07:00 WIB
Bagaimana Manusia Bisa Tahan Makanan Pedas?

SUKABUMIUPDATE.com -  Apakah kamu salah satu orang yang tidak atah makanan pedas atau sebalik nya?

Mungkin ada sebuah pertanyaan yang melintas di benak kita, bagaimana satu orang merasa seperti mulutnya terbakar hanya dengan sedikit rasa pedas, bahkan bisa sampai menangis. Tetapi orang yang mengunyah makanan super pedas, namun dengan muka yang sangat datar.

Baca Juga :

Kira-kira bagaimana ya tubuh kita bereaksi terhadap makanan ini?

Melansir dari Kanal YouTube Neuronm mereka yang berasal dari beberapa negara tertentu seperti India, Mexico, atau bahkan negara Indonesia Sangat tahan terhadap makanan pedas. Apakah ada hubunganya dengan lokasi geografisnya?

Respon Tubuh Terhadap Makanan PedasphotoRespon Tubuh Terhadap Makanan Pedas - (Tangkapan Layar YouTube)

Kemampuan memakan hidangan pedas dipelajari secara bertahap selama kita tumbuh dewasa. Dengan kata lain makan makanan pedas ini dibiasakan sejak kecil, sehingga semakin lama semakin tahan. Tetapi, apakah itu berarti mereka yang tidak terlatih tidak akan bisa makan pedas? Tentu saja bisa.

Jika kita lihat mekanisme dibalik merasakan kepedasan di mulut kita, rasa pedas yang kita rasakan datang dari chili peppers atau cabai yang mengandung suatu zat kimia bernama capsaicin.

Sebenarnya, tidak ada reseptor di lidah kita yang ditugaskan untuk bertahan dari molekul capsaicin.

Suatu reseptor bernama ‘Transient Receptor Potential Vaniloid One’ atau TRPV1 yang berada di mulut kita mempunyai fungsi utama yaitu memberi tahu otak kita apabila kita memakan sesuatu yang panas.

Baca Juga :


Noity
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini