TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Misinformasi Marak Beredar di Media Sosial, Lawan Dengan Cara Ini

Toni Kamajaya
Penulis
Minggu 7 Nov 2021, 18:15 WIB
Misinformasi Marak Beredar di Media Sosial, Lawan Dengan Cara Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial atau medsos menawarkan banyak kebebasan, terutama menawarkan informasi apapun yang bisa diakses oleh siapa saja. 

Baca Juga :

Namun dibalik kebebasan informasi yang ditawarkan medsos tersebut terdapat resiko besar yang ditimbulkannya. Satu sisi, medsos berperan dalam membantu publik mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Namun sisi lain kebebasan informasi di medsos itu telah berdampak maraknya informasi liar atau berita bohong berseliweran di medsos. Akihrnya banyak terjadi Misinformasi yang mengganggu kehidupan bermedia sosial.

Baca Juga :

Melansir dari Tempo, Minggu (7/11/2021), berbagai cara telah dilakukan untuk memerangi misinformasi di media sosial. Dilansir dari brooking.edu, ada tiga cara yang dapat diupayakan untuk memerangi misinformasi di media sosial. Pertama, mendukung jurnalisme investigasi berbasis fakta. 

Kedua, mengurangi insentif finansial bagi para penyebar informasi palsu. Ketiga, meningkatkan kualitas literasi digital bagi para pengguna media sosial. Tiga upaya tersebut mampu membendung berbagai dampak buruk yang mungkin muncul karena penyebaran informasi palsu. 


Toni Kamajaya
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini