China Kembangkan Roket Tiruan SpaceX

Jumat 30 April 2021, 21:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perlombaan misi luar angkasa antara Amerika Serikat (AS) dengan China semakin sengit. Tak ingin kalah dengan AS, China kini tengah mengembangkan versi tiruan roket SpaceX yang diperbaharui berbagai fiturnya. 

Melansir dari The Sun, dalam video promo yang ditampilkan pembuat roket asal China, terlihat betapa roket tersebut dibuat sangat mirip dengan roket Starship yang dikembangkan SpaceX di Texas.

Kemiripan terletak pada bentuk ujung roket, sirip aerodinamis segitiga dan lapisan baja tahan karat. 

photoScreenshot video promosi yang ditayangkan China Academy of Launch Vehicle Technology (CALT) - (Weibo/CALT)</span

Video animasi itu dipamerkan di Nanjing, kota di Timur China, sebagai bagian perayaan Hari Luar Angkasa Nasional ke-6 dan diposting ke situs sosial media Weibo dan diterbitkan oleh Ars Technica.

photo Screenshot video promosi yang menampilkan roket CALT sedang melakukan orbit di atas Bumi - (Weibo/CALT)</span

Terlihat rincian proses peluncuran wahana luar angkasa mirip Starship SpaceX itu mampu melakukan perjalanan sub-orbital dengan sangat cepat.

Perusahaan di balik proyek itu adalah China Academy of Launch Vehicle Technology (CALT), sebuah badan usaha milik negara yang khusus mengembangkan roket.

photoScreenshot video promosi yang menampilkan roket CALT telah berhasil mendarat secara vertikal - (Weibo/CALT)</span

Seperti Starship milik SpaceX, roket CALT adalah sebuah wahana besar yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal. Roket ini berpotensi dapat mengangkut manusia ke planet lain.

Dalam video promosi terlihat, nampak para penumpang yang berada di dalam roket tersebut tengah mengelilingi Bumi sebelum akhirnya mendarat di tempat tujuan. Video pendaratan roket hampir persis dengan video roket Starship yang dipromosikan SpaceX pada tahun 2017 silam. 

China menargetkan pengembangan pesawat ruang angkasa secara point-to-point (paket wisata ke luar angkasa, red) hingga tahun 2045. Pakar roket China terus mengamati gebrakan dan perkembangan yang dilakukan SpaceX. Mereka tidak hanya mempelajari keberhasilan peluncuran, namun juga kegagalan yang dialami SpaceX.

Baca Juga :

NASA Tunjuk SpaceX Elon Musk Bangun Pangkalan Luar Angkasa di Bulan

SpaceX sendiri telah mengalami jatuh bangun dalam usahanya meluncurkan roket Starship pada misi tanpa awak, kendati empat penerbangan berakhir dengan kegagalan dramatis, namun pada akhirnya SpaceX berhasil membuat roketnya mendarat sebelum akhirnya meledak juga setelah beberapa detik melakukan pendaratan. 

Bahkan yang terakhir, kabar menggembirakan terjadi pada hari Senin 27 April 2021 kemarin, kolaborasi SpaceX Dragon Crew dan NASA berhasil menerbangkan empat Astronot untuk berlabuh di Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Misi SpaceX selanjutnya yakni akan membawa Astronot ke Bulan pada tahun 2024, mendatang, sedangkan perjalanan point-to-point diperkirakan akan terealisasi pada tahun 2030.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa