IEEE Student Branch Universitas Nusa Putra Sukabumi, Bahas Energi Terbarukan

Selasa 16 Maret 2021, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra Sukabumi menyelenggarakan IEEE Student Branch pada Jumat, 12 Maret 2021 kemarin secara virtual, dengan tema "Peluang dan Tantangan Energi Terbarukan".

IEEE sendiri merupakan singkatan dari Institute of Electrical and Electronic Engineering yang secara umum dapat diartikan sebagai organisasi profesi para engineer. IEEE Student Branch  adalah satu wadah dalam naungan IEEE yang anggotanya merupakan mahasiswa dari seluruh dunia yang saling berbagi ilmu.

Ketua IEEE Student Branch Universitas Nusa Putra, M Galuh Sutisna saat membuka acara menjelaskan, giat ini terselenggara berkat kekompakan mahasiswa Teknik Elektro. "Mudah-mudahan bisa jadi satu pengalaman berharga, baik dari ilmu dan juga pengalaman  selama kuliah di Universitas Nusa Putra," kata mahasiswa semester IV Teknik Elektro tersebut.

Baca Juga :

Dosen sekaligus LPPM Universitas Nusa Putra yang juga Pembina acara IEEE Student Branch Sukabumi, Marina Artiyasa sempat membahas mengenai project panel surya untuk penerangan di kawasan Desa Cibolang, yang notabene masih berada di lingkungan sekitar kampus.

"Saya ingin ke depannya masyarakat mendapat sosialisasi juga workshop dari akademisi Teknik Elektro Universitas Nusa Putra sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ke depannya  mungkin akan merambah ke daerah yang lebih luas tapi sementara mungkin yang dekat dulu. Dan juga mungkin bisa berdampingan dengan PJU atau CSR Sukabumi, dalam hal penerangan jalan atau pengadaan listrik bagi daerah yang belum terjangkau oleh PLN," kata Marina Artiyasa.

Sementara itu, Counselor IEEE Student Branch, Aryo mendukung penuh acara ini. Apalagi, kata Aryo, kali ini bahasannya berkaitan dengan renewable enegy atau energi terbarukan. "Semoga ke depannya terus berlanjut," ujar Aryo.

Baca Juga :

Wakil Rektor Akademik Universitas Nusa Putra, Anggy Pradiftha menilai kegiatan ini sejalan dengan cita-cita Teknik Elektro, yaitu menggalakkan renewable energy.

"Karena ke depannya energy fosil akan habis. Saya sangat mendukung IEEE Student Branch yang merupakan satu-satunya di Sukabumi. Walau baru berdiri tapi sudah aktif," katanya.

Dosen Universitas Nusa Putra, Handrea Bernando Tambunan yang menjadi pemateri utama dalam kegiatan ini menerangkan tentang peluang dan tantangan energi terbarukan di Indonesia.

photoUniversitas Nusa Putra Sukabumi menyelenggarakan IEEE Student Branch pada Jumat, 12 Maret 2021 kemarin secara virtual, dengan tema Peluang dan Tantangan Energi Terbarukan. - (Istimewa)</span

Handrea Bernando Tambunan yang sudah menulis berbagai jurnal internasional ini dalam materinya juga menjelaskan tentang solar panel atau photovoltaic dan berbagai teknologinya. Kemudian tentang komponen solar panel dan duck curve, serta materi lainnya seputar energi.

"Cadangan energi fosil yang akan habis dalam kurun waktu 30 tahun lagi atau kurang. Kita harus bersiap untuk energi terbarukan. Berbagai macam energi terbarukan yang memungkinkan untuk dieksplor, seperti wind energy, solar energy dan banyak lagi," kata Handrea.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)