Afriyanti Sumboja Menangi LIPI Young Scientist Award 2020

Jumat 20 November 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dosen Teknik Material dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) Afriyanti Sumboja memenangkan penghargaan LIPI Young Scientist Award (LYSA) 2020. Penghargaan tersebut diberikan kepada peneliti muda berprestasi yang usianya di bawah 40 tahun sebelum 31 Desember 2020.

Penganugerahan diberikan dalam acara penutupan Indonesia Science Expo 2020 yang disiarkan melalui video konferensi, pada Kamis, 19 November 2020. Afriyanti terpilih dari antara 86 peneliti muda dari berbagai latar belakang dan bidang penelitian, dan berhak menerima uang tunai Rp 50 juta.

“Terima kasih kepada juri yang sudah memberikan dan mempercayakan award ini kepada saya semoga memberikan motivasi agar menjadi lebih baik lagi,” ujar Afriyanti. 

Perempuan berdarah Minang yang lahir di Makale, Tana Toraja, ini berusia genap 33 tahun pada tahun ini. Selain dari usianya itu, Afriyanti telah memenuhi kriteria penilaian LYSA 2020 yakni konsisten dan memiliki jejak rekam yang baik dalam melakukan penelitian, diusulkan oleh institusi/lembaga tempat bekerja, dan bersedia untuk memberikan Public Lecture.

Afriyanti merupakan ahli di bidang ilmu dan teknik material. Dia menempuh pendidikan S1 dan S3 di School of Materials Science and Engineering, Nanyang Technological University (NTU), Singapura pada 2009 dan 2014. Setelah postdoctoral research singkat di NTU, Afriyanti bergabung dengan A*STAR di akhir 2014 sebagai peneliti di bidangnya.

Sebelumnya, Afriyanti adalah peraih 2014 MSE Doctorate Research Excellence Award, penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa S3 berprestasi. Dia juga telah mempublikasikan paper di jurnal-jurnal internasional ber-impact factor tinggi dan memiliki h-index 23.

Afriyanti berpesan bahwa untuk semua calon peneliti dan peneliti agar tetap semangat dan terus memiliki curiousity. “Terus dibangun, apa lagi perempuan," kata dia sambil menambahkan, "Menjadi dosen itu bukan hanya pekerjaan laki-laki saja, tapi perempuan juga bisa.”

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengucapkan selamat atas kemenangan Afriyanti. Di berharap ke depan terus produktif dalam riset dan menghasilkan paper jurnal dan hasil riset lain yang memuaskan. "Juga bisa berkolaborasi juga dengan teman-teman di LIPI,” katanya.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Jawa Barat Paling Hot! BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna