Google dan Sukabumi Update Hasilkan Inovasi Konten Redaksi dan Bisnis di Tengah Pandemi

Selasa 28 Juli 2020, 08:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Raksasa mesin pencari di internet yakni Google melalui programnya "Google News Initiative" dan "Google Local Founding", melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan media lokal di Indonesia salah satunya sukabumiupdate.com. Melalui program tersebut, sukabumiupdate.com mampu melakukan sejumlah inovasi di bidang teknologi digital guna mengembangkan dan menghasilkan berbagai konten berita serta pengembangan bisnis di tengah tantangan dan hambatan akibat pandemi Covid-19.

Head of Corporate Communication Google, Jason Tedjasukmana, menuturkan, Google menyadari pada tahun 2020 ini merupakan masa yang sangat sulit, terutama bagi mereka yang bergelut di industri perusahaan media atau berita. "Covid-19 sudah menimbulkan banyak tekanan yang sebelumnya belum pernah dialami oleh para pegiat industri berita selama ini," tutur Jason saat melakukan pemaparan dalam webinar Google for Media: Innovation in the newsroom, Selasa (28/7/2020).

Dampaknya, dari segi kualitas dan kuantitas konten berita serta keberlangsungan bisnis perusahaan media tersebut mengalami dampak negatif yang cukup sangat signifikan. "Kami ingin berusaha memastikan adanya ekosistem berita lokal dan nasional yang independen dan sehat," ujar Jason.

Lanjutnya, Google sadar bahwa peran media lokal sangat penting dalam menyebarkan informasi tentang apa yang sedang terjadi di tengah masyarakat. "Mereka (media berita, red) punya peran penting dalam mengedukasi dan menyediakan informasi bagi masyarakat," terang Jason.

BACA JUGA: Selektif, Google Kini Juga Melabeli Cek Fakta Pada Gambar yang Meragukan

Senada dengan Jason, News and Publishing Lead from Google APAC Partnerships Solutions Team, Fazal Ashfaq, menjelaskan, ketika perindahan ke digital terjadi, timnya melihat bahwa perusahaan berita yang lebih besar dapat berpindah ke digital dengan lebih cepat, sedangkan perusahaan berita yang lebih kecil dihambat oleh beberapa faktor, seperti kurangnya akses ke teknologi atau sumber daya teknologi.

"Pada waktu yang sama, kami sadar akan pentingnya perusahaan berita lokal dan perannya di daerah," ungkap Fazal dalam sesi yang sama saat webinar Google for Media: Innovation in the newsroom, Selasa (28/7/2020).

Ia mengatakan, dari Januari hingga April 2020, perusahaan berita lokal yang mengikuti program kerjasama dengan Google ini telah mendapatkan perubahan besar yang positif, tidak hanya dalam jumlah pengunjung situs mereka, namun juga dalam produksi dan kecepatan pemuatan halamannya juga.

"Khususnya, setelah penerapan Accelerated Mobile Pages (AMP), kami melihat jumlah pengunjung meningkat hingga 213 persen. Dan pada waktu yang sama, kami melihat kecepatan pemuatan halaman (loading pages, red) menurun sekitar 41 persen. Hal itu merupakan peningkatan yang luar biasa," ucapnya.

BACA JUGA: Desain Baru Google Photos Bakal Dirilis Pekan Depan

Disamping itu, Editor sukabumiupdate.com, Muhammad Gumilang, menuturkan, yang terjadi dengan sukabumiupdate.com setelah mengembangkan dan menerapkan teknolog digital dari Google tersebut adalah yang pertama adanya evolusi pengembangan model bisnis dari direct sell atau marketing konvensional menjadi digital marketing, yang kedua yaitu memperkuat kualitas dan kuantitas konten jurnalistik, yang terakhir inovasi di bagian redaksi dengan memanfaatkan teknologi dan juga platform media sosial sebagai amplificator sebagai penyebaran informasi kepada audiens.

"Kami mengembangkan tekonologi Accelerated Mobile Pages (AMP) dari google serta melakukan optimisasi terhadap User Experience (UX) dan User Interface (UI) dari website desktop, mobile dan juga aplikasi yang kami miliki," ujar Gumilang dalam webinar Google for Media: Innovation in the newsroom, Selasa (28/7/2020).

Ia menambahkan, hasilnya cukup signifikan, dalam kurun waktu Januari hingga April 2020, sukabumiupdate.com mengalami kenaikan sebesar 148 persen dari sisi kunjungan halaman, 197 persen pengunjung halaman baru, 116 persen pengunjung yang kembali ke halaman, 59 persen kunjungan halaman mobile, 123 persen peningkatan trafik organik dan 62 persen peningkatan audiens organik.

"Kami percaya, meski dengan SDM dan pengetahuan yang masih terbatas tentang hal ini, kami memiliki semangat dan ingin terus meningkatkan performa, baik dalam konten jurnalistik dan juga pengembangan bisnisnya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)