Jokowi Minta Pelaksanaan Pilkada 2018 Tak Memecah Belah Bangsa

Senin 06 November 2017, 11:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak pada 2018 tidak memecah persatuan bangsa. Sebab, pemilihan tersebut merupakan proses demokrasi.

“Jangan sampai karena pemilihan gubernur, antar kampung menjadi tidak rukun. Jangan sampai karena pemilihan bupati atau wali kota, antar tetangga menjadi tidak rukun," kata dia ketika menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Alun-Alun Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin, 6 November 2017.

Bekas Wali Kota Solo itu menyatakan bahwa proses politik merupakan hal yang wajar dalam negara demokrasi. Karena itu, dia berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi yang akhirnya menimbulkan gesekan. “Jangan sampai karena proses politik kita pecah. Apalagi gesekan antaragama, jangan sampai terjadi karena kita ini negara besar," Jokowi menegaskan.

Bukti Indonesia sebagai negara besar, ia melanjutkan, karena terdiri dari ratusan suku, pulau, bahasa, adat, agama, dan beberapa hal yang lain. “Politik biarlah politik. Bapak, ibu silakan memilih pemimpin yang baik setelah itu ya sudah. Rukun dengan tetangga, rukun antarkampung," kata dia di hadapan ribuan penerima sertifikat tanah Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, dan Ponorogo.

Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Madiun Muhtarom dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Madiun dan Kota Madiun juga mengikuti acara tersebut. Kegiatan itu berlangsung setelah Jokowi mengecek program terpadu Perhutanan Sosial di Desa Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Jawa Timur adalah salah satu daerah yang akan menjalani Pilkada pada 2018 mendatang. Saat ini ada dua nama yang diusung menjadi calon gubernur yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Keduanya adalah kader Nahdlatul Ulama yang memiliki banyak massa di Jawa Timur.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat07 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala yang Jarang Diketahui

Ketombe adalah kondisi umum pada kulit kepala yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebihan.
ilustrasi ketombe di kepala (Sumber : pixabay.com /@mythjj1)
Life07 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku, Kamu Coba yang Mana?

Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang.
Ilustrasi - Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang. (Sumber : Jagranjosh.com).
Nasional07 Mei 2024, 18:19 WIB

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Pemilu AJI 2024 telah memilih Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui
Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 | Foto : Dok. AJI
Sukabumi07 Mei 2024, 18:18 WIB

Melihat Progres Pembangunan Exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cisaat Sukabumi

Total lahan yang terdampak proyek pembangunan Exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi kurang lebih sekitar 23 hektare.
Kondisi lahan di Cibolang Kaler, Cisaat Sukabumi yang dibersihkan untuk proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3, Selasa (7/5/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel07 Mei 2024, 18:15 WIB

Long Weekend Libur 9-10 Mei 2024, Glamping di Sukabumi Yuk! Ini Daftar Spotnya

Ada long weekend di depan mata, 9 dan 10 Mei 2024 libur. Mau kemana nih? glamping tipis-tipis di sukabumi aja, ada spot baru dan seru!
Glamping di puncak manis Kadudampit Sukabumi, Spot terbaru glamping di Sukabumi (Sumber: istimewa/aditya)
Sehat07 Mei 2024, 18:15 WIB

10 Penyebab yang Bisa Membuat Kepala Mudah Gatal, Harus Diwaspadai

Kepala yang mudah gatal bisa terasa seperti sensasi terbakar, terasa perih, atau rasa gatal yang intens di kulit kepala.
Ilustrasi kepala yang gatal (Sumber : pixabay.com / @nidzom)
Life07 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Ayat Al-Quran untuk Memohon Selamat dan Terhindar dari Orang-orang Zalim

Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim.
Ilustrasi - Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim. | Foto : Pixabay
Food & Travel07 Mei 2024, 17:45 WIB

7 Tips Tetap Sehat Ketika Cuaca Panas yang Perlu Diketahui

Suhu panas saat ini sangat meningkat hingga mencapai kisaran 36 derajat. Suhu panas akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan mengganggu aktivitas di luar ruangan.
Ilustrasi cuaca panas yang sedang terjadi agar bisa menjaga kesehatan (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi07 Mei 2024, 17:37 WIB

Anggota DPRD Badri Suhendi Puji Capaian Prestasi Damkar Kabupaten Sukabumi

nggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi, memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang luar biasa yang telah ditorehkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar).
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi
Life07 Mei 2024, 17:30 WIB

10 Sikap yang Membuat Kamu Kehilangan Wibawa di Mata Orang Lain

Ada beberapa sikap yang dapat membuat kamu kehilangan wibawa di mata orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang dapat membuat kamu kehilangan wibawa di mata orang lain. (Sumber : Freepik.com).