Ridwan Kamil Disodori PKB Tiga Calon Pendamping di Pilgub Jabar

Selasa 12 September 2017, 10:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan partainya menyodorkan tiga nama calon wakil gubernur kepada Ridwan Kamil untuk pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. “Koalisi nanti yang akan menentukan,” kata Syaiful saat dihubungi Tempo lewat sambungan telepon, Senin, 11 September 2017.

Syaiful mengatakan tiga nama itu disodorkan Ketua Umum PKB Muhamin Iskandar kepada Ridwan Kamil. Dua di antaranya anggota DPR dari PKB, yakni Cucun Ahmad Saymsurijal di Komisi IV dan Dedi Wahidi di Komisi X. Lalu satu nama lagi adalah Syaiful Huda.

Kendati PKB menyodorkan tiga nama itu, keputusan pendamping Ridwan Kamil akan diserahkan kepada partai koalisi. “Partai koalisi yang akan mencari figur yang bisa diterima semuanya,” kata Syaiful.

Ridwan Kamil kini mengantongi surat keputusan dari DPP PKB sebagai calon yang diusung partai itu dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. “SK itu isinya menetapkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur yang diusung PKB. Kedua, meminta Ridwan Kamil memaksimalkan mesin PKB untuk pemenangan dia,” ujar Syaiful.

Syaiful mengatakan PKB tidak keberatan berkoalisi dengan Partai NasDem yang sudah lebih dulu mengumumkan dukungannya kepada Ridwan Kamil. “Tidak ada masalah. Tapi bergabungnya NasDem dan PKB ini baru mengantongi 11 kursi, masih membutuhkan 8 kursi agar lolos dukungan 20 persen,” tuturnya.

Dukungan partainya kepada Ridwan Kamil itu, kata Syaiful, berasal dari serangkaian pertemuan antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ridwan Kamil. “Bertemu sudah tiga kali. Kebetulan saya mendampingi terus, cukup intensif menurut saya. Apa yang disampaikan Cak Imin itu gayung bersambut dengan yang dipikirkan RK, begitu sebaliknya, termasuk dalam konteks region Jawa Barat,” katanya.

Inisiatif pertemuan pertama dengan Muhaimin Iskandar dari Ridwan Kamil. Begitu pula dengan pertemuan kedua. Baru di pertemuan ketiga, undangan dilayangkan Muhaimin Iskandar kepada Ridwan Kamil. “Pertemuannya di kantor DPP dan kediaman beliau (Muhaimin),” ucap Syaiful.

Syaiful mengatakan, dalam sejumlah pertemuan itu, Ridwan Kamil sempat meminta kesediaan Muhaimin Iskandar memimpin koalisi yang mendukungnya dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. “Kang Emil menyampaikan agar Ketum bersedia menjadi leader untuk koalisi. Terjemahannya secepatnya konsolidasi membangun kesepahaman. (Muhaimin Iskandar) setuju,” katanya.

Menurut Syaiful, dukungan partainya diberikan tanpa syarat. “Dukungan ini tanpa syarat. Kami hanya menitipkan sembilan agenda yang menurut kami prioritas dilakukan siapa pun yang terpilih menjadi gubernur,” katanya. Terkait dengan sembilan agenda itu, dia masih menutup rapat-rapat karena belum disampaikan kepada Ridwan Kamil. “Nanti setelah disampaikan ke Kang Emil, dibuka ke publik.”

Ketua DPW Partai NasDem Saan Mustopa menyambut gembira bergabungnya PKB untuk mendukung Ridwan Kamil. “Sudah ada langkah maju, sudah ada dua partai yang mengeluarkan rekomendasi keputusannya buat Kang Emil (Ridwan Kamil),” katanya saat dihubungi Tempo, Selasa, 12 September 2017.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi20 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sehat20 Mei 2024, 14:45 WIB

7 Makanan Vegan yang Baik Untuk Kolesterol Tinggi, Turun Secara Alami

Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan vegan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengolah kadar kolesterol dan terhindar dari jantung
Ilustrasi makanan vegan yang perlu dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)
Nasional20 Mei 2024, 14:37 WIB

Caleg Nomor Urut 2 Paling Banyak Ajukan Sengketa ke MK

Masyarakat masih cenderung memilih caleg dengan nomor urut atas.
(Foto Ilustrasi) Perludem mengidentifikasi perkara sengketa pileg 2024 yang tengah bergulir di MK. | Foto: Freepik
Opini20 Mei 2024, 14:36 WIB

Salim Said dan Dua Raja Jawa

Prof. Dr. Salim Said, Guru Besar Universitas Pertahanan Republik Indonesia yang Sabtu (18/5/024) lalu wafat di Jakarta. Indonesia kehilangan seorang analis politik militer yang handal.
Prof. Dr. Salim Said | Foto : cover buku "Dari Gestapu ke Reformasi, serangkaian kesaksian"
Sehat20 Mei 2024, 14:30 WIB

5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Mencegah Serangan Penyakit Kolesterol Tinggi

Kebiasaan sehat yang sering dilakukan oleh seseorang akan membantunya tercegah dari kemungkinan terkena serangan penyakit kolesterol tinggi pada tubuhnya
Ilustrasi kebiasaan sehat yang mencegah resiko penyakit kolesterol (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Sehat20 Mei 2024, 14:15 WIB

13 Obat Asam Urat Alami untuk Meredakan Rasa Sakit dan Bengkak di Area Sendi

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat20 Mei 2024, 14:09 WIB

Bima Arya Resmi Maju Pilgub Jabar 2024, Siap Lawan Ridwan Kamil?

Mantan Walikota Bogor 2 periode, Bima Arya Sugiarto secara resmi menyerahkan formulir pendaftaran maju bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat 2024 di DPW PAN Jabar, Jum'at (17/5/2024)
Bima Arya Sugiarto dan Ace Hasan Sadzily saat bertemu di DPD Golkar Jabar | Foto : Istagram @bimaaryasugiarto
Sukabumi20 Mei 2024, 14:08 WIB

Bupati Sukabumi Bicara Teknologi dan Peradaban di Harkitnas 116

Bangsa indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.
Bupati Sukabumi dalam upacara Harkitnas 116 di Palabuhanratu (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 14:00 WIB

Tak Selalu Minum Obat, Ini 12 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dengan Cepat

Menggabungkan beberapa metode di atas dapat membantu meredakan sakit pinggang dengan cepat.
Ilustrasi. Radang Sendi |  Nyeri Cangkéng saat Shalat Tarawih? Yuk, Kenali Gejala dan Penanganan Rematik! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat20 Mei 2024, 13:45 WIB

5 Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Yuk Hindari!

Kolesterol tinggi pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak diubah secepatnya tidak hanya kolesterol saja yang dialami, tetapi bisa beresiko terkena jantung dan stroke
Ilustrasi - Kebiasaan buruk yang memicu kolesterol tinggi pada tubuh (Sumber : Pexels.com/@SHVETSproduction)