Peringati HFN, Malam Ini Apresiasi Film Sukabumi Digelar

Jumat 07 April 2017, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Peringatan Hari Film Nasional (HFN) ke 67 di Kota Sukabumi dilakukan secara berbeda, Sukabumi Cinema Indie Forum, selaku panitia, menggelar tiga agenda kegiatan yakni workshop, layar tancap dan apresiasi film, Jumat (7/4) malam, pukul 19.30 WIB, ini bertempat di Ball Room Hotel Anugerah.

Khusus apresiasi film, ada enam nominasi yang akan menerima penghargaan, yakni sutradara terpuji, ide cerita, penata kamera, penata gambar, film remaja terpuji untuk pelajar, dan film terpuji.   

Ketua Panitia, Rendi Irlian Kamaseh kepada sukabumiupdate.com, mengatakan, sebelum puncak acara terlebih dahulu dilakukan diskusi dengan tema Sukabumi sebagai Kota Sinema dan Pergerakannya yang mengundang narasumber dari Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Bahkan rencananya, Wali Kota Sukabumi dan Wakil Wali Kota Sukabumi juga dijadwalkan hadir, beserta dinas terkait dan seluruh komunitas film umum, komunitas film pelajar, dan beberapa sutradara yang terlibat dalam penjurian, seperti Arya Kusuma Dewa, Kang Wibi, dan Aditya Gumay.

Dijelaskannya, tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini untuk meramaikan HFN. Karena mungkin, bagi kebanyakan orang, khususnya di kota-kota yang sudah membudaya film, event seperti ini menjadi peringatan yang besar. Hanya untuk di Kota Sukabumi, masih menjadi hal yang biasa saja, belum setenar Hari Pendidikan.

BACA JUGA:

SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Raih Juara Satu Film Dokumenter

Keren, Desa Sukaraja Kabupaten Sukabumi Dibuatkan Film Dokumenter oleh Kemensos

Di Sukabumi, Deddy Mizwar Memberi Tips Membuat Film Berkualitas

“Padahal momentumnya sama saja merayakan lahirnya film,” katanya.

Rendi melihat, perfilmaan Sukabumi saat ini menuju ke arah yang baik, dengan regenerasi dan kemunculan komunitas-komunitas ekstra kulikuler film di sekolah. Harapannya tentu, ingin membudidayakan film sekaligus membangun budaya menonton bagi masyarakat kota untuk sadar, bahwa film penting di setiap lingkungan kehidupan.

“Kami tidak terlalu khawatir dengan tidak adanya bioskop, karena di situ kami hadir untuk mengisi kurangnya ruang apresiasi di dalam masyarakat, melalui program layar tancap minimal mengobati kerinduan masyarakat akan menonton film di layar lebar,” katanya.

Dirinya berharap, ke depannya bisa lahir Sukabumi Film Center, sebagai wadah dan masuknya sutradara, pekerja sinema, dan komunitas film dari Sukabumi. “Sejauh ini kita dengan pemerintah sering ngobrol, hanya sifatnya secara personal. Karena kami tidak terlalu mengandalkan pemerintah,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 16:35 WIB

PKS Jabar Usulkan Iyos Somantri dan Sodikin ke DPP untuk Maju di Pilkada Sukabumi

Kedua tokoh yang diusulkan memiliki kemampuan untuk memimpin Sukabumi.
Iyos Somantri (kiri) dan M Sodikin (kanan) diusulkan DPW PKS Jabar ke DPP PKS sebagai bakal calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels