Korban Emon Jadi Pelaku Pencabulan Anak di Kota Sukabumi

Jumat 09 Desember 2016, 11:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Dugaan korban sodomi akan menjadi pelaku dikemudian hari akan terjadi jika tidak mendapatkan penanganan tepat. Masih ingat kasus Emon pada tahun 2014 silam, remaja asal Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, yang menjadi predator anak dengan jumlah korban mencapai puluhan orang.

Korban Emon jadi pelaku pencabulan (sodomi-red), dan saat ini tengah ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi Kota. J (15), diamankan karena diduga melakukan pencabulan terhadap enam anak yang juga laki-laki warga kecamatan yang sama.

"Pelaku mengaku pernah jadi korban Emon, namun tidak melapor. Saat itu J tidak menceritakan kepada keluarganya pernah menjadi korban Emon. Ia anak broken home, orang tuanya pisah dan sekarang tinggal bersama neneknya,” jelas Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) AKP M Devi Farsawan.

Korban J adalah teman-teman sepermainannya usia antara empat hingga sepuluh tahun. Perbuatan cabul terjadi sejak November 2016 silam, lokasinya di wilayah Kelurahan/Kecamatan Citamiang.

Menurut Devi, pelaku melakukan tindakan pencabulan sesama jenis di sejumlah lokasi. "Ada yang di kolam milik warga yang sering dipakai untuk berenang anak-anak. Ada juga di kamar mandi umum. Para korban mengaku digesek-gesek bagian anusnya oleh pelaku, kita masih menunggu hasil visum," lanjut Devi.

Penyimpangan seksual pada sesama jenis ini, tidak menunggu waktu lama untuk menularkan perilaku tersebut kepada para korban. Dari enam anak korban J, seorang di antaranya juga menjadi pelaku pelecehan seksual kepada dua korban lainnya.

“Atas pengakuan ini, pelaku menjadi dua dengan total korban menjadi delapan anak. Perilaku ini menularkan pada para korbannya,” lanjut Devi.

Polisi menduga jumlah korban akan terus bertambah, seperti kasus Emon di tahun 2014. Devi berharap semua korban melaporkan, bukan hanya untuk kepentingan penyelidikan hukum, tapi juga demi masa depan para korban sendiri.

“Ya kita akan berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan penangan khusus bagi para korban. Intinya, kita tidak ingin mereka jadi pelaku sodomi dikemudian hari,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio