Petugas DP2KP Kota Sukabumi Temukan Puluhan Sapi Tidak Layak Jual

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Petugas Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kota Sukabumi menemukan sejumlah hewan kurban tak layak jual dari sejumlah lapak, saat inspeksi mendadak (sidak) dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada, Minggu (11/9).

Untuk hewan kurban yang tidak layak jual tersebut pihak petugas tidak memberikan kalung sehat bagi hewan kurban. Dari pendataan sementara, ada 87 sapi yang tidak layak jual dari sekitar 1.500 ekor yang dijual di lapak-lapak yang ada di Kota Sukabumi.

Pemeriksaan hewan kurban ini meliputi, mata, gigi, air liur dan anus. Bagi hewan yang lulus pemeriksaan akan langsung diberikan kalung keterangan kesehatan hewan.

Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet (Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner) DPPKP Kota Sukabumi Riki Barata mengatakan, puluhan sapi tidak layak jual tersebut merupakan betina dan belum cukup umur dengan rincian ada 14 ekor sapi dibawah umur serta 73 ekor sapi betina.

"Untuk Kota Sukabumi kita tidak ada hewan kurban yang dijual di lapak-lapak terinfeksi penyakit, tetapi sapi betina dan di bawah umur banyak kami temukan," katanya kepada sukabumiupdate.com, Minggu.  

Menurutnya, walaupun sapi betina tersebut tidak terjangkiti penyakit, tetapi pihaknya tetap menetapkan bahwa hewan kurban tersebut tidak layak jual. 

Adapun alasan sapi betina tersebut tidak layak jual karena untuk menjaga populasi sapi khususnya di Kota Sukabumi. Maka dari itu, pihaknya berikan pembinaan kepada pedagang yang masih menjual sapi betina, terkecuali sudah tidak bisa lagi memproduksi.

"Menjual sapi kurban juga harus sesuai syariat jika belum cukup umur maka dilarang untuk dikurbankan. Namun khusus untuk sapi betina bertujuan untuk mempertahankan dan menjaga populasi," tambah Riki.

Sementara, penjual sapi kurban di Kota Sukabumi Ajat Sudrajat mengaku penjulan terus meningkat menjelang hari raya pada umumnya pembeli memilih sapi kurban betina untuk dikurbankan karena harganya jauh lebih murah dibandingkan sapi jantan.

"Kami menjual sapi betina karena harganya jauh lebih murah dan banyak permintaan warga yang ingin berkurban. Apalagi untuk sapi jantan harganya sudah naik yang perbedaannya bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp2,5 juta dengan bobot yang sama," katanya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih10 Mei 2024, 10:15 WIB

PAN: Desy Ratnasari dan Bima Arya Disiapkan untuk Pilkada Jawa Barat

PAN akan terus beriringan dengan Gerindra di Pilkada Serentak 2024.
Desy Ratnasari dan Bima Arya. | Foto: Istimewa
Life10 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Ciri-ciri Orang yang Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya Juga?

Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental.
Ilustrasi - Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)
Nasional10 Mei 2024, 09:33 WIB

Mulai Oktober 2024, Rumah Potong Hewan dan Unggas Wajib Sertifikasi Halal

Teten menyebut produk halal sudah menjadi permintaan dunia.
(Foto Ilustrasi) Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki buka suara soal tenggat wajib sertifikasi halal bagi pelaku usaha pada 17 Oktober 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan10 Mei 2024, 09:30 WIB

5 Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan masker wajah dari buah-buahan, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dan lakukan tes kecil di bagian belakang telinga atau pergelangan tangan untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahannya
Ilustrasi. Facial | Rekomendasi Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya (Sumber : Pexels/GustavoFring)
Sehat10 Mei 2024, 09:00 WIB

Muncul Benjolan Aneh dan Sakit di Malam Hari, 7 Tanda Kamu Terkena Asam Urat

Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya.
Ilustrasi - Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi10 Mei 2024, 08:30 WIB

Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini!

Lowongan Kerja S1 di Perusahaan Makanan ini dibuka untuk posisi Mechanical Project.
Ilustrasi. Mechanical Project. Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini! (Sumber : Pexels/ThisIsEngineering)
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari