Perseverance NASA di Mars Sukses Kumpulkan Sampel Batuan Ke-9

Minggu 10 Juli 2022, 23:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perseverance penjelasah NASA tengah mendapatkan tugas untuk menggali permukaan Mars demi mencari bukti air di masa lalu serta tanda kehidupan Kuno Mars.

Perseverance saat ini menjelajahi delta sungai kuno di dalam Kawah Jezero dan baru-baru ini mengumpulkan sampel batuan Mars kesembilan yang digali tidak jauh dari tempat asalnya mendarat pada Februari 2021.

Baca Juga :

Instrumen Perseverance Alami Kerusakan, NASA Optimis Lanjutkan Misi

"Sampel batuan kesembilan ada di dalam tabung. Tim saya telah menunggu bertahun-tahun untuk mendekati delta sungai ini dan melihat apa yang mungkin diungkap oleh kehidupan masa lalu di Mars," tulis akun Twitter Perseverance pada Jumat (8/7/2022).

Perseverance telah menjelajahi Kawah Jezero selebar 45 km selama lebih dari setahun untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars.

Dilansir suara.com dari Space.com pada Sabtu (9/7/2022), para ilmuwan percaya bahwa kawah itu pernah menjadi tuan rumah bagi danau dan delta sungai, menjadikannya wilayah yang sempurna untuk berburu tanda-tanda kehidupan purba atau air di Mars.

Jika kehidupan pernah ada di Mars, bebatuan di daerah delta sunga ini mungkin menunjukkan bukti fosil molekuler, molekul organik yang diciptakan oleh organisme hidup purba.photoIllustration depicting Perseverance on Mars’ surface - (Space)

Untuk membantu Perseverance mencari molekul tersebut, robot penjelajah berukuran mobil ini dilengkapi dengan 23 kamera berbeda dan berbagai instrumen, termasuk spektrometer fluoresensi sinar-X, sistem radar penembus tanah, dan instrumen SuperCam yang menembakkan batu dengan laser dan memeriksa komposisi uap kimia yang dihasilkan.

Perseverance juga membawa dua mikrofon onboard, memungkinkan rover untuk merekam suara Mars.

Selain dari banyak sampel batuan yang telah dikumpulkan penjelajah, Perseverance elah membuat terobosan baru dengan mengerahkan Ingenuity, sebuah helikopter robot kecil yang membantu rover.

Helikopter itu telah melakukan 29 misi penerbangan yang sukses hingga saat ini dengan rekor terbang terlama selama 169,5 detik.

Jika semua berjalan sesuai rencana, misi pengambilan sampel Mars yang merupakan kolaborasi NASA dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) akan mengangkut sampel Mars yang dikumpulkan Perseverance kembali ke Bumi pada sekitar awal 2033.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)