Rp 1,7 Miliar Cair 2 Tahap, Kadeudeuh Jabar untuk Atlet Peraih Medali PON Papua

Rabu 27 Oktober 2021, 18:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan penghargaan dan kadeudeuh kepada peraih medali PON XX Papua 2021 dan Paralympic Tokyo 2020.  Penyerahan kepada para atlet Jabar ini dilakukan secara simbolis di Halaman Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021). 

"Hari ini kita memberikan hadiah bonus kepada para atlet terbagi dua, yaitu Paralympic karena ada satu medali emas dan perak dipersembahkan oleh atlet Jabar," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil dikutip dari Humas Jabar.

"Kemudian adalah atlet-atlet PON berkisar dari medali emas, perak, perunggu, dan rekor yang mendapatkan bonus tertinggi yaitu Aflah Fadlan Prawira dari cabang olahraga renang dengan total hadiah bonusnya Rp1,7 miliar," imbuhnya. 

Kang Emil menuturkan, bonus akan diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama pada tahun ini, sedangkan tahap kedua akan diberikan pada anggaran tahun depan.

"Jabar juga apa adanya memberikan ini menjadi dua tahap. Tahap pertama 50 persen sekarang dengan acara hari ini. Sisanya, kami lengkapi di anggaran 2022. Karena kita tahu selama pandemi COVID-19 seluruh instansi kenegaraan mengalami defisit dan kehilangan," ucapnya. 

Selain menjadi juara umum dalam PON XX Papua 2021, kata Kang Emil, Provinsi Jabar berhasil meraih gelar juara umum dalam berbagai ajang, yakni Pekan Olahraga Pelajar, Pekan Olahraga Santri, Pekan Olahraga Korpri, dan Pekan Olahraga Tradisional. 

“Kami juga juara umum di Pekan Olahraga Pelajar, juara umum di Pekan Olahraga Santri, juara umum di Pekan Olahraga Korpri, juara umum di Pekan Olahraga Tradisional minggu lalu,” tuturnya. 

Menurut Kang Emil, keberhasilan meraih gelar juara umum dalam berbagai ajang menunjukkan bahwa masyarakat Jabar gemar berolahraga. Ia berharap semangat juara atlet-atlet Jabar menular pada sektor lain. 

“Kami sedang bahagia lahir batin. Pertama Jabar adalah masyarakat juara, masyarakat yang senang olahraga, semangat berjuang itu tercermin di era modern yaitu perjuangan olahraga. Kami berhasil menjadi juara PON Papua melanjutkan juara umum di 2016,” katanya. 

photoApresiasi pemda kepada atlet kota sukabumi peraih medali di PON XX Papua 2021 - (istimewa)</span

Seperti diberitakan sebelumnya, Dalam PON XX Papua tahun 2021, Jawa Barat mempertahankan gelar juara umum. Dari 353 medali yang diraih kontingen Jabar, 16 diantaranya disumbang para atlet asal Kota dan Kabupaten Sukabumi, termasuk 1 medali kejuaraan eksebisi. 

15 medali yang disumbang atlet Sukabumi untuk kontingen Jabar di PON Papua ini, 9 dari atlet kota dan 7 dari kabupaten, termasuk 1 medali eksebisi. Mengutip postingan Wali Achmad Fahmi, 9 medali dengan rincian rincian 2 Emas, 3 Perak, 4 Perunggu, yang disumbang atlet Kota Sukabumi berasal dari 

1. M. Alfiana (Hockey Indoor) medali Emas 

2. Pramudya Kusumarwardana (Ganda Putra Perorangan dan Beregu Putra) medali Emas dan Perak

3. Pradini Sri Rahayu (Anggar Sabel Putri Beregu) medali Perak

4. M. Ghailan Rizka (Bola tangan) medali Perak

5. Waldi Nurhamjah (Hockey Outdoor) medali Perunggu

6. Alianza Ladelmi (Hockey Outdoor) medali Perunggu

7. Rizkita Yudansha (Kempo Embu Berpasangan) medali Perunggu

8. Annisa Septiani (Kempo Embu berpasangan) medali Perunggu 

Pemkot Sukabumi sendiri sudah lebih dulu memberikan kadeudeuh untuk 8 atletnya pada Minggu, 24 Oktober 2021 lalu di Balai Kota, dilanjutkan kirab Atlet di keliling Kota.

Achmad Fahmi dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas prestasi para Atlet termasuk pelatih. Sebab, dari delapan orang yang dikirim ke PON Papua, semuanya berhasil meraih prestasi.

Dalam kesempatan ini, para Atlet menerima kadeudeuh dari Pemerintah Kota Sukabumi yang terdiri dari bonus uang Rp 35 juta untuk peraih medali emas, Rp 25 juta peraih medali perak, peraih medali perunggu Rp 15 juta, dan pelatih mendapatkan bonus Rp 12,5 juta. Selain itu, para Atlet dan pelatih juga mendapatkan bonus dari KONI Kota Sukabumi.

Sementara 7 medali lainnya disumbang oleh para atlet dari Kabupaten Sukabumi, juga mendapatkan apresiasi dari KONI. Mengutip rilis Koni Kabupaten Sukabumi medali-medali ini dikumpulkan oleh 7 atlet yaitu;

1. Ujang Hasbullah (Dayung) medali Emas

2. Ria Ristiani dan Hanifa Halimatusyadiah Suandi (Sepak Bola Putri) medali perak

3. Apriandi Dipinubun (Tinju) medali perunggu

4. Fira Firliana Y (Atletik lempar lembing) medali perak

5. Sri Ranti (Panahan Putri) medali perak

6. Kahea Abdilah Zulpikar (Layar) medali perunggu

7. Dede Suryana, (Surfing) medali perak kejuaraan eksebisi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari